Nilai-Nilai Karakter pada Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6599

Authors

  • Risqa Puspa Janatin Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon
  • Shofi Abhitah Aristawati Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon
  • Tryas Mutoharoh Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon
  • Yusida Gloriani Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon
  • Masrurih Masrurih Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon

Keywords:

Nilai Karakter, Novel Guru Aini, Bahan Ajar Sastra

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebutuhan bahan ajar yang bernilai karakter untuk siswa SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis nilai-nilai karakter yang ada dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata, serta potensinya sebagai bahan pengajaran sastra untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Analisis kualitatif deskriptif merupakan metode pendekatan yang digunakan pada penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa novel Guru Aini mengandung nilai-nilai-nilai karakter seperti; nilai religius, kejujuran, displin, kerja keras,  mandiri, rasa ingin tahu, cinta tanah air, dan tanggung jawab. Hal ini menunjukan bahwa novel Guru Aini dapat dijadikan sebagai bahan ajar sastra di SMA untuk membantu siswa mengembangkan karakter positif dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Novel “Guru Aini” hasil validasi bahan ajar menunjukan bahwa bahan ajar ini layak digunakan untuk pembelajaran sastra bahasa Indonesia di SMA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulloh, A., Fahmi, M. Z., & Siswanto, I. (2019). Penggunaan Media Sosial (Youtube) Sebagai Media Inovatif Dalam Pembelajaran Di Madrasah Gresik. Jurnal ABDI, 5(1), 33. https://doi.org/10.26740/ja.v5n1.p33-37

Abdusshomad, A. (2018). Pentingnya Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Jurnal Asy-Syukriyyah, 19(1), 31–49. https://doi.org/10.36769/asy.v19i1.22

Apriliana, N., & Nur Ma’rifati, R. K. D. (2023). Analisis Nilai Pendidikan Islam Dan Motivasi Pendidikan Dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata. El-Fata: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 3(02), 62–73. https://doi.org/10.36420/eft.v3i02.304

Azzahra, L., & Darmiyanti, A. (2024). Peran Psikologi Pendidikan dalam Proses Pembelajaran di Kelas untuk Peserta Didik yang Beragam. Jurnal Psikologi, 1(4), 23. https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.2661

Bahasa, P., Ilmu, F., & Pendidikan, I. (2024). Literatur Riview : Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Terhadap Pendidikan Bahasa Indonesia di SMA. 4(1), 661–673.

Budi Raharjo, S. (2010). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16, 229–238. https://media.neliti.com/media/publications/123218-ID-pendidikan-karakter-sebagai-upaya-mencip.pdf

Desi Pristiwanti1, Bai Badariah2, Sholeh Hidayat3, R. S. D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidkan Dan Konseling, 4, 7911–7915.

GLORIANI, Y. (2013). Kajian Nilai-Nilai Sosial Dan Budaya Pada Kakawihan Kaulinan Barudak Lembur Serta Implementasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Berbasis Multikultural. Lokabasa, 4(2). https://doi.org/10.17509/jlb.v4i2.3147

Harmanti, M. H., Sobari, T., Abdurrokhman, D., & Siliwangi, I. (2018). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Novel “9 Matahari” Karya Adenita. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(2), 133–140.

Hidayah, N., Sumarno, S., & Dwijayanti, I. (2023). Analisis bahan ajar terhadap kebutuhan guru dan peserta didik kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 128. https://doi.org/10.30659/pendas.10.2.128-142

Imas Juidah, Agus Nasihin, & Ade Reza. (2022). Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata: Kajian Psikologi Sastra Alfred Adler. Geram, 10(1), 93–99. https://doi.org/10.25299/geram.2022.vol10(1).8504

Inir, I., Juwanda, J., & Masrurih, M. (2021). Nilai Moral dalam Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2019 dan Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar di SMA. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 4(1), 360–363.

Isnaeni, P. R., Rosyida, F., & Asror, A. G. (2021). “Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Pada Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata Hubungannya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA.” Edutama, 1, 1–8.

Khaerunnisa, K., Faznur, L. S., & Meilinda, L. (2021). Nilai-Nilai Akhlak dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 14(1), 1. https://doi.org/10.30651/st.v14i1.5476

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Ayu Amalia, D., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Nazira, F., Harliyana, I., & Rasyimah. (2022). Nilai Perjuangan Tokoh Utama pada Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata: Tinjauan Sosiologi Sastra. Kande: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 17–33.

Nugrahani, F. (2017). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Materi Membaca Novel Sastra. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 113–125. https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i2.40

Rukiyanto, B. A., Nurzaima, N., & ... (2023). Hubungan antara pendidikan karakter dan prestasi akademik mahasiswa perguruan tinggi. Jurnal Review …, 6, 4017–4025. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/23284%0Ahttps://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/download/23284/16356

Safrudin, R., Zulfamanna, Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Kualitatif. Journal Of Social Science Research, 3(2), 1–15.

Sanjaya, M. D. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Hanter Karya Syifauzzahra Dan Relevansinya Sebagai Pembelajaran Sastra Di Sma. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 5(2), 475–496. https://doi.org/10.24176/kredo.v5i2.6778

Sari, Y. (2024). Peran Sastra Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. 3(2).

Senta Manita Br Ginting, Misnawati Misnawati, Indra Perdana, Putri Handayani, & Lutfi Aji T. (2022). Obsesi Tokoh Dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata Serta Relevansinya Dalam Pembelajaran Sastra Di Sma (Tinjauan Psikologi Sastra). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 1(1), 13–26. https://doi.org/10.55606/mateandrau.v1i1.154

Suwondo, T. (2017). Sastra_dan_Pendidikan materi kel 3. 7–8.

Syamsuriyanti, S., & Padipa, S. S. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Literasi pada Murid Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(2), 75–84. https://doi.org/10.51574/judikdas.v2i2.892

Utomo, A. L., Qomariyah, U., & Sumartini, S. (2019). Konflik Tokoh Utama Dalam Novel Re: Karya Maman Suherman: Kajian Psikologi Sastra. Jurnal Sastra Indonesia, 8(1), 40–46. https://doi.org/10.15294/jsi.v8i1.29948

Wijaya, D. (2019). Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Hayya. Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 72–77. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba

Published

2025-08-11

How to Cite

Risqa Puspa Janatin, Shofi Abhitah Aristawati, Tryas Mutoharoh, Yusida Gloriani, & Masrurih, M. (2025). Nilai-Nilai Karakter pada Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA . Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(3), 3556–3570. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6599

Issue

Section

Articles

Categories