Analisis Tindak Tutur pada Iklan Pemasaran Produk Lokal di Media Sosial Twitter X

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6206

Authors

  • Wisnu Putri Febriani Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Suparmin Suparmin Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Titik Sudiatmi Universitas Veteran Bangun Nusantara

Keywords:

Pragmatik, bahasa iklan, tindak tutur, pemasaran produk

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan tindak tutur dalam iklan pemasaran produk lokal yang dipublikasikan di media sosial Twitter, yang kini dikenal sebagai X. Kajian ini berfokus pada bagaimana strategi kebahasaan dimanfaatkan oleh pengiklan untuk membangun komunikasi yang persuasif dan memengaruhi audiens secara efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian analisis isi (content analysis). Sumber data terdiri dari delapan iklan produk lokal yang mencakup teks, gambar, serta elemen verbal dan visual lainnya, yang dikumpulkan selama periode tertentu. Analisis dilakukan berdasarkan teori tindak tutur oleh John L. Austin, dengan langkah-langkah berupa pengumpulan data, identifikasi unsur kebahasaan yang mengandung tindak tutur, klasifikasi jenis tindak tutur (lokusi, ilokusi, dan perlokusi), deskripsi data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindak tutur ilokusi merupakan bentuk dominan dalam tuturan iklan. Hal ini menandakan bahwa iklan-iklan tersebut secara sadar dirancang untuk mendorong tindakan konsumen melalui ajakan, perintah halus, maupun pernyataan yang menonjolkan keunggulan produk. Temuan ini menunjukkan bahwa pengiklan produk lokal di Twitter X secara sadar memilih strategi kebahasaan tertentu untuk menciptakan efek komunikasi yang efektif dalam pemasaran digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, S. B., & Retnosari, I. E. (2016). Tindak Tutur dalam Talkshow Hitam Putih di Trans 7. EDU-KATA, 3, 101–110.

Bawamenewi, A. (2020). Analisis Tindak Tutur Bahasa Nias Sebuah Kajian Pragmatik. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 2, 200–208.

Dian Safitri, R., Mulyani, M., & Farikah. (2021). Teori Tindak Tutur dalam Studi Pragmatik. KABASTRA, 1(1), 59–67.

Dwijent, S., Sari, S., & Saputra, H. E. (2019). Analisis Pragmatik Wacana Iklan BRI Pada Media Televisi (Studi Pada Media Televisi Internal BRI Kantor Cabang Manna Unit Penago). Seminar Ilmu-Ilmu Sosial: Comunication Series 1 St, 61–72.

Humairah, N. I., Amar, F. S., Sari, U., & Manurung, S. V. (2024). Analisis Tindak Tutur Ilokusi pada Iklan Makanan dan Minuman di Kanal Youtube. Argopuro: Jurnal Multidisiplin Ilmu Bahasa, 2(6), 1–6.

Inderasari, E., Hapsari, D. A., Rosita, F. Y., & Ulya, C. (2021). Analisis Penggunaan Gaya bahasa Iklan Layanan Masyarakat Bijak Bersosial Media di Radio Kota Surakarta. KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 7(2), 508–528. https://doi.org/10.22219/kembara.v7i2.17893

Izzati, N. (2022). Tindak Tutur Ilokusi pada Poster Iklan Mie Indomie Periode 2019-2020 (Studi Analisis Pragmatik). Diwan: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 13(2), 116–131. https://doi.org/10.15548/diwan.v13i2.713

Jihad, N., Saleh, M., & Usman, U. (2023). Analisis Tindak Tutur Ekspresif dalam Fitur Trending Topik Twitter. Titik Dua: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 168–176. https://doi.org/10.59562/titikdua.v2i2.24261

Kirana, A. A., Islam, U., Sunan, N., & Surabaya, A. (2024). Analisis Lokusi dan Ilokusi dalam Iklan Dettol Berbahasa Arab: Kajian Pragmatik. KNM BSA (Konferensi Nasional Mahasiswa Bahasa Dan Sastra Arab).

Lignuma, F. J., Rahmatin, S. A., Mufarihah, L., Muttaqin, Z., & Nurhayati, E. (2024). Analisis Gaya Bahasa Dalam Iklan Komersial Minuman Berkarbonasi. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2(1), 342–352. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i1.325

Merlina, T., Fransisca, Y., & Novalia, N. (2023). Analisis Penggunaan Bahasa pada Konten Iklan Promosi UNNUR di Media Sosial Instagram Unnur. Jurnal Jagaddhita: Jurnal Pendidikan, Humaniora, Linguistik Dan Sosial, 1(2), 65–75.

Pangestu, I. B., Suparmin, & Sudiatmi, T. (2023). Hegemoni Kekuasaan dalam Novel 86 Karya Okky Madasari. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 19(2), 261–279. https://doi.org/10.25134/fon.v19i2.7861

Pratiwi, U. (2020). Analisis Pragmatik Pada Iklan Emina: Bright Stuff Face Wash. Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya 18, 409–412.

Priasmoro, B., Wahono Saptomo, S., & Kusumaningsih, D. (2023). Tindak Tutur Asertif dalam Video Podcast Deddy Corbuzier Episode Menteri Keuangan. Jurnal Bastra, 8(2), 2503–3875. http://bastra.uho.ac.id/index.php/journal|300

Putri, A. A., Sudiatmi, T., & Suparmin. (2021). Gaya Bahasa dalam Slogan Iklan Minuman Teh di Media Sosial Instagram. Prosiding Seminar Nasional Sastra, Lingua, Dan Pembelajarannya (Salinga) “Peran Bahasa Dan Sastra Dalam Penguatan Karakter Bangsa,” 18–26. http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/salinga/index

Rahmayanti, I., & Fajar, A. (2020). Sosiopragmatik Imperatif Iklan pada Media Sosial. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(1), 79–86. http://diglosiaunmul.com/index.php/diglosia/article/view/

Romadhani, N. M., & Junieles, R. (2020). Analisis Tindak Tutur Pada Bahasa Iklan Produk Mi Instan Indomie di Televisi. Konfiks: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajaran, 7(1), 38–46.

Saifudin, A. (2019). Teori Tindak Tutur dalam Studi Linguistik Pragmatik. LITE: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 15(1), 1–16.

Sandiansyah, S., & Sudaryat, Y. (2018). Wacana Iklan dalam Media Massa Sunda (Analisis Sintaksis dan Pragmatik). LOKABASA, 8(2), 218–222. https://doi.org/10.17509/jlb.v8i2.14202

Suryawin, P. C., Wijaya, M., & Isnaini, H. (2022). Tindak Tutur (Speech Act) dan Implikatur dalam Penggunaan Bahasa. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 34–41.

Published

2025-07-21

How to Cite

Wisnu Putri Febriani, Suparmin, S., & Titik Sudiatmi. (2025). Analisis Tindak Tutur pada Iklan Pemasaran Produk Lokal di Media Sosial Twitter X. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(3), 3218–3230. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6206

Issue

Section

Articles

Categories