Pengaruh Model STAD Berbantuan Media Tayangan Iklan GO-PAY Indonesia-Kebahagiaan Kecil dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Kelas X SMAN 1 Cikampek
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6573
Keywords:
Keterampilan Menulis, Model STAD, Media Iklan, Teks NegosiasiAbstract
Kemampuan literasi dan keterampilan menulis menjadi salah satu indikator penting dalam menentukan mutu pendidikan. Meskipun demikian, masih ditemukan banyak peserta didik menghadapi hambatan dalam menulis, terkhusus dalam menulis teks negosiasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model STAD berbantuan media tayangan iklan GO-PAY Indonesia Kebahagiaan Kecil dalam peningkatan keterampilan menulis teks negosiasi. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif beserta metode eksperimen serta menerapkan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian mencakup seluruh peserta didik kelas X SMAN 1 Cikampek, dengan sampel kelas X-B selaku kelas eksperimen dan kelas X-I selaku kelas kontrol yang tiap-tiap kelompok terdiri dari 32 peserta didik. Temuan penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen mencapaai 91,23 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 89,76. Hasil pengujian normalitas juga homogentas pada pretest juga posttest dari kedua kelas memiliki distribusi normal serta bersifat homogen dengan nilai signifikasi > 0,05, maka dapat memenuhi syarat untuk uji hipotesis parametrik Independent Sample T-Test. Selain itu, skor N-Gain pada kelas eksperimen mencapai 68,39, sedangkan kelas kontrol sebesar 45,15. Hasil uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test mengindikasikan signifikansi < 0,001, yang berarti adanya perbedaan yang signifikan antara capaian hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Maka dari itu, hasil yang diambil yaitu menolak Ho dan menerima Ha, yakni model STAD berbantuan media tayangan iklan GO-PAY Indonesia-Kebahagiaan Kecil berpengaruh dalam peningkatan keterampilan menulis teks negosiasi peserta didik kelas X SMAN 1 Cikampek. Penelitian ini bermanfaat dalam mendorong peningkatan keterampilan menulis teks negosiasi melalui pembelajaran yang lebih aktif juga kolaboratif. Dengan melibatkan peserta didik di dalam proses belajar tersebut, diharapkan motivasi belajar peserta didik meningkat, keterampilan berpikir kritis terasah, serta kemampuan menyusun teks negosiasi secara terstruktur dan argumentatif dapat berkembang secara optimal.
Downloads
References
Aisa, S. (2020). Buku Ajar Menulis Intensif. Tasikmalaya: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.
Budiman, A. (2020). Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dan Pengaruhnya Bagi Kemampuan Berpikir Kritis Dan Efikasi Diri. Purwokerto: CV. Pena Persada.
Dewi, A. C., Fitri, S., Satriani, I., & Herdiani, R. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa SMP di Makassar. Jurnal Pendidikan Dan Profesi Keguruan, 4(2), 173–180. https://doi.org/https://doi.org/10.59562/progresif.v4i2.71368
Firmansyah, A., & Jiwandono, N. R. (2022). Kecenderungan Guru dalam Menerapkan Pendekatan Student Centre Learning dan Teacher Centre Learning dalam Pembelajaran Tendency of Teachers in Applying Student Center Learning and Teacher Center Learning Approaches in Learning. JGI : JURNAL GURU INDONESIA, 2(1), 33–39. https://doi.org/10.51817/jgi.v2i1.229
Habsy, B. A., Putri, A., Yusiana, E., Nadya, N., & Fahmi, A. (2024). Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam Pendidikan. Jurnal Bima : Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(4), 301–314. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/bima.v2i4.1391
Pagarra, H., Syawaluddin, A., Krismanto, W., & Sayidiman. (2022). Media Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Perdana, A. A., Wikanengsih, & Kartiwi, Y. M. (2022). Deskripsi Hasil Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Dengan Menggunakan Model Student Team Achievement Division Pada Siswa Kelas X Man Kota Cimahi. Parole : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 51–58. https://doi.org/10.22460/parole.v5i1.10596
Putra, A. D. (2023). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah. Memace: Jurnal Linguistik, Pendidikan Bahasa Indonesia, Dan Asing, 1(1), 01–07. https://doi.org/https://doi.org/10.55681/memace.v1i1.644
Rusli, A. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dan Media Film Pendidikan Terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 33 Makassar. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Sibuea, N., Lubis, I. P., & Safina, N. (2022). Pengaruh Model Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Media Video terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA UISU Medan. Sintaks: Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, 2(1), 63–66. https://doi.org/10.57251/sin.v2i1.216
Sihotang, H. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: UKI PRESS.
Simamora, A. B. (2024). Model Pembelajaran Kooperatif. Tasikmalaya: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs Stacking. Yogyakarta: Suryacahya.
Tatalia, R. G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dengan Mempertimbangkan Kemampuan Awal Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas Viii Smp Negeri 24 Jambi. JURNAL GRAMATIKA, 3(1), 59–73. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22202/JG.2017.V3i1.1868
UNESCO. (2025). What you need to know about literacy. Unesco.Org. https://www.unesco.org/en/literacy/need-know?hub=401
Wibowo, A. (2023). Seni Negosiasi Bisnis. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik.
Yuniarti, A., Safarini, F., Rahmadia, I., Putri, S., Biologi, P., Tanjungpura, U., & Artikel, I. (2023). MEDIA KONVENSIONAL DAN MEDIA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN. JUTECH : Journal Education and Technologi, 4(2), 84–95. https://doi.org/https://doi.org/10.31932/jutech.v4i2
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Tia Maulidia, Suntoko, Dewi Herlina Sugiarti, Seli Mauludani, Siti Masitoh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.