Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Drama dengan Pendekatan Kontekstual Komponen Pemodelan di Kelas XI SMAN 9 Gowa

  • Asis Nojeng Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Amal Akbar Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Suparmin Suparmin SMA Negeri 9 Gowa
Keywords: Menulis Teks Drama, Pendekatan Kontekstual, Komponen pemodelan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks drama dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar khususnya menulis teks drama pada siswa kelas XI SMA Negeri 9 Gowa. penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang pelaksanaannya terdiri dari beberapa siklus yang dimulai dari perencanaan. Kemampuan menulis teks drama merupakan kemampuan yang penyajiannya logis dan objektif sesuai dengan benda, situasi keadaan yang diamati. hasil analisis penelitian dan pembahasan penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan sebagai berikut. Kemampuan menulis teks drama kelas XI SMAN 9 Gowa Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa setelah mengikuti pembelajaran menulis teks drama dengan menggunakan teks drama sebagai model dalam pembelajaran melalui pendekatan kontekstual mengalami peningkatan. Hasil data dari tes prasiklus menunjukkan skor rata-rata kelas sebesar 58,04 dan pada siklus I rata-rata kelas sebesar 67. Hal ini berarti menunjukkan ada peningkatan sebesar 9. Pada siklis II menghasilkan skor rata-rata kelas sebesar 80,2. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 13,2%. Jadi terjadi peningktan keterampilan menulis drama dengan pendektan kontekstual pemodelan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfani, D., Harahap, L. A., & Hutagalung, T. (2012). PEMEROLEHAN BAHASA PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI LINGKUNGAN ETNIS BATAK MANDAILING. JURNAL SASINDO (Program Studi Sastra Indonesia FBS UNIMED), 10(1).

Beer, D. F., & McMurrey, D. A. (2019). A Guide to Writing as an Engineer. John Wiley & Sons.

Destiana, D. (2019). Keterampilan Berbahasa Menulis Karangan Deskripsi.

Indramawan, A. (2021). Group Investigation; Konsep dan Implementasi dalam Pembelajaran (Vol. 1). Academia Publication.

Indrawati, F., Fatimah, A., & Tricahyani, T. (2021). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA FLIP CHART. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1).

Khairi, H. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Melalu Metode Graphic Organizer pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V MIN 3 Aceh Besar. [PhD Thesis]. UIN Ar-Raniry.

Mufidah, N., & Rohima, I. I. (2020). Pengajaran Kosa Kata Untuk Mahasiswa Kelas Intensif Bahasa Arab: Vocabulary Teaching for Arabic Intensive Class. Uniqbu Journal of Social Sciences, 1(1), 13–24.

Oflaz, A. (2019). The foreign language anxiety in learning German and the effects of total physical response method on students’ speaking skill. Journal of Language and Linguistic Studies, 15(1), 70–82.

SAKUBUN, M. N. H. D. (2019). Journal of Japanese Learning and Teaching.

Susanto, S., & Andik, A. (2020). PENERAPAN PROJECT BASE LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO BAHASA JAWA SISWA KELAS IX E SMP NEGERI I GONDANG MOJOKERTO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Jurnal Pedagogi: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan, 1(1), 57–66.

Tabelessy, N. (2019). Kreativitas Menulis Karangan Persuasi Siswa SMP. Jurnal Tahuri, 16(2), 35–46.

Wati, H. S., & Santosa, W. H. (2019). Keefektifan Penggunaan Media Papan Cerita dalam Pembelajaran Menulis Teks Fabel pada Kelas VII MTs Yapi Pakem Sleman Yogyakarta Tahun Pelajaran. Caraka, 5(2), 29–36.

Zainur, F., Irawati, A., Bertha, N., & Kayla, P. (2020). EFEKTIVITAS METODE SHADOWING DALAM MATA KULIAH NIHONGO KISO RENSHU UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MAHASISWA.

Zapata, G. C. (2020). Sprinting to the finish line: The benefits and challenges of book sprints in OER faculty-graduate student collaborations. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 21(2), 1–17.

Published
30-10-2021
How to Cite
Asis Nojeng, Amal Akbar, & Suparmin, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Drama dengan Pendekatan Kontekstual Komponen Pemodelan di Kelas XI SMAN 9 Gowa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(2), 527-540. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1325
Section
Articles