Pemanfaatan Artificial Intellegence (AI) dalam Pembelajaran Bahasa Jawa
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6574
Keywords:
Kecerdasan Buatan, Inovasi pembelajaran, Pembelajaran Bahasa JawaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman dan membantu para guru khususnya guru bahasa Jawa agar dapat menerapan artificial intelligence (AI) dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan jenis narative review. Data diperoleh dari menganalisis artikel jurnal, berita, buku, dan majalah yang relevan dengan pemanfaatan artificial intelligence (AI) dalam pembelajaran, kemudian dilakukan analisis data kualitatif yaitu dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Selanjutnya dilakukan uji teknik keabsahan data yang menggunakan teknik triangulasi data. Pemanfaatan artificial intelligence (AI) pada mata pembelajaran bahasa Jawa belum maksimal dimanfaatkan oleh guru, hal tersebut disebabkan karena guru bahasa Jawa belum paham dan merasa kesulitan dalam mengadaptasi dan menggunakan artificial intelligence (AI) dalam pembelajaran Bahasa Jawa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa artificial intelligence (AI) dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran bahasa Jawa. Terdapat beberapa aplikasi dan website berbasis AI yang dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Jawa. Aplikasi dan website tersebut yaitu website teachy.apps dan eduaide.ai dapat digunakan guru untuk membantu membuat rencana pembelajaran dan juga dapat digunakan untuk membuat laporan analisis tentang aktivitas siswa. Website gimkit dapat digunakan guru untuk membuat soal latihan dan laporan hasil penugasan siswa. Aplikasi google gemini, chatgpt, qween, dan deepseek dapat digunakan guru untuk mencari materi dan model pembelajaran yang menarik sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran, Guru juga dapat mencari contoh soal yang relevan dengan materi pembelajaran bahasa Jawa.
Downloads
References
Abilowo, K., Santoni, M. M., & Muliawati, A. (2020). Perancangan Chatbot Sebagai Pembelajaran Dasar Bahasa Jawa Menggunakan Artificial Intelligence Markup Language. Jurnal Informatik, 16(3), 139–147. https://doi.org/10.52958/iftk.v16i3.2010
Abimanto, D. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknologi AI Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 256–266. https://doi.org/10.58192/sidu.v2i2.844
Afrita, J. (2023). Peran Artificial Intelligence dalam Meningkatkan Efisiensi dan Efektifitas Sistem Pendidikan. Comserva, Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(12), 3181–3187. https://doi.org/10.59141/comserva.v2i12.731
Alatas, M. A. (2024). Penggunaan AI dalam Pembelajaran Bahasa Madura pada Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Pamekasan. Ganesha: Journal of Applied Linguistics, 1(3), 174–185. http://aajournalinstitute.com/index.php/ganesha
Ali, M. (2024). Mendikdasmen Berencana Terapkan Coding dan AI Jadi Mata Pelajaran Siswa SD, Dimulai Tahun Ajaran 2024-2025. In Liputan6. https://www.liputan6.com/news/read/5812665/mendikdasmen-berencana-terapkan-coding-dan-ai-jadi-mata-pelajaran-siswa-sd-dimulai-tahun-ajaran-2024-2025
Apriliani, D. (2024). Penggunaan artificial intelligence dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dikbastra, Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 7(1), 15–21. https://doi.org/10.22437/dikbastra.v7i1.33262
Arly, A., Dwi, N., & Andini, R. (2023). Implementasi Penggunaan Artificial Intelligence Dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa Ilmu Komunikasi di Kelas A. In Prosiding Seminar Nasional.
Brillian, I., Budyartati, S., & Yanto, E. N. A. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Pena Karakter, 6(2), 37–42. https://doi.org/10.62426/vkk4a791
Chen, L., & Chen, P. (2020). Artificial Intelligence in Education : A Review. IEEE Acces, 8(1), 7564–75278. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.2988510
Dignum, V. (2021). The role and challenges of education for responsible AI. London Review of Education, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.14324/LRE.19.1.01
Fauziyati, W. R. (2023). Dampak Penggunaan Artificial Intelligence Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 2180–2187. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp Volume
Haristiani, N. (2019). Artificial Intelligence ( AI ) Chatbot as Language Learning Medium. Journal of Physics : Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012020
Hidayah, H. H. (2023). Pengertian , Sumber, Dan Dasar Pendidikan Islam. Jurnal As-Said, 3(1), 21–33. https://e-journal.institutabdullahsaid.ac.id/index.php/AS-SAID/article/view/141
Igbokwe, I. C. (2023). Application of Artificial Intelligence ( AI ) in Educational Management. International Journal of Scientific and Researrch Publication, 13(3), 299–307. https://doi.org/10.29322/IJSRP.13.03.2023.p13536
Jafar, M., Muhammad, A., Taufan, I., Muhamad, A., & Akbar, I. (2024). Artificial Intelligence dalam Pendidikan dan Penelitian : Tantangan dan Solusi Menghadapinya. Simposium Nasional Kepemimpinan Perguruan Tinggi Indonesia, 1, 1–9. https://doi.org/10.15294/snkpti.v1i1.3900
Kurniati, R., Inuhan, M., Bonara, A. F., Rehyara, M., Poseratu, S., & Taihuttu6, S. M. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Gimkit sebagai Media Pembelajaran untuk Guru Matematika SMP se-Kecamatan Moa. Abdimasy: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 104–114. https://doi.org/10.46963/ams.v5i 2.2281
Mahmubi, M., & Homaidi. (2025). Analisis Implementasi Pembelajaran Berbasis Gamifikasi Pada Peningkatan Motivasi Belajar Siswa M. Jurnal Al-Abshor : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.17509/jik.v19i1.42778
Maulida, R. (2025). Analisis Efektivitas Eduaide . ai dalam Membantu Persiapan Pembelajaran pada Siswa Kelas 9. Jurnal Teknik Informatika STMKIK Antar Bangsa, XI(1), 34–39.
