Efektivitas Teknik Shadowing Berbantuan Web “PodcastFrancaisFacile” sebagai Media Pembelajaran Menyimak Tingkat A1

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5753

Authors

  • Naomi Theodora Simanjuntak Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yadi Mulyadi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ariessa Racmadhany Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

Teknik shadowing, Keterampilan menyimak, PodcastFrancaisFacile, Pembelajaran bahasa Prancis, A1

Abstract

Kemampuan menyimak merupakan keterampilan dasar dalam pembelajaran bahasa asing, termasuk bahasa Prancis. Namun, mahasiswa tingkat pemula (A1) sering menghadapi kesulitan dalam memahami percakapan bahasa Prancis akibat perbedaan fonetik antara tulisan dan pengucapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas teknik shadowing berbantuan web PodcastFrancaisFacile dalam meningkatkan keterampilan menyimak mahasiswa tingkat A1. Metode yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest, yang melibatkan 20 mahasiswa tingkat A1 sebagai partisipan. Data diperoleh melalui tes menyimak (pre-test dan post-test) serta angket persepsi mahasiswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata dari 64,5 pada pretest menjadi 95,0 pada posttest, dengan selisih sebesar 30,5 poin. Standar deviasi tetap sama, yaitu 1,60, yang menunjukkan bahwa peningkatan nilai terjadi secara merata di antara seluruh peserta. Uji paired sample t-test menghasilkan nilai t-hitung sebesar -7,255 dengan derajat kebebasan (df) 19, dan nilai p < 0,001. Karena p-value lebih kecil dari 0,05, maka Ho ditolak, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan secara statistik antara nilai pretest dan posttest. Hal ini menunjukkan bahwa teknik shadowing berbantuan PodcastFrancaisFacile efektif dalam meningkatkan keterampilan menyimak mahasiswa tingkat A1. Selain itu, hasil angket menunjukkan bahwa 95% mahasiswa sangat setuju bahwa teknik shadowing membantu dalam memahami kosakata dan tata bahasa, memperbaiki pelafalan, serta meningkatkan akurasi dan kecepatan pemahaman. Sebanyak 90–95% mahasiswa juga menilai media pembelajaran ini menarik, relevan, dan meningkatkan motivasi belajar mereka secara keseluruhan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, V. (2019). Stimulasi keterampilan menyimak terhadap perkembangan anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 30–44. DOI: https://doi.org/10.19109/ra.v3i1.3170

Anggraini, V., STKIP, A. P., Abdi, Y., & Payakumbuh, P. (n.d.). Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini: Stimulasi keterampilan menyimak terhadap perkembangan anak usia dini.

Ashri, A., Hediyansyah, M. H., & Fitri, N. Z. N. (2024). Kemampuan menyimak dalam pembelajaran bahasa Inggris: Persepsi dan kendala. Karimah Tauhid, 3(3), 3406–3413.

Ashri, A., Hediyansah, M. H., Zahra, N., Fitri, N., & Djuanda, U. (2024). Kemampuan menyimak dalam pembelajaran bahasa Inggris: Persepsi dan kendala (Vol. 3, Issue 3). DOI: https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12598

Asmaraningtyas, L., Ika Pratita, I., & Amri, M. (2024). Penerapan teknik shadowing dalam kegiatan menyimak bahasa Jepang pada siswa kelas X SMA. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5, 223–230. http://jurnaledukasia.org DOI: https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i1.746

Baharuddin, L., & Utara, M. (n.d.). Peningkatan kemampuan listening melalui penggunaan podcast berbahasa Inggris pada siswa kelas XI MAN 1 Ternate (Suatu penelitian tindakan kelas). Juanga: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 9(1). https://doi.org/10.59115/juanga.v9i01

Hamada, Y. (2011). The effectiveness of pre- and post-shadowing in improving listening comprehension skills: Definition and mechanism of shadowing. In Hamada. Kato.

Hendrayani, N. A., Hardini, T. I., & Darmawangsa, D. (2023). The conformability of French listening skills learning materials in Frenchblabla Podcasts with the CEFR curriculum and the Kurikulum Merdeka. Inovasi Kurikulum, 20(2), 375–390. https://doi.org/10.17509/jik.v20i2.61298 DOI: https://doi.org/10.17509/jik.v20i2.61298

Lutfiyatun, E. (2022). Optimasi keterampilan menyimak bahasa Arab dengan media Youtube. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 7(1), 1–14. DOI: https://doi.org/10.55187/tarjpi.v7i1.4821

Massitoh, E. I. (n.d.). Analisis faktor yang mempengaruhi rendahnya keterampilan menyimak.

Massitoh, E. I. (2021, Oktober). Analisis faktor yang mempengaruhi rendahnya keterampilan menyimak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3, 330–333.

Nurjamilah, S., & Al Adawiyah, A. (2024). Analyse de la conformité des matières du site Podcast Français Facile avec les plans d’apprentissage semestriels du cours français oral élémentaire. Didacticofrançia, 13(1). https://journal.unnes.ac.id/journals/dicdac/index

Saraswaty, D. R. (2018). Learners’ difficulties & strategies in listening comprehension. English Community Journal, 2(1), 139–152. http://jurnal.um-palembang.ac.id/englishcommunity/index DOI: https://doi.org/10.32502/ecj.v2i1.1003

Sunarni, A., Oliver, R., & Nur Isnaini, S. (2023). Teknik dikte dan shadowing dalam pembelajaran Chuukyuu Choukai di STBA JIA. Jurnal Bahasa Asing, 16(1). http://jba.stba-jia.ac.id DOI: https://doi.org/10.58220/jba.v16i1.47

Widyaningtyas, I. H., Nurhayati, S., Bahasa, J., Asing, S., Bahasa, F., & Seni, D. (2017). Chi’e: Journal of Japanese Learning and Teaching, 5(1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chie

Published

2025-05-08

How to Cite

Naomi Theodora Simanjuntak, Yadi Mulyadi, & Ariessa Racmadhany. (2025). Efektivitas Teknik Shadowing Berbantuan Web “PodcastFrancaisFacile” sebagai Media Pembelajaran Menyimak Tingkat A1. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(2), 2245–2255. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5753

Issue

Section

Articles

Categories