Nilai-Nilai Karakter pada Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6599
Keywords:
Nilai Karakter, Novel Guru Aini, Bahan Ajar SastraAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebutuhan bahan ajar yang bernilai karakter untuk siswa SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis nilai-nilai karakter yang ada dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata, serta potensinya sebagai bahan pengajaran sastra untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Analisis kualitatif deskriptif merupakan metode pendekatan yang digunakan pada penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa novel Guru Aini mengandung nilai-nilai-nilai karakter seperti; nilai religius, kejujuran, displin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, cinta tanah air, dan tanggung jawab. Hal ini menunjukan bahwa novel Guru Aini dapat dijadikan sebagai bahan ajar sastra di SMA untuk membantu siswa mengembangkan karakter positif dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Novel “Guru Aini” hasil validasi bahan ajar menunjukan bahwa bahan ajar ini layak digunakan untuk pembelajaran sastra bahasa Indonesia di SMA.
Downloads
References
Abdulloh, A., Fahmi, M. Z., & Siswanto, I. (2019). Penggunaan Media Sosial (Youtube) Sebagai Media Inovatif Dalam Pembelajaran Di Madrasah Gresik. Jurnal ABDI, 5(1), 33. https://doi.org/10.26740/ja.v5n1.p33-37
Abdusshomad, A. (2018). Pentingnya Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Jurnal Asy-Syukriyyah, 19(1), 31–49. https://doi.org/10.36769/asy.v19i1.22
Apriliana, N., & Nur Ma’rifati, R. K. D. (2023). Analisis Nilai Pendidikan Islam Dan Motivasi Pendidikan Dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata. El-Fata: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 3(02), 62–73. https://doi.org/10.36420/eft.v3i02.304
Azzahra, L., & Darmiyanti, A. (2024). Peran Psikologi Pendidikan dalam Proses Pembelajaran di Kelas untuk Peserta Didik yang Beragam. Jurnal Psikologi, 1(4), 23. https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.2661
Bahasa, P., Ilmu, F., & Pendidikan, I. (2024). Literatur Riview : Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Terhadap Pendidikan Bahasa Indonesia di SMA. 4(1), 661–673.
Budi Raharjo, S. (2010). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16, 229–238. https://media.neliti.com/media/publications/123218-ID-pendidikan-karakter-sebagai-upaya-mencip.pdf
Desi Pristiwanti1, Bai Badariah2, Sholeh Hidayat3, R. S. D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidkan Dan Konseling, 4, 7911–7915.
GLORIANI, Y. (2013). Kajian Nilai-Nilai Sosial Dan Budaya Pada Kakawihan Kaulinan Barudak Lembur Serta Implementasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Berbasis Multikultural. Lokabasa, 4(2). https://doi.org/10.17509/jlb.v4i2.3147
Harmanti, M. H., Sobari, T., Abdurrokhman, D., & Siliwangi, I. (2018). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Novel “9 Matahari” Karya Adenita. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(2), 133–140.
Hidayah, N., Sumarno, S., & Dwijayanti, I. (2023). Analisis bahan ajar terhadap kebutuhan guru dan peserta didik kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 128. https://doi.org/10.30659/pendas.10.2.128-142
Imas Juidah, Agus Nasihin, & Ade Reza. (2022). Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata: Kajian Psikologi Sastra Alfred Adler. Geram, 10(1), 93–99. https://doi.org/10.25299/geram.2022.vol10(1).8504
Inir, I., Juwanda, J., & Masrurih, M. (2021). Nilai Moral dalam Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2019 dan Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar di SMA. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 4(1), 360–363.
Isnaeni, P. R., Rosyida, F., & Asror, A. G. (2021). “Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Pada Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata Hubungannya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA.” Edutama, 1, 1–8.
Khaerunnisa, K., Faznur, L. S., & Meilinda, L. (2021). Nilai-Nilai Akhlak dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 14(1), 1. https://doi.org/10.30651/st.v14i1.5476
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Ayu Amalia, D., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Nazira, F., Harliyana, I., & Rasyimah. (2022). Nilai Perjuangan Tokoh Utama pada Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata: Tinjauan Sosiologi Sastra. Kande: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 17–33.
Nugrahani, F. (2017). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Materi Membaca Novel Sastra. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 113–125. https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i2.40
Rukiyanto, B. A., Nurzaima, N., & ... (2023). Hubungan antara pendidikan karakter dan prestasi akademik mahasiswa perguruan tinggi. Jurnal Review …, 6, 4017–4025. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/23284%0Ahttps://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/download/23284/16356
Safrudin, R., Zulfamanna, Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Kualitatif. Journal Of Social Science Research, 3(2), 1–15.
Sanjaya, M. D. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Hanter Karya Syifauzzahra Dan Relevansinya Sebagai Pembelajaran Sastra Di Sma. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 5(2), 475–496. https://doi.org/10.24176/kredo.v5i2.6778
Sari, Y. (2024). Peran Sastra Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. 3(2).
Senta Manita Br Ginting, Misnawati Misnawati, Indra Perdana, Putri Handayani, & Lutfi Aji T. (2022). Obsesi Tokoh Dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata Serta Relevansinya Dalam Pembelajaran Sastra Di Sma (Tinjauan Psikologi Sastra). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 1(1), 13–26. https://doi.org/10.55606/mateandrau.v1i1.154
Suwondo, T. (2017). Sastra_dan_Pendidikan materi kel 3. 7–8.
Syamsuriyanti, S., & Padipa, S. S. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Literasi pada Murid Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(2), 75–84. https://doi.org/10.51574/judikdas.v2i2.892
Utomo, A. L., Qomariyah, U., & Sumartini, S. (2019). Konflik Tokoh Utama Dalam Novel Re: Karya Maman Suherman: Kajian Psikologi Sastra. Jurnal Sastra Indonesia, 8(1), 40–46. https://doi.org/10.15294/jsi.v8i1.29948
Wijaya, D. (2019). Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Hayya. Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 72–77. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Risqa Puspa Janatin, Shofi Abhitah Aristawati, Tryas Mutoharoh, Yusida Gloriani, Masrurih Masrurih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.