Dinamika Emoji sebagai Bahasa Visual dalam Penggunaan Media Sosial Tiktok di Era Digital
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.5759
Keywords:
emoji, bahasa visual, semiotika, tiktokAbstract
Kebebasan berpendapat di media sosial menjadi alasan mengapa penelitian ini dilakukan. Pola penulisan pengguna di kolom komentar menjadi bahan yang menarik untuk dikulik lebih dalam. Pada berbagai platfrom media sosial yang ada terutama Tiktok, netizen dapat dengan mudah menuangkan perasaan baik itu memiliki arti yang positif maupun negatif. Akibat hal tersebut, pola pemahaman para pengguna terhadap komentar yang ditulis dapat menyebabkan reaksi yang berbeda-beda dari masing-masing pengguna. Seperti penggunaan emoji sebagai bahasa visual dalam konteks kehidupan digital. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis fungsi emoji sebagai bahasa visual komunikasi pengguna TikTok dalam kolom komentar serta mengidentifikasi pola penggunaan emoji dalam interaksi sosial di media sosial TikTok. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian ini dari komentar netizen di platfrom media sosial Tiktok. Teknik analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data berupa komentar yang di screenshot pada akun Tiktok yang diunggah, pengelompokan data, menyajian data, menganalisis dan menginterpretasikan hasil yang didapatkan dari teori semiotika Ferdinand de Saussure. Dari hasil penelitian yang didapatkan diharapkan akan membantu para pengguna dalam memahami dan mengartikan maksud dari emoji yang di gunakan dalam media sosial terutama TikTok.
Downloads
References
Arvitra, A., Brahmansyah, A., Ramadhazka, D., & Sitohang, J. A. (2024). Analisis kesalahan penggunaan bahasa Indonesia pada platfrom media sosial tiktok di era digital. Oktober, 2(10), 166–171. https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i10.982
Asnidar, A. (2021). Semiotika lambang emoji pada status dan komentar facebook mahasiswa pendidikan bahasa Indonesia. INA-Rxiv Papers, 1–15.
Bahri, A., Damayanti, C. M., Sirait, Y. H., & Alfarisy, F. (2022). Aplikasi tiktok sebagai media pembelajaran bahasa inggris di Indonesia. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.36418/jiss.v3i1.505
Fadli, I., Aswar, & Lugis, M. M. (2021). Karakteristik stiker sebagai unsur bahasa visual dalam berkomunikasi pada grub whatshapp. 1–9.
Faradilla, N. D., & Purnamasari, D. (2023). Peran aplikasi tiktok dalam mengedukasi bahasa isyarat melalui komunikasi formal informal dan simbolik. Jurnal Communicology, 11(1), 81–97. http://journal.unj.ac.id/
Hasanah, A. P., & Zuhriah. (2024). Gaya komunikasi penggunaan media sosial tiktok dalam berpendapat mengenai kasus pelecehn seksual. EScience Humanity, 4(2), 220–233.
Inayah, J. A. N., Arifin, A. F., Akbar, M. R., Safitri, Z. A., Erina, A. R., & Arum, D. P. (2024). Pengaruh media sosial terhadap perubahan bahasa gaul di kalangan remaja. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya, 3(2), 110–119. https://doi.org/10.55606/protasis.v3i2.175
Iswatiningsih, D., Melati, I. K., & Zahidi, M. K. (2024). Dinamika bahasa visual dan digital pada generasi alpa dalam komunikasi sehari-hari di media sosial. PARAMASASTRA (Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya), 11(2), 322–388. http://journal.unesa.ac.id/index.php/paramasastra
Liantika, D. A., Kusumaningsih, D., & Septiari, W. D. (2023). Stategi pemilihan komposisi iklan untuk menguatkan pesan bahasa pada iklan skincare di tiktok. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia , 7(1), 50–56.
Marcelino, A., & Kartikawangi, D. (2023). Analisis semiotika pada reaksi warganet tentang perbedaan representasi ariel terhadap citra disney dan film the little mermaid. Unika Atma Jaya, 24–38. www.exportcomments.com.
