Strategi Persuasif dalam Penggunaan Campur Kode pada Iklan Outfit oleh Brand Ambassador @9bintaa di Media Sosial X

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.5885

Authors

  • Afifah Luqman Sadida Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Sri Wahono Saptomo Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Sukarno Sukarno Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Muhlis Fajar Wicaksana Universitas Veteran Bangun Nusantara

Keywords:

Campur kode, strategi persuasif, iklan, media sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi persuasif dalam penggunaan campur kode pada iklan outfit oleh brand ambassador @9bintaa di media sosial X. Fenomena campur kode dalam iklan digital semakin berkembang seiring dengan tren komunikasi kasual di media sosial. Penelitian ini mengkaji strategi pe rsuasif dalam penggunaan campur kode pada iklan outfit yang dipromosikan oleh brand ambassador @9bintaa di media sosial X. Urgensi penelitian ini terletak pada meningkatnya penggunaan campur kode sebagai strategi komunikasi pemasaran yang belum banyak dikaji secara mendalam dalam konteks periklanan digital. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk campur kode yang digunakan serta menganalisis fungsinya dalam membangun daya tarik iklan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data diperoleh melalui metode simak yang melibatkan Teknik Simak Bebas Libat Cakap (SBLC) terhadap cuitan yang mengandung campur kode dalam iklan outfit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk campur kode yang dominan berupa kata dan frasa dari bahasa Inggris, seperti versatile, flowy, must have, dan worth it. Secara retoris, campur kode digunakan untuk membangun kredibilitas brand ambassador (ethos), menarik emosi audiens (pathos), serta menyampaikan informasi produk secara lebih efektif (logos). Strategi ini berhasil menciptakan kesan modern, meningkatkan keterlibatan audiens, serta memperkuat citra produk sebagai bagian dari gaya hidup yang kekinian dan eksklusif. Dengan demikian, penggunaan campur kode terbukti menjadi strategi komunikasi yang efektif dalam membangun kedekatan emosional dan sosial dengan audiens muda di ranah periklanan digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apatama, F. K., Perdana, I., Usop, L. S., Purwaka, A., & Misnawati. (2023). Alih kode dan campur kode dalam film Imperfect the Series 2 yang disutradarai oleh Naya Anindita. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 1(1), 230–243. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v1i1.145

Aprilia, O., Nuur Qoryah, A., & Yahya Aprilia, O. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Morfologi Pada Portal Radar Solo Tema Covid-19. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.22236/imajeri.v3i1.4996

Ayuningtyas, N. P. S., Sariani, N. L. P., & Sukarnasih, D. M. (2021). Penetapan brand ambassador sebagai upaya strategi komunikasi pemasaran “RUANG GURU” di era pandemi covid-19. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 66. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6401

Daiman, N. J., & Maria, M. (2023). Analisis Pengaruh Iklan di Media Sosial Facebook Terhadap Minat Konsumen untuk Berbelanja Online. Journal of Practical Management Studies, 1(1), 16–23. https://doi.org/10.61106/jpms.v1i1.3

Dewi, A. R. (2022). Fenomena Alih Kode Dan Campur Kode Antarbahasa Di Kalangan Remaja: Antara Identitas Dan Formalitas. Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(1), 61. https://doi.org/10.31002/transformatika.v6i1.4197

Febrida, R., & Oktavianti, R. (2020). Pengaruh terpaan iklan di media sosial Youtube terhadap persepsi konsumen (studi terhadap pelanggan iklan tiket.com di Youtube). Prologia, 4(1), 179. https://doi.org/10.24912/pr.v4i1.6471

Kasali, R. (2007). Manajemen periklanan: konsep dan aplikasinya di Indonesia (2nd ed.). Pustaka utama Grafiti.

Keraf, G. (1992). Argumentasi dan narasi (3rd ed.). Gramedia Pustaka Utama.

Kridalaksana, H. (2008). Kamus linguistik (4th ed.). Gramedia.

Lestari, P., & Rosalina, S. (2022). Alih kode dan campur kode dalam interaksi sosial antara penjual dan pembeli. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 11. https://doi.org/10.29300/disastra.v4i1.4703

Mahsun. (2017). Metode penelitian bahasa: tahapan strategi, metode, dan tekniknya (2nd ed.). Rajawali Pers.

