Efektivitas Teknik Shadowing Berbantuan Web “PodcastFrancaisFacile” sebagai Media Pembelajaran Menyimak Tingkat A1
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5753
Keywords:
Teknik shadowing, Keterampilan menyimak, PodcastFrancaisFacile, Pembelajaran bahasa Prancis, A1Abstract
Kemampuan menyimak merupakan keterampilan dasar dalam pembelajaran bahasa asing, termasuk bahasa Prancis. Namun, mahasiswa tingkat pemula (A1) sering menghadapi kesulitan dalam memahami percakapan bahasa Prancis akibat perbedaan fonetik antara tulisan dan pengucapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas teknik shadowing berbantuan web PodcastFrancaisFacile dalam meningkatkan keterampilan menyimak mahasiswa tingkat A1. Metode yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest, yang melibatkan 20 mahasiswa tingkat A1 sebagai partisipan. Data diperoleh melalui tes menyimak (pre-test dan post-test) serta angket persepsi mahasiswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata dari 64,5 pada pretest menjadi 95,0 pada posttest, dengan selisih sebesar 30,5 poin. Standar deviasi tetap sama, yaitu 1,60, yang menunjukkan bahwa peningkatan nilai terjadi secara merata di antara seluruh peserta. Uji paired sample t-test menghasilkan nilai t-hitung sebesar -7,255 dengan derajat kebebasan (df) 19, dan nilai p < 0,001. Karena p-value lebih kecil dari 0,05, maka Ho ditolak, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan secara statistik antara nilai pretest dan posttest. Hal ini menunjukkan bahwa teknik shadowing berbantuan PodcastFrancaisFacile efektif dalam meningkatkan keterampilan menyimak mahasiswa tingkat A1. Selain itu, hasil angket menunjukkan bahwa 95% mahasiswa sangat setuju bahwa teknik shadowing membantu dalam memahami kosakata dan tata bahasa, memperbaiki pelafalan, serta meningkatkan akurasi dan kecepatan pemahaman. Sebanyak 90–95% mahasiswa juga menilai media pembelajaran ini menarik, relevan, dan meningkatkan motivasi belajar mereka secara keseluruhan.
Downloads
References
Anggraini, V. (2019). Stimulasi keterampilan menyimak terhadap perkembangan anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 30–44. DOI: https://doi.org/10.19109/ra.v3i1.3170
Anggraini, V., STKIP, A. P., Abdi, Y., & Payakumbuh, P. (n.d.). Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini: Stimulasi keterampilan menyimak terhadap perkembangan anak usia dini.
Ashri, A., Hediyansyah, M. H., & Fitri, N. Z. N. (2024). Kemampuan menyimak dalam pembelajaran bahasa Inggris: Persepsi dan kendala. Karimah Tauhid, 3(3), 3406–3413.
Ashri, A., Hediyansah, M. H., Zahra, N., Fitri, N., & Djuanda, U. (2024). Kemampuan menyimak dalam pembelajaran bahasa Inggris: Persepsi dan kendala (Vol. 3, Issue 3). DOI: https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12598
Asmaraningtyas, L., Ika Pratita, I., & Amri, M. (2024). Penerapan teknik shadowing dalam kegiatan menyimak bahasa Jepang pada siswa kelas X SMA. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5, 223–230. http://jurnaledukasia.org DOI: https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i1.746
Baharuddin, L., & Utara, M. (n.d.). Peningkatan kemampuan listening melalui penggunaan podcast berbahasa Inggris pada siswa kelas XI MAN 1 Ternate (Suatu penelitian tindakan kelas). Juanga: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 9(1). https://doi.org/10.59115/juanga.v9i01
Hamada, Y. (2011). The effectiveness of pre- and post-shadowing in improving listening comprehension skills: Definition and mechanism of shadowing. In Hamada. Kato.
Hendrayani, N. A., Hardini, T. I., & Darmawangsa, D. (2023). The conformability of French listening skills learning materials in Frenchblabla Podcasts with the CEFR curriculum and the Kurikulum Merdeka. Inovasi Kurikulum, 20(2), 375–390. https://doi.org/10.17509/jik.v20i2.61298 DOI: https://doi.org/10.17509/jik.v20i2.61298
Lutfiyatun, E. (2022). Optimasi keterampilan menyimak bahasa Arab dengan media Youtube. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 7(1), 1–14. DOI: https://doi.org/10.55187/tarjpi.v7i1.4821
Massitoh, E. I. (n.d.). Analisis faktor yang mempengaruhi rendahnya keterampilan menyimak.
Massitoh, E. I. (2021, Oktober). Analisis faktor yang mempengaruhi rendahnya keterampilan menyimak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3, 330–333.
Nurjamilah, S., & Al Adawiyah, A. (2024). Analyse de la conformité des matières du site Podcast Français Facile avec les plans d’apprentissage semestriels du cours français oral élémentaire. Didacticofrançia, 13(1). https://journal.unnes.ac.id/journals/dicdac/index
Saraswaty, D. R. (2018). Learners’ difficulties & strategies in listening comprehension. English Community Journal, 2(1), 139–152. http://jurnal.um-palembang.ac.id/englishcommunity/index DOI: https://doi.org/10.32502/ecj.v2i1.1003
Sunarni, A., Oliver, R., & Nur Isnaini, S. (2023). Teknik dikte dan shadowing dalam pembelajaran Chuukyuu Choukai di STBA JIA. Jurnal Bahasa Asing, 16(1). http://jba.stba-jia.ac.id DOI: https://doi.org/10.58220/jba.v16i1.47
Widyaningtyas, I. H., Nurhayati, S., Bahasa, J., Asing, S., Bahasa, F., & Seni, D. (2017). Chi’e: Journal of Japanese Learning and Teaching, 5(1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chie
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.