Nilai-Nilai Profetik dalam Antologi Cerpen Anak ‘’Meneladani Akhlak Rosulullah Muhammad S.A.W.." Lembaga Kebudayaan PP ‘Aisyiyah
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6505
Keywords:
Cerpen Anak, Sastra Profetik, Nilai ProfetikAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengkaji struktur dan muatan nilai-nilai profetik yang terdapat pada Kumpulan Cerpen Anak “Meneladani Akhlak Rosulullah Muhammad S.AW. Penelitian ini menggunakan metode kulitatif dengan Teknik deskriptif analisis. Hasil analisis terhadap struktur teks 3 cerpen anak tersebut menunjukkan bahwa struktur teks cerpen menarik dan variatif setiap cerita memiliki struktur alur yang sistematis (mayoritas menggunakan alur maju), tokoh yang kuat, dan latar yang mendukung tema. Penggunaan gaya bahasa yang komunikatif juga mendukung keterbacaan bagi anak-anak. Hasil analis nilai profetik menunjukkan bahwa ke 3 teks cerpen anak tersebut mengandung nilai-nilai profetik berupa nilai Humanisasi berupa pesan tentang kepedulian terhadap sesama, kasih sayang antar anggota keluarga dan empati sosial. Nilai liberasi tergambar dari upaya tokoh untuk membebaskan diri dari ketidakadilan atau Batasan sosial. Nilai transendensi tergambar dari kesadaran tokoh terhadap nilai-nilai spiritual dalam hubungan manusia dengan Tuhan yang diwujudkan dengan wujud belajar sabar dengan ketentuan Tuhan sebagai bentuk kedewasaan iman.
Downloads
References
Teeuw, A. (2017). Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.
Arikunto S. 2011. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Damono SD. 2002. Sosiologi Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Djokosujatno A. 2003. Membaca Katrologi Bumi Manusia Pramoedya Ananta Toer. Magelang: Ind, onesia Tera.
Jabrohim. 2003. Problem Penelitian Sosiologi Sastra: Beberapa Konsep Pengantar. In: Jabrohim, editor. Metodologi Penelitian Sastra. Cetakan ketiga. Yogyakarta: Hanindita Graha Widya. p. 157-60
Faiz M. 2021. Analisis Religius pada Antologi Cerpen Robohnya Surau Kami Karya A.A. Navis dan Pemanfaatannya Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA IAIN Syekh Nurjati.
Faruk. 2013. Metode Penelitian Sastra: Sebuah Penjelajahan Awal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kuntowijoyo. 2006. Maklumat Sastra Profetik. Yogyakarta: Raja Grafindo Persada.
Nurgiyantoro B. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Syifa, 2021. PP ‘Aisyiyah. Tingkatkan Budaya Literasi, Lembaga Kebudayaan ‘Aisyiyah Terbitkan Cerpen Anak. [internet]. 2021 [cited]12 September 2023]. Available from https://aisyiyah.or.id/
Rahmansah, A. 2023. Nilai-nilai Religiusitas dalam Cerpen” Guratan” sebagai Bahan Ajar dalam Pengembangan Materi Pendidikan Karakter di Sekolah. Seminar Internasional Riksa Bahasa XIII.
Ratna R, Intan T. 2021. Skema Aktan dan Skema Fungsional dalam Cerita Rakyat Ciung Wanara Karya Bambang Aryana Sambas. Jurnal Edukasi Khatulistiwa: Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. 2021;3(2):120-30.
Ratna NK. 2003. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra: dari Strukturalisme hingga Postrukturalisme Perspektif Wacana Naratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Saputra AA, Nensilianti N, Saguni SS. 2020. Transformasi Novel Danur 2 Maddah Karya Risa Saraswati ke Film Danur 2 Maddah Karya Awi Suryadi: Kajian Ekranisasi. NEOLOGIA: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia. 1(3):127-33.
Satoto S. 2012. Analisis Drama dan Teater (Jilid 1). Jakarta: Penerbit Ombak Wellek R, Warren A. 2013. Teori Kesusastraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Setiadi D. 2023. Representasi Ideologi dalam Karya Fiksi Perempuan Penulis Lekra [Disertasi]. Jatinangor: Universitas Padjadjaran.
Suparman, N. F. N., & Nurliana, N. F. N. (2022). SISTEM FONOLOGI BAHASA TAE (The Phonology System of Tae Language). Kandai, 18(1), 44-60.
Setiadi D, Firdaus A, Rahmah LI, Akhirah SR, editors. 2023. Representasi perempuan yang tercermin dalam puisi di majalah Suara ‘Aisyiyah. Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta; 2023; Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.
Sudjiman P, editor. 1990. Kamus Istilah Sastra. Jakarta: UI-Press.
Suparman, S. (2022). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3 Tahun. Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1), 67-77.
Sukmadinata NS. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: PT. Remaja Rosda Karya.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Asep Firdaus, Fauziah Suparman, Tulus Pratama Sastrawijaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.