Penerapan Metode Partisipatorik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Gowa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode partisipatorik dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia khususnya menulis paragraf persuasi siswa kelas IX SMA Negeri 9 Gowa pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam bentuk siklus, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa IX SMA Negeri 9 Gowa dengan jumlah siswa 36 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, catatan lapangan, dan analisis tes uraian dan tes kemampuan menulis paragraf persuasi sebagai instrumen penelitian pada tiap siklus untuk mengumpulkan data yang diperlukan. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan metode partisipatorik dapat meningkatkan hasil belajar menulis paragraf persuasi pada siswa IX SMA Negeri 9 Gowa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes uraian menulis paragraf persuasi yang dilakukan secara individu pada siklus I mencapai 67,13%, sedangkan pada siklus II mencapai 85,43%. Jadi, jumlah peningkatannya mencapai 18,3%. Adapun pada tes kemampuan menulis paragraf persuasi yang dilakukan secara berkelompok pada siklus I mencapai 69,45%, sedangkan pada siklus II mencapai 76,16%. Jadi, jumlah peningkatannya mencapai 6,71%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode partisipatorik dapat meningkatkan pembelajaran menulis paragraf persuasi siswa IX SMA Negeri 9 Gowa.
Downloads
References
Dinda, A. A. (2021). Pelaksanaan Layanan Bimbingan Belajar untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Peserta Didik Kelas X di SMA Pangudi Luhur Bandar Lampung Tahun Ajaran 2019/2020 [UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/13418/
Kariasih, N. L. P. (2021). Model Pembelajaran Partisipatori Berbantuan Teknik Know Want Learn (KWL) Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Agama Hindu dan Budi Pekerti. Jurnal Inovasi, 7(5), 10–16.
Larsen, & Freeman D. (1986). Techniques and Principles in Language Teaching. Oxford University Press.
León Lúa, G. Q. (2020). The influence of modal verbs in the writing skill [B.S. thesis]. Universidad de Guayaquil. Facultad de Filosofía, Letras y Ciencias de la ….
Maksum, H., & Purwanto, W. (2019). Model Pembelajaran Pendidikan Vokasi Otomotif (PVO). UNP PRESS.
Maulyda, M. A., Annizar, A. M., Hidayati, V. R., & Mukhlis, M. (2020). Analysis of students’ verbal and written mathematical communication error in solving word problem. Journal of Physics: Conference Series, 1538, 012083. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1538/1/012083
Monica Cristina Febrianti, 165030042. (2021). Analisis Struktur Puisi “Masih Ingatkah Kau Jalan Pulang” Karya Sapardi Djoko Damono dan Rintik Sedu sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Kelas X SMA [FKIP UNPAS]. https://doi.org/10/Ringkesan.pdf
Robles, R. M. V., & Torres, J. M. (2020). Filipino ESL teachers’ attitudes, practices and challenges in using peer correction strategy in teaching writing. Ciencia (HEALS), 1(1), 1–26.
Saputra, N., Zanthy, L. S., Gardini, E., Jahring, Rif’an, A., & Arifin, A. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Suciati Fitria Suryani, 165030003. (2021). Analsis Gaya Bahasa pada Kumpulan Puisi “Mawar Merah” Karya Chalik Hamid sebagai Alternatif Pemilihan Bahan Ajar Apresiasi Sastra Indonesia di SMA [FKIP UNPAS]. https://doi.org/10/Bab%20V.pdf
Telaumbanua, T. (2020). Student’s Diffucultie In Writing Narrative Text at The Ninth Grade Students of SMP Swasta Kristen BNKP Teluk Dalam. Jurnal Education and Development, 8(1), 464–464.
Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana.
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2007). Visi Media.
Vinh, T., Thomas, D., & Thomas, A. (2020). Writing persuasive texts: Using grammatical metaphors for rhetorical purposes in an educational context. Australian Journal of Linguistics, 40(2), 139–159.
Yuhandika, T., Nursalim, & Fitri, A. (2021). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jurnal Pentas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 74–82.
Copyright (c) 2021 Amal Akbar, Anzar Anzar, Suparmin Suparmin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.