Penerapan Metode Partisipatorik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Gowa

  • Amal Akbar Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Anzar Anzar Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Suparmin Suparmin SMA Negeri 9 Gowa
Keywords: partisipatorik, paragraph persuasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode partisipatorik dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia khususnya menulis paragraf persuasi siswa kelas IX SMA Negeri 9 Gowa pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam  bentuk siklus, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa IX SMA Negeri 9 Gowa dengan jumlah siswa 36 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, catatan lapangan, dan analisis tes uraian dan tes kemampuan menulis paragraf persuasi sebagai instrumen penelitian pada tiap siklus untuk mengumpulkan data yang diperlukan. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan metode partisipatorik dapat meningkatkan hasil belajar menulis paragraf persuasi pada siswa IX SMA Negeri 9 Gowa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes uraian menulis paragraf persuasi yang dilakukan secara individu pada siklus I mencapai 67,13%, sedangkan pada siklus II mencapai 85,43%. Jadi, jumlah peningkatannya mencapai 18,3%. Adapun pada tes kemampuan menulis paragraf persuasi yang dilakukan secara berkelompok pada siklus I mencapai 69,45%, sedangkan pada siklus II mencapai 76,16%. Jadi, jumlah peningkatannya mencapai 6,71%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode partisipatorik dapat meningkatkan pembelajaran menulis paragraf persuasi siswa IX SMA Negeri 9 Gowa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dinda, A. A. (2021). Pelaksanaan Layanan Bimbingan Belajar untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Peserta Didik Kelas X di SMA Pangudi Luhur Bandar Lampung Tahun Ajaran 2019/2020 [UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/13418/

Kariasih, N. L. P. (2021). Model Pembelajaran Partisipatori Berbantuan Teknik Know Want Learn (KWL) Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Agama Hindu dan Budi Pekerti. Jurnal Inovasi, 7(5), 10–16.

Larsen, & Freeman D. (1986). Techniques and Principles in Language Teaching. Oxford University Press.

León Lúa, G. Q. (2020). The influence of modal verbs in the writing skill [B.S. thesis]. Universidad de Guayaquil. Facultad de Filosofía, Letras y Ciencias de la ….

Maksum, H., & Purwanto, W. (2019). Model Pembelajaran Pendidikan Vokasi Otomotif (PVO). UNP PRESS.

Maulyda, M. A., Annizar, A. M., Hidayati, V. R., & Mukhlis, M. (2020). Analysis of students’ verbal and written mathematical communication error in solving word problem. Journal of Physics: Conference Series, 1538, 012083. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1538/1/012083

Monica Cristina Febrianti, 165030042. (2021). Analisis Struktur Puisi “Masih Ingatkah Kau Jalan Pulang” Karya Sapardi Djoko Damono dan Rintik Sedu sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Kelas X SMA [FKIP UNPAS]. https://doi.org/10/Ringkesan.pdf

Robles, R. M. V., & Torres, J. M. (2020). Filipino ESL teachers’ attitudes, practices and challenges in using peer correction strategy in teaching writing. Ciencia (HEALS), 1(1), 1–26.

Saputra, N., Zanthy, L. S., Gardini, E., Jahring, Rif’an, A., & Arifin, A. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Suciati Fitria Suryani, 165030003. (2021). Analsis Gaya Bahasa pada Kumpulan Puisi “Mawar Merah” Karya Chalik Hamid sebagai Alternatif Pemilihan Bahan Ajar Apresiasi Sastra Indonesia di SMA [FKIP UNPAS]. https://doi.org/10/Bab%20V.pdf

Telaumbanua, T. (2020). Student’s Diffucultie In Writing Narrative Text at The Ninth Grade Students of SMP Swasta Kristen BNKP Teluk Dalam. Jurnal Education and Development, 8(1), 464–464.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2007). Visi Media.

Vinh, T., Thomas, D., & Thomas, A. (2020). Writing persuasive texts: Using grammatical metaphors for rhetorical purposes in an educational context. Australian Journal of Linguistics, 40(2), 139–159.

Yuhandika, T., Nursalim, & Fitri, A. (2021). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jurnal Pentas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 74–82.

Published
30-10-2021
How to Cite
Amal Akbar, Anzar, A., & Suparmin, S. (2021). Penerapan Metode Partisipatorik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Gowa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(2), 519-526. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1315
Section
Articles