Analisis Tindak Tutur pada Iklan Pemasaran Produk Lokal di Media Sosial Twitter X
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6206
Keywords:
Pragmatik, bahasa iklan, tindak tutur, pemasaran produkAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan tindak tutur dalam iklan pemasaran produk lokal yang dipublikasikan di media sosial Twitter, yang kini dikenal sebagai X. Kajian ini berfokus pada bagaimana strategi kebahasaan dimanfaatkan oleh pengiklan untuk membangun komunikasi yang persuasif dan memengaruhi audiens secara efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian analisis isi (content analysis). Sumber data terdiri dari delapan iklan produk lokal yang mencakup teks, gambar, serta elemen verbal dan visual lainnya, yang dikumpulkan selama periode tertentu. Analisis dilakukan berdasarkan teori tindak tutur oleh John L. Austin, dengan langkah-langkah berupa pengumpulan data, identifikasi unsur kebahasaan yang mengandung tindak tutur, klasifikasi jenis tindak tutur (lokusi, ilokusi, dan perlokusi), deskripsi data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindak tutur ilokusi merupakan bentuk dominan dalam tuturan iklan. Hal ini menandakan bahwa iklan-iklan tersebut secara sadar dirancang untuk mendorong tindakan konsumen melalui ajakan, perintah halus, maupun pernyataan yang menonjolkan keunggulan produk. Temuan ini menunjukkan bahwa pengiklan produk lokal di Twitter X secara sadar memilih strategi kebahasaan tertentu untuk menciptakan efek komunikasi yang efektif dalam pemasaran digital.
Downloads
References
Astuti, S. B., & Retnosari, I. E. (2016). Tindak Tutur dalam Talkshow Hitam Putih di Trans 7. EDU-KATA, 3, 101–110.
Bawamenewi, A. (2020). Analisis Tindak Tutur Bahasa Nias Sebuah Kajian Pragmatik. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 2, 200–208.
Dian Safitri, R., Mulyani, M., & Farikah. (2021). Teori Tindak Tutur dalam Studi Pragmatik. KABASTRA, 1(1), 59–67.
Dwijent, S., Sari, S., & Saputra, H. E. (2019). Analisis Pragmatik Wacana Iklan BRI Pada Media Televisi (Studi Pada Media Televisi Internal BRI Kantor Cabang Manna Unit Penago). Seminar Ilmu-Ilmu Sosial: Comunication Series 1 St, 61–72.
Humairah, N. I., Amar, F. S., Sari, U., & Manurung, S. V. (2024). Analisis Tindak Tutur Ilokusi pada Iklan Makanan dan Minuman di Kanal Youtube. Argopuro: Jurnal Multidisiplin Ilmu Bahasa, 2(6), 1–6.
Inderasari, E., Hapsari, D. A., Rosita, F. Y., & Ulya, C. (2021). Analisis Penggunaan Gaya bahasa Iklan Layanan Masyarakat Bijak Bersosial Media di Radio Kota Surakarta. KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 7(2), 508–528. https://doi.org/10.22219/kembara.v7i2.17893
Izzati, N. (2022). Tindak Tutur Ilokusi pada Poster Iklan Mie Indomie Periode 2019-2020 (Studi Analisis Pragmatik). Diwan: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 13(2), 116–131. https://doi.org/10.15548/diwan.v13i2.713
Jihad, N., Saleh, M., & Usman, U. (2023). Analisis Tindak Tutur Ekspresif dalam Fitur Trending Topik Twitter. Titik Dua: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 168–176. https://doi.org/10.59562/titikdua.v2i2.24261
Kirana, A. A., Islam, U., Sunan, N., & Surabaya, A. (2024). Analisis Lokusi dan Ilokusi dalam Iklan Dettol Berbahasa Arab: Kajian Pragmatik. KNM BSA (Konferensi Nasional Mahasiswa Bahasa Dan Sastra Arab).
Lignuma, F. J., Rahmatin, S. A., Mufarihah, L., Muttaqin, Z., & Nurhayati, E. (2024). Analisis Gaya Bahasa Dalam Iklan Komersial Minuman Berkarbonasi. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2(1), 342–352. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i1.325
Merlina, T., Fransisca, Y., & Novalia, N. (2023). Analisis Penggunaan Bahasa pada Konten Iklan Promosi UNNUR di Media Sosial Instagram Unnur. Jurnal Jagaddhita: Jurnal Pendidikan, Humaniora, Linguistik Dan Sosial, 1(2), 65–75.
Pangestu, I. B., Suparmin, & Sudiatmi, T. (2023). Hegemoni Kekuasaan dalam Novel 86 Karya Okky Madasari. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 19(2), 261–279. https://doi.org/10.25134/fon.v19i2.7861
Pratiwi, U. (2020). Analisis Pragmatik Pada Iklan Emina: Bright Stuff Face Wash. Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya 18, 409–412.
Priasmoro, B., Wahono Saptomo, S., & Kusumaningsih, D. (2023). Tindak Tutur Asertif dalam Video Podcast Deddy Corbuzier Episode Menteri Keuangan. Jurnal Bastra, 8(2), 2503–3875. http://bastra.uho.ac.id/index.php/journal|300
Putri, A. A., Sudiatmi, T., & Suparmin. (2021). Gaya Bahasa dalam Slogan Iklan Minuman Teh di Media Sosial Instagram. Prosiding Seminar Nasional Sastra, Lingua, Dan Pembelajarannya (Salinga) “Peran Bahasa Dan Sastra Dalam Penguatan Karakter Bangsa,” 18–26. http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/salinga/index
Rahmayanti, I., & Fajar, A. (2020). Sosiopragmatik Imperatif Iklan pada Media Sosial. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(1), 79–86. http://diglosiaunmul.com/index.php/diglosia/article/view/
Romadhani, N. M., & Junieles, R. (2020). Analisis Tindak Tutur Pada Bahasa Iklan Produk Mi Instan Indomie di Televisi. Konfiks: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajaran, 7(1), 38–46.
Saifudin, A. (2019). Teori Tindak Tutur dalam Studi Linguistik Pragmatik. LITE: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 15(1), 1–16.
Sandiansyah, S., & Sudaryat, Y. (2018). Wacana Iklan dalam Media Massa Sunda (Analisis Sintaksis dan Pragmatik). LOKABASA, 8(2), 218–222. https://doi.org/10.17509/jlb.v8i2.14202
Suryawin, P. C., Wijaya, M., & Isnaini, H. (2022). Tindak Tutur (Speech Act) dan Implikatur dalam Penggunaan Bahasa. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 34–41.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Wisnu Putri Febriani, Suparmin, Titik Sudiatmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.