Dinamika Emoji sebagai Bahasa Visual dalam Penggunaan Media Sosial Tiktok di Era Digital

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.5759

Authors

  • Yheshinta Nabilla Navayanesty Divanesa Trisnastuti Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Suparmin Suparmin Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Wahyu Dini Septiari Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Sukarno Sukarno Universitas Veteran Bangun Nusantara

Keywords:

emoji, bahasa visual, semiotika, tiktok

Abstract

Kebebasan berpendapat di media sosial menjadi alasan mengapa penelitian ini dilakukan. Pola penulisan pengguna di kolom komentar menjadi bahan yang menarik untuk dikulik lebih dalam. Pada berbagai platfrom media sosial yang ada terutama Tiktok, netizen dapat dengan mudah menuangkan perasaan baik itu memiliki arti yang positif maupun negatif. Akibat hal tersebut, pola pemahaman para pengguna terhadap komentar yang ditulis dapat menyebabkan reaksi yang berbeda-beda dari masing-masing pengguna. Seperti penggunaan emoji sebagai bahasa visual dalam konteks kehidupan digital. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis fungsi emoji sebagai bahasa visual komunikasi pengguna TikTok dalam kolom komentar serta mengidentifikasi pola penggunaan emoji dalam interaksi sosial di media sosial TikTok. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian ini dari komentar netizen di platfrom media sosial Tiktok. Teknik analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data berupa komentar yang di screenshot pada akun Tiktok yang diunggah, pengelompokan data, menyajian data, menganalisis dan menginterpretasikan hasil yang didapatkan dari teori semiotika Ferdinand de Saussure. Dari hasil penelitian yang didapatkan diharapkan akan membantu para pengguna dalam memahami dan mengartikan maksud dari emoji yang di gunakan dalam media sosial terutama TikTok.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arvitra, A., Brahmansyah, A., Ramadhazka, D., & Sitohang, J. A. (2024). Analisis kesalahan penggunaan bahasa Indonesia pada platfrom media sosial tiktok di era digital. Oktober, 2(10), 166–171. https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i10.982

Asnidar, A. (2021). Semiotika lambang emoji pada status dan komentar facebook mahasiswa pendidikan bahasa Indonesia. INA-Rxiv Papers, 1–15.

Bahri, A., Damayanti, C. M., Sirait, Y. H., & Alfarisy, F. (2022). Aplikasi tiktok sebagai media pembelajaran bahasa inggris di Indonesia. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.36418/jiss.v3i1.505

Fadli, I., Aswar, & Lugis, M. M. (2021). Karakteristik stiker sebagai unsur bahasa visual dalam berkomunikasi pada grub whatshapp. 1–9.

Faradilla, N. D., & Purnamasari, D. (2023). Peran aplikasi tiktok dalam mengedukasi bahasa isyarat melalui komunikasi formal informal dan simbolik. Jurnal Communicology, 11(1), 81–97. http://journal.unj.ac.id/

Hasanah, A. P., & Zuhriah. (2024). Gaya komunikasi penggunaan media sosial tiktok dalam berpendapat mengenai kasus pelecehn seksual. EScience Humanity, 4(2), 220–233.

Inayah, J. A. N., Arifin, A. F., Akbar, M. R., Safitri, Z. A., Erina, A. R., & Arum, D. P. (2024). Pengaruh media sosial terhadap perubahan bahasa gaul di kalangan remaja. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya, 3(2), 110–119. https://doi.org/10.55606/protasis.v3i2.175

Iswatiningsih, D., Melati, I. K., & Zahidi, M. K. (2024). Dinamika bahasa visual dan digital pada generasi alpa dalam komunikasi sehari-hari di media sosial. PARAMASASTRA (Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya), 11(2), 322–388. http://journal.unesa.ac.id/index.php/paramasastra

Liantika, D. A., Kusumaningsih, D., & Septiari, W. D. (2023). Stategi pemilihan komposisi iklan untuk menguatkan pesan bahasa pada iklan skincare di tiktok. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia , 7(1), 50–56.

Marcelino, A., & Kartikawangi, D. (2023). Analisis semiotika pada reaksi warganet tentang perbedaan representasi ariel terhadap citra disney dan film the little mermaid. Unika Atma Jaya, 24–38. www.exportcomments.com.