Michael. (2024). Implementasi Pembelajaran Berbasis AI dengan Gemini dalam Pembuatan Modul Ajar Guru di SMK Kabupaten Melawi: Pendekatan Participatory Action Research. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 7(April), 96–103. https://doi.org/10.31932/jpmk.v7i1.3882
Mustikasari, R., & Astuti, C. W. (2020). Pergeseran Penggunaa Bahasa Jawa Pada Siswa TK dan KB di Kelurahan Beduri Ponorogo. Jurnal Bahasa Sastra Dan Pengajaran, 9(1), 64–75. https://doi.org/10.35194/alinea.v9i1.839
Nabilah, D. F., Faradita, M. N., & Mirnawati, L. B. (2023). Pengembangan Alat Evaluasi Berbantu Aplikasi Gimkit untuk Pembelajaran IPAS pada Kurikulum Merdeka di SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08, 5726–5744. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11939
Nazhiroh, S. A., Jazeri, M., & Maunah, B. (2021). Pengembangan Multimedia E-Komik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(November), 405–411. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.193
Rohmawaty, E. N., Hilmi, D., Uqba, M. S. S., & Saleh, U. S. (2024). Peran Artificial Intelligence ( AI ) dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(3), 316–328. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i3.4023
Saputra, I., Astuti, M., Sayuti, M., & Kusumastuti, D. (2023). Integration of Artificial Intelligence in Education: Opportunities, Challenges, Threats and Obstacles. A Literature Review. Indonesian Journal of Computer Science, 12(1), 1590–1600. https://doi.org/10.33022/ijcs.v12i4.3266
Setiadi, B. A. (2023). Surat Edaran Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 9 Tahun 2023 tentang Etika Kecerdasan Artifisial. Menteri Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia. https://jdih.komdigi.go.id/produk_hukum/view/id/883/t/surat+edaran+menteri+komunikasi+dan+informatika+nomor+9+tahun+2023
Shanti, H. D. (2024). Kemendikbudristek: AI jadi alat bantu dalam proses pembelajaran. https://www.antaranews.com/berita/4091070/kemendikbudristek-ai-jadi-alat-bantu-dalam-proses-pembelajaran#google_vignette
Sherly, Dharma, E., & Kisno. (2024). Efektivitas dan Dampak Pemanfaatan Artificial Intelligence Dalam Pembelajaran Bahasa Mandarin. Prosiding Seminar Nasional Keguruan Dan Pendidikan, 1(1), 401–406. https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2103
Shubham, J., Rambola, R. K., & Churi, P. (2021). Evaluating Artificial Intelligence in Education for Next Generation. Journal of Physics: Conference Series PAPER, 17(4), 1–13. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1714/1/012039
Siahaan, M., Jasa, C. H., Anderson, K., & Valentino, M. (2020). Penerapan Artificial Intelligence ( AI ) Terhadap Seorang Penyandang Disabilitas Tunanetra. Journal of Information System and Technology, 01(02), 186–193.
Sidabutar, H., & Munthe, H. P. (2022). Artificial Intelligence dan Implikasinya Terhadap Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Manajemen Pendidikan Kristen, 2(2), 76–90. https://doi.org/10.51667/jmpk.v2i2.1078
Subiyantoro, S. (2024). Buku Ajar Artificial Intellegence (Andriyanto (ed.); 1st ed.). Penerbit Underline.
Syaflita, et al. (2021). Studi Kepustakaan: Peran Komik Dalam Membangun Pengetahuan Bencana Dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 6(2), 235–243. https://doi.org/10.34125/kp.v6i2.638
Vakarou, G., Stylos, G., & Konstantinos, K. T. (2024). AI for Enhancing Physics Education: Practical Tools and Lesson Plans. PublicationDate: International Journal of Science, Mathematics & Technology Learning, 31(2), 159–176. https://doi.org/10.18848/2327-7971/CGP/v31i02/159-176
Suparman, N. F. N. (2020). Struktur Wacana Berita Politik Surat Kabar Palopo Pos. UNDAS: Jurnal Hasil Penelitian Bahasa dan Sastra, 16(2), 141-156.
Williamson, B., & Eynon, R. (2020). Historical threads, missing links, and future directions in AI in education. Learning, Media, and Tecnology, 45(3), 223–235. https://doi.org/10.1080/17439884.2020.1798995
Yashchenko, V. (2014). Artificial Intelligence Theory and Logic. Science and Information Conference, artificial intelegence, 27–29. https://doi.org/10.1109/sai.2014.6918230
Younis, H. A., Intan, N., Ruhaiyem, R., Ghaban, W., & Gazem, N. A. (2023). A Systematic Literature Review on the Applications of Robots and Natural Language Processing in Education. Journal Electonics, 12, 1–26. https://doi.org/10.3390/electronics12132864
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Nofinda Reysha Fitriani Nugroho, Joko Sukoyo, Nur Hanifah Insani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.