Persepsi Mahasiswa Sastra terhadap Pembelajaran Daring melalui Aplikasi Zoom

  • Haryeni Tamin Universitas Hasanuddin
Keywords: Mahasiswa, aplikasi zoom

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah Sosiologi Sastra di Departemen Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin selama masa pandemi virus corona (COVID-19) melalui aplikasi Zoom. Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring dibatasi pada aspek belajar mengajar, kapabilitas (kemampuan dosen), serta sarana dan prasarana. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa sastra di Departemen Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin. Sampel sebanyak 48 orang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling yang hanya berfokus pada mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah Sosiologi Sastra sejak diberlakukan pembelajaran daring karena pandemi COVID-19. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner secara daring melalui aplikasi google form dan wawancara mendalam kepada beberapa mahasiswa untuk mendapatkan informasi yang lebih mendetail. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik dan deskriptif yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring melalui aplikasi Zoom pada mata kuliah Sosiologi Sastra bersifat positif, dengan rincian: data pada indikator 1, yakni: 14,6% (SS), 62,5% (S), 20,8% (TS), dan  4,2% (STS). Data  indikator 2, yakni: 4,2% (SS), 60,4% (S), 35,4%  (TS), dan 0% (STS). Data indikator 3, yakni: 22,9% (SS), 68,8% (S), 8,3% (TS), dan 0% (STS). Data indikator 4, yakni: 0% (SS), 47,9% (S), 52,1% (TS), dan 4,2%  (STS). Data indikator 5, yakni: 47,9% (SS), 52,1% (S), 2,1% (TS), dan 0%  (STS). Data indikator 6, yakni: 47,9% (SS), 52,1% (S), 2,1% (TS), dan 0% (STS). Data indikator 6, yakni: 47,9% (SS), 52,1% (S), 2,1% (TS), dan 0% (STS). Data indikator 7, yakni: 35,4% (SS),  64,6% (S), 0%  (TS) dan (STS). Data indikator 8, yakni: 29,2% (SS), 66,7%  (S), 10,4%  (TS),  2,1% (STS). Data indikator 9, yakni: 29,2% (SS), 68,8% (S), 6,3% (TS), 0% (STS). Adapun data indikator 10, yakni: 4,2% (SS), 54,2% (S), 43,8% (TS), 10,4% (STS).

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali Sadikin, Afreni Hamidah. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. 6. 02, 214-224.
Carolina, I., Supriyatna, A., Puspitasari, D., Bina, U., & Informatika, S. (2020). Analisa Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Pada Era Pandemi Covid 19. 2, 342–347.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2020). Buku Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Semester Gasal 2020/2021 di Perguruan Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.
Hadi, L. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Di Masa Pandemik Covid-19 Student Perceptions of Online Learning During Covid-19 Pandemic. Jurnal Zarah.
Hilna Putria, Luthfi Hamdani Maula, dan Din Azwar Uswatun. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4. 4, 861 - 872.
Marhayani Anika Dina. (2021). Persepsi Mahasiswa STKIP Singkawang Terhadap Penggunaan E-Learning Berbasis Zoom Meeting. Inovasi Pendidikan.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV.
Sujarweni, V. W.,& Endrayanto, P. (2012). Statistika Untuk Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Published
20-05-2021
How to Cite
Haryeni Tamin. (2021). Persepsi Mahasiswa Sastra terhadap Pembelajaran Daring melalui Aplikasi Zoom. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 132-143. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.610
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)