Nababan, W. R., Rahmadani, N., Tamba, W. O. V., & Hidayat Nst, T. K. (2024). Tantangan bahasa di era digital terhadap kesalahan berbahasa dalam komunikasi media sosial. Jurnal Bahasa Daerah Indonesia, 1(3), 1–9. https://doi.org/10.47134/jbdi.v1i3.2602
Nurdin, A., & Labib, M. (2021). Komunikasi sosial generasi milenial di era industri 4.0. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 231–248. https://doi.org/10.15575/cjik.14912
Nuur’ainii, Z. L., Suparmin, & Septiari, W. D. (2024). Membangun fondasi pembelajaran bahasa Indonesia yang efektif bagi penutur asing: studi kasus konten youtube “Nihongo Mantappu.” Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan SASTRA, 10(2), 1722–1734. https://e-journal.my.id/onoma
Oktario, A. S., Ariesta, R., & Gumono. (2019). Penggunaan bahasa dalam pesan whatsapp: interaksi multimodal. Jurnal Ilmiah Korpus, 3(2), 131–136.
Pithaloka, H., & Ali, N. F. (2025). Representasi nilai fashion modest dalam konten instagram @dwihandaanda (studi analisis semiotika Ferdinand de Saussure). Journal of Islamic Comunication (SAHAFA), 7(2), 197–206. https://doi.org/10.21111/sjic.V7i2.13304
Pitrianti, S., & Maryani, S. (2023). Analisis bahasa slang di media sosial instagram. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 5(01), 9–16.
Rissalatin, H., Suparmin, & Wicaksono, M. F. (2022). Penggunaan bahasa prokem dalam media whatsappgrup karang taruna. Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia (JUBINDO), 7(2), 51–56. https://doi.org/10.32938/jbi.v7i2.3381
Robingatun, A., Kartika, Y., Mahda, N., Permata, P., Nai’ilatur, L., & Nugraha, J. T. (2024). Hiburan atau distraksi? mengurai pengaruh tiktok pada prestasi dan interaksi mahasiswa. Jurnal Mahasiswa Administrasi Negara (JMAN), 08(01), 1–10.
Saadillah, A., Haryudi, A., & Reskiawan, M. (2023). Penggunaan bahasa sarkasme netizen di media sosial. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 9(2), 2023. https://e-journal.my.id/onoma
Sholikhati, Y. B., Sudiatmi, T., & Suparmin. (2021). Penggunaan bahasa prokem pada kolom komentar grub info cegatan sukoharjo di media sosial instragram. Jurnal Sesanti, 75–81.
Siregar, R. P., Mahadian, A. B., & Adim, A. K. (2021). Pengaruh penggunaan emoji terhadap persepsi komunikasi atas umpan balik negatif pada whatsapp. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi , 4(2), 244–251.
Swarna, M. F., Sabarudin, A. P., Bilqis, T. D., & Anwar, I. I. (2024). Pengaruh emoji whatsapp: analisis penerimaan pesan komunikasi remaja di Universitas Djuanda Bogor. Karimah Tauhid, 3(2), 1608–1628.
Trilaksono, H. B., Prasetyawan, W., Amirudin, & Rizky, K. (2021). Media retorika dakwah pada era milenial. Jurnal Kajian Komunikasi, Budaya, Dan Islam (VIRTU), 1(1), 1–16. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/kpi
Ubaidullah, Adnan, & Suhendra, R. (2023). Analisis perubahan penggunaan variasi dan simbol bahasa Indonesia pada media sosial facebook. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(2), 1226–1231. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i2.1463
Wagiati, Darmayanti, N., & Adji, M. (2023). Dinamika linguistik penggunaan emotikon dan emoji dalam wacana termediasi komputer: studi kasus pengguna sosial media di Indonesia. Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia (DIGLOSIA), 7(2), 563–581.
Yumeina, F. F., Nabila, H., & Dewi, L. S. (2024). Meaning analysis of emojis in chat apps: a semiotic-semantic study. Journal of English Pedagogy and Applied Linguistics (JEPAL), 5(1), 86–98. https://journal.masoemuniversity.ac.id/jepal/index.php/englishpedagogy
Zain, N. M., & Isam, H. (2019). Emoji dan ekspresi emosi dalam kalangan komuniti siber. Pendeta Journal of Malay Language, Education and Literature, 10, 12–23. https://doi.org/10.37134/pendeta.vol10.2.2019
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.