Nababan, W. R., Rahmadani, N., Tamba, W. O. V., & Hidayat Nst, T. K. (2024). Tantangan bahasa di era digital terhadap kesalahan berbahasa dalam komunikasi media sosial. Jurnal Bahasa Daerah Indonesia, 1(3), 1–9. https://doi.org/10.47134/jbdi.v1i3.2602

Nurdin, A., & Labib, M. (2021). Komunikasi sosial generasi milenial di era industri 4.0. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 231–248. https://doi.org/10.15575/cjik.14912

Nuur’ainii, Z. L., Suparmin, & Septiari, W. D. (2024). Membangun fondasi pembelajaran bahasa Indonesia yang efektif bagi penutur asing: studi kasus konten youtube “Nihongo Mantappu.” Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan SASTRA, 10(2), 1722–1734. https://e-journal.my.id/onoma

Oktario, A. S., Ariesta, R., & Gumono. (2019). Penggunaan bahasa dalam pesan whatsapp: interaksi multimodal. Jurnal Ilmiah Korpus, 3(2), 131–136.

Pithaloka, H., & Ali, N. F. (2025). Representasi nilai fashion modest dalam konten instagram @dwihandaanda (studi analisis semiotika Ferdinand de Saussure). Journal of Islamic Comunication (SAHAFA), 7(2), 197–206. https://doi.org/10.21111/sjic.V7i2.13304

Pitrianti, S., & Maryani, S. (2023). Analisis bahasa slang di media sosial instagram. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 5(01), 9–16.

Rissalatin, H., Suparmin, & Wicaksono, M. F. (2022). Penggunaan bahasa prokem dalam media whatsappgrup karang taruna. Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia (JUBINDO), 7(2), 51–56. https://doi.org/10.32938/jbi.v7i2.3381

Robingatun, A., Kartika, Y., Mahda, N., Permata, P., Nai’ilatur, L., & Nugraha, J. T. (2024). Hiburan atau distraksi? mengurai pengaruh tiktok pada prestasi dan interaksi mahasiswa. Jurnal Mahasiswa Administrasi Negara (JMAN), 08(01), 1–10.

Saadillah, A., Haryudi, A., & Reskiawan, M. (2023). Penggunaan bahasa sarkasme netizen di media sosial. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 9(2), 2023. https://e-journal.my.id/onoma

Sholikhati, Y. B., Sudiatmi, T., & Suparmin. (2021). Penggunaan bahasa prokem pada kolom komentar grub info cegatan sukoharjo di media sosial instragram. Jurnal Sesanti, 75–81.

Siregar, R. P., Mahadian, A. B., & Adim, A. K. (2021). Pengaruh penggunaan emoji terhadap persepsi komunikasi atas umpan balik negatif pada whatsapp. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi , 4(2), 244–251.

Swarna, M. F., Sabarudin, A. P., Bilqis, T. D., & Anwar, I. I. (2024). Pengaruh emoji whatsapp: analisis penerimaan pesan komunikasi remaja di Universitas Djuanda Bogor. Karimah Tauhid, 3(2), 1608–1628.

Trilaksono, H. B., Prasetyawan, W., Amirudin, & Rizky, K. (2021). Media retorika dakwah pada era milenial. Jurnal Kajian Komunikasi, Budaya, Dan Islam (VIRTU), 1(1), 1–16. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/kpi

Ubaidullah, Adnan, & Suhendra, R. (2023). Analisis perubahan penggunaan variasi dan simbol bahasa Indonesia pada media sosial facebook. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(2), 1226–1231. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i2.1463

Wagiati, Darmayanti, N., & Adji, M. (2023). Dinamika linguistik penggunaan emotikon dan emoji dalam wacana termediasi komputer: studi kasus pengguna sosial media di Indonesia. Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia (DIGLOSIA), 7(2), 563–581.

Yumeina, F. F., Nabila, H., & Dewi, L. S. (2024). Meaning analysis of emojis in chat apps: a semiotic-semantic study. Journal of English Pedagogy and Applied Linguistics (JEPAL), 5(1), 86–98. https://journal.masoemuniversity.ac.id/jepal/index.php/englishpedagogy

Zain, N. M., & Isam, H. (2019). Emoji dan ekspresi emosi dalam kalangan komuniti siber. Pendeta Journal of Malay Language, Education and Literature, 10, 12–23. https://doi.org/10.37134/pendeta.vol10.2.2019

Published

2025-06-16

How to Cite

Yheshinta Nabilla Navayanesty Divanesa Trisnastuti, Suparmin , S. ., Dini Septiari, W., & Sukarno , S. . (2025). Dinamika Emoji sebagai Bahasa Visual dalam Penggunaan Media Sosial Tiktok di Era Digital . Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(3), 2753–2770. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.5759

Issue

Section

Articles

Categories