Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Drama dengan Pendekatan Kontekstual Komponen Pemodelan di Kelas XI SMAN 9 Gowa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks drama dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar khususnya menulis teks drama pada siswa kelas XI SMA Negeri 9 Gowa. penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang pelaksanaannya terdiri dari beberapa siklus yang dimulai dari perencanaan. Kemampuan menulis teks drama merupakan kemampuan yang penyajiannya logis dan objektif sesuai dengan benda, situasi keadaan yang diamati. hasil analisis penelitian dan pembahasan penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan sebagai berikut. Kemampuan menulis teks drama kelas XI SMAN 9 Gowa Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa setelah mengikuti pembelajaran menulis teks drama dengan menggunakan teks drama sebagai model dalam pembelajaran melalui pendekatan kontekstual mengalami peningkatan. Hasil data dari tes prasiklus menunjukkan skor rata-rata kelas sebesar 58,04 dan pada siklus I rata-rata kelas sebesar 67. Hal ini berarti menunjukkan ada peningkatan sebesar 9. Pada siklis II menghasilkan skor rata-rata kelas sebesar 80,2. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 13,2%. Jadi terjadi peningktan keterampilan menulis drama dengan pendektan kontekstual pemodelan.
Downloads
References
Alfani, D., Harahap, L. A., & Hutagalung, T. (2012). PEMEROLEHAN BAHASA PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI LINGKUNGAN ETNIS BATAK MANDAILING. JURNAL SASINDO (Program Studi Sastra Indonesia FBS UNIMED), 10(1).
Beer, D. F., & McMurrey, D. A. (2019). A Guide to Writing as an Engineer. John Wiley & Sons.
Destiana, D. (2019). Keterampilan Berbahasa Menulis Karangan Deskripsi.
Indramawan, A. (2021). Group Investigation; Konsep dan Implementasi dalam Pembelajaran (Vol. 1). Academia Publication.
Indrawati, F., Fatimah, A., & Tricahyani, T. (2021). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA FLIP CHART. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1).
Khairi, H. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Melalu Metode Graphic Organizer pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V MIN 3 Aceh Besar. [PhD Thesis]. UIN Ar-Raniry.
Mufidah, N., & Rohima, I. I. (2020). Pengajaran Kosa Kata Untuk Mahasiswa Kelas Intensif Bahasa Arab: Vocabulary Teaching for Arabic Intensive Class. Uniqbu Journal of Social Sciences, 1(1), 13–24.
Oflaz, A. (2019). The foreign language anxiety in learning German and the effects of total physical response method on students’ speaking skill. Journal of Language and Linguistic Studies, 15(1), 70–82.
SAKUBUN, M. N. H. D. (2019). Journal of Japanese Learning and Teaching.
Susanto, S., & Andik, A. (2020). PENERAPAN PROJECT BASE LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO BAHASA JAWA SISWA KELAS IX E SMP NEGERI I GONDANG MOJOKERTO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Jurnal Pedagogi: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan, 1(1), 57–66.
Tabelessy, N. (2019). Kreativitas Menulis Karangan Persuasi Siswa SMP. Jurnal Tahuri, 16(2), 35–46.
Wati, H. S., & Santosa, W. H. (2019). Keefektifan Penggunaan Media Papan Cerita dalam Pembelajaran Menulis Teks Fabel pada Kelas VII MTs Yapi Pakem Sleman Yogyakarta Tahun Pelajaran. Caraka, 5(2), 29–36.
Zainur, F., Irawati, A., Bertha, N., & Kayla, P. (2020). EFEKTIVITAS METODE SHADOWING DALAM MATA KULIAH NIHONGO KISO RENSHU UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MAHASISWA.
Zapata, G. C. (2020). Sprinting to the finish line: The benefits and challenges of book sprints in OER faculty-graduate student collaborations. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 21(2), 1–17.
Copyright (c) 2021 Asis Nojeng, Amal Akbar, Suparmin Suparmin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.