Klasifikasi Emosi Tokoh Utama dalam Film Laura: A True Story of a Fighter karya Hanung Bramantyo: Psikologi Sastra David Krech
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6101
Keywords:
psikologi sastra, klasifikasi emosi, film, david krechAbstract
Tingginya angka kekerasan terhadap perempuan di Indonesia menunjukkan banyak perempuan yang terluka secara emosional akibat hubungan toxic.. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji emosi-emosi yang ada pada tokoh utama dalam film Laura: A True Story of a Fighter karya Hanung Bramantyo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah emosi-emosi tokoh utama yang ada dalam film Laura: A True Story of Fighter karya Hanung Bramantyo. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini yakni teknik simak dan catat. Peneliti menganalisis lebih dalam klasifikasi emosi yang telah terbagi ke dalam kategori utama sesuai dengan teori menurut David Krech. Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti, ditemukan empat klasifikasi emosi, yaitu (1) emosi dasar, (2) emosi yang berhubungan dengan stimulus sensorik, (3) emosi yang berhubungan dengan penilaian diri, dan (4) emosi yang berhubungan dengan penilaian diri. Secara keseluruhan, emosi tokoh Laura didominasi oleh emosi dasar kemarahan dalam film Laura: A True Story of a Fighter.
Downloads
References
Ahmadi, A. (2021). Psikologi Sastra (Edisi Revisi). Unesa University Press.
Anida. (2021). Analisis Psikologi Kejiwaan Tokoh Utama Dalam Film 27 Steps Of May (Psychology Analysis Of The Main Characters In The Movie 27 Steps Of May) (Vol. 3, Issue 2).
Aryani. (2022). Identifikasi Sifat Dan Karakter Emosi Tokoh Utamapadanovel Dua Garis Biru Karya Lucia Priandini.
Asri, R., Al, U., Indonesia, A., Masjid, K., Al Azhar, A., & Baru, K. (2020). Membaca Film Sebagai Sebuah Teks: Analisis Isi Film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI).” In Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial (Vol. 1, Issue 2).
Azzahra. (2024). Representasi Psikologi Sastra pada Film Penyalin Cahaya Karya Wregas Bhanuteja. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 17(2), 183–196. https://doi.org/10.30651/st.v17i2.22765
Cahyanti. (2023). Biseksual dalam Kehidupan Keluarga Priayi Jawa: Analisis Semiotika Sinema Kethoprak “Selingkuhan Candhik Ayu.” Jurnal Ilmiah FONEMA, 6(2), 158–177. https://doi.org/10.25139/fn.v6i2.6637
Citra, M. A. W. (2019). Aspek Psikologi dan Nilai Moral Tokoh Utama dalam Novel “Anak Rantau” Karya Ahmad Fuadi . Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 2.
Dilanti, P. (2024). Tindak Tutur Ilokusi Searle dalam Film Pendek Jarak Antar Kanvas Karya Turah Parthayana. In Bahasa dan Sastra (Vol. 10, Issue 2). Pendidikan. https://e-journal.my.id/onoma
Goleman, D. (2002). Kecerdasan Emosional (( Cet.12)). Gramedia.
Hutabarat. (2022). Klasifikasi Emosi Tokoh Utama Dalam Film 27 Steps Of May (Kajian Psikologi Sastra David Krech). Jurbal Sastra Indonesia (SASINDO), 11.
Juniastika. (2012). Unsur-Unsur Emosi yang Mendasari Perilaku Tokoh Utama Dalam Novel Week-end de chasse à la mère Karya Geneviève Brisac.
KemenPPPA. (2023, February 18). Dare to Speak Up ! Hindari Toxic Relationship dan Kekerasan dalam Hubungan. Biro Hukum Dan Humas Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak. https://www.kemenpppa.go.id/page/view/NDQwMg==
Khairunnisa. (2024, May 28). Film Kisah Nyata Laura Tayang 12 September 2024. Detikpop.
Krech, D. (1969). Element of Psychology. Knofp. https://archive.org/details/elementsofpsycho0000krec/page/532/mode/2up
Krech, David. (1958). Elements of psychology (R. S. Crutchfield, Ed.; [First edition].) [Book]. Knopf.
Krissandi. (2022). Keterampilan “Baru” Berbahasa: Memirsa. Times Indonesia.
Mahara, Z., Lutfi Subargo, Y., & Santoso, E. Y. (2023). Perkembangan Sosial Tokoh Anna Dalam Film “When Marnie Was There”: Perspektif Psikososial. In Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan (Vol. 23, Issue 1).
Manurung. (2022). Mencermati Penggunaan Metode Kualitatif Di Lingkungan Sekolah Tinggi Teologi.
Masri, M. (2024). Dinamika Emosi Tokoh Kinan dalam Novel Layangan Putus Karya Mommy Asf. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.5878
Moleong. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif.
Nafisa, Z. (2024). Klasifikasi Emosi Tokoh Dalam Novel The Coldest Boyfriend Karya Itsfiyawn: Kajian Psikologi Sastra David Krech Serta Manfaatnya Dalam Pembelajaran Sastra Di SMA.
Nuraini, R., Ihsan, B., & Tri Lestari, L. (2024a). Klasifikasi Emosi Dan Nilai Karakter Tokoh Pada Film Mangkujiwo Karya Dirmawan Hatta Dan Erwanto Aphadullah (Kajian Psikologi Sastra) (Vol. 1, Issue 3). https://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/rungkat||5https://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/rungkat
Nuraini, R., Ihsan, B., & Tri Lestari, L. (2024b). Klasifikasi Emosi Dan Nilai Karakter Tokoh Pada Film Mangkujiwo Karya Dirmawan Hatta Dan Erwanto Aphadullah (Kajian Psikologi Sastra) (Vol. 1, Issue 3). https://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/rungkat||5https://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/rungkat
Rahmatulloh, A. R. (2021). Dinamika Mengumpat Sebagai Pelpasan Emosi: Antara Lega Dan Rasa Bersalah. 13(2), 104–114.
Rahmawati, D. P., Fatin, I., & Ridlwan, M. (2020). Implikatur Konvensional Bermodus Imperatif pada Tuturan Motivasi Merry Riana dan Relevansinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13(2), 243. https://doi.org/10.30651/st.v13i2.5357
Syafira. (2022). Representasi Toxic Relationship Dalam Film.
Thea. (2023, February 23). Kementrian PPPA : Toxic Relationship Berpotensi Menimbulkkan Kekerasan . Hukum Online.Com. https://www.hukumonline.com/berita/a/kementerian-pppa--toxic-relationship-berpotensi-menimbulkan-tindakan-kekerasan-lt63f6e66d0c9b7/
Wahyudi. (2024). Emosi Tokoh Serial Drama Web Series Gadis Kretek: Perspektif David Krech. Jurnal Ilmiah FONEMA, 7(2), 185–198. https://doi.org/10.25139/fn.v7i2.8838
Wikipedia. (2025, May 15). Hanung Bramantyo. Wikipedia. https://id.wikipedia.org/wiki/Hanung_Bramantyo
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Oktiana Putri Rahmania, Yarno Yarno, Idhoofiyatul Fatin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.