Mileh, I. N. (2020). Campur kode pemakaian bahasa Indonesia pada wacana iklan. KULTURISTIK: Jurnal Bahasa Dan Budaya, 4(1), 35. https://doi.org/10.22225/kulturistik.4.1.1560

Mufidah, A., Kusumaningsih, D., Sukarno, S., & Hartanta, D. (2023). Speaking pada tuturan lisan: Eksplorasi Campur Kode dalam Tuturan Vlog Youtube Ganjar Pranowo. LINGUISTIK: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 8(1), 6. https://doi.org/10.31604/linguistik.v8i1.6-17

Nasrullah, R. (2017). Media sosial: perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi (3rd ed.). Simbiosa Rekatama Media.

Noviasi, Usop, L. S., Perdana, I., Poerwadi, P., Diman, P., & Linarto, L. (2022). Campur kode dalam iklan penawaran barang di forum jual beli online Facebook Kota Palangka Raya (kajian sosiolinguistik). ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 2(2), 18–31. https://doi.org/10.37304/enggang.v2i2.3881

Novita, D., Hariadi, J., & Hidayat, M. T. (2021). Analisis bahasa persuasif pada iklan promosi di kota Perbaungan. Jurnal Samudra Bahasa, 4(2), 17–35. https://doi.org/10.33059/jsb.v4i2.4195

Nurahman, Z., & Sulistyono, yunus. (2024). Campur kode pada penanaman industri rumah tangga di kota Solo dan implementasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia teks iklan, slogan, dan poster. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 1010–1029. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3419

Paino, N. P. (2021). Analisis penggunaan campur kode dalam vlog Atta Halilintar: kajian sosiolinguistik. Basastra, 10(2), 102. https://doi.org/10.24114/bss.v10i2.23781

Paramita, E. P., Yoniartini, D. M., & Utama, I. M. P. (2022). Analisis kalimat persuasif dalam strategi komunikasi penjualan online pada media sosial Instagram (IG). Jurnal Ilmiah Telaah, 7(1), 11. https://doi.org/10.31764/telaah.v7i1.6939

Rahma, N. (2023). Analisis alih kode dan campur kode dalam media sosial Twitter akun @kuntoajiw. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 5(2), 156–161. https://doi.org/10.38035/rrj.v5i2

Rantika, D., Dardanila, D., & Sembiring, S. Br. (2024). Campur kode bahasa Karo dalam interaksi jual beli di Pasar Pancur Batu: kajian sosiolinguistik. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 11(2), 450. https://doi.org/10.20961/basastra.v11i2.74542

Rufaidah, D., Ermawati, & Suhita, R. (2023). Fenomena Campur kode pada media sosial Instagram mahasiswa. Jurnal Sastra Indonesia, 12(2), 113–118. https://doi.org/10.15294/jsi.v12i2.67902

Saputra, V. E., & Widyatmoko, W. (2019). Pengaruh kualitas pesan iklan dan kreativitas iklan terhadap daya tarik iklan “Udah waktunya pake GO-JEK -Vertibokek.” Prologia, 3(1), 289. https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6253

Shafira, G., & Rachmawati, I. (2022). Strategi Promosi di Media Sosial dalam Menarik Minat Beli Produk Pakaian. Bandung Conference Series: Communication Management, 2(1). https://doi.org/10.29313/bcscm.v2i1.1720

Suardi, I. N. (2014). Sosiolinguistik (1st ed.). Graha Ilmu.

Sudarja, K. (2019). Alih kode dan campur kode dalam proses pengajaran bahasa Indonesia. ALFABETA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 2(2), 35–49. https://doi.org/10.33503/alfabeta.v2i2.613

Sudaryanto. (1993). Metode dan aneka teknik analisis bahasa: pengantar penelitian wahana kebudayaan secara linguistis (Vol. 64). Duta Wacana University Press.

Suwito. (1983). Pengantar awal sosiolinguistik: teori dan problema (2nd ed.). Henary Offset.

Wakhidah, S., & Sudaryanto, S. (2019). Analisis campur kode dalam iklan daring Lazada edisi April 2019: kajian sosiolinguistik. DEIKSIS, 11(03), 269. https://doi.org/10.30998/deiksis.v11i03.3852

Yuliyanti, R. W., Saptomo, S. W., & Suparmin. (2022). Penggunaan campur kode pada kolom komentar produk iklan Shopee. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 10(3), 280. https://doi.org/10.24036/jbs.v10i3.118642

Published

2025-06-13

How to Cite

Afifah Luqman Sadida, Sri Wahono Saptomo, Sukarno, S., & Muhlis Fajar Wicaksana. (2025). Strategi Persuasif dalam Penggunaan Campur Kode pada Iklan Outfit oleh Brand Ambassador @9bintaa di Media Sosial X. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(3), 2678–2689. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.5885

Issue

Section

Articles

Categories