Meningkatkan Pemakaian Tanda Baca dalam Mencipta Teks Berita pada Peserta Didik Kelas VIII-A di SMPN AR Rohman Putra Tahfidz Malang melalui Media Wordwall
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.5285
Abstract
Pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII-A SMPN Ar Rohman Putra Tahfidz Malang pada materi teks berita masih mempunyai kendala yaitu masih banyak siswa yang melaksanakan kesalahan pada aspek pemakaian tanda baca pada saat menulis teks berita. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis siswa kelas VIII-A SMPN Ar Rohman Putra Tahfidz Malang dengan memakai media WordWall dalam menulis teks berita khususnya pada pemakaian tanda baca. Penelitian ini memakai desain penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan secara multisiklus. Subyek dalam penelitian ini yakni siswa kelas VIII-A SMPN Ar Rohman Putra Tahfidz Malang. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa siswa kelas VIII-A SMPN Ar Rohman Putra Tahfidz Malang semakin mahir memakai tanda baca pada saat menulis teks berita dengan memakai media WordWall. Secara spesifik, jumlah kesalahan tanda baca menurun dari 150 pada siklus I menjadi 50 pada siklus II. Ketika guru memakai media WordWall dalam pembelajaran, jawaban siswa tentang pemakaian tanda baca dalam teks berita juga meningkat, dari 60 menjadi 80.
Downloads
References
Farhaniah, Siti. (2021). Penerapan Media Berbasis Wordwall untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar Negeri 127 Kota Jambi. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Halawa, N., & Lase, F. (2022). Mengentaskan Hoax Dengan Membaca Pemahaman Di Era Digital. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 235–243. https://doi.org/10.56248/educativo.v 1i1.32 DOI: https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.32
Hasnun, H. Anwar. 2006. Pedoman Menulis untuk Siswa SMP dan SMA.Yogyakarta: Andi.
Novalinda, R., Dakhi, O., Fajra, M., Azman, A., Masril, M., Ambiyar, A., & Verawadina, U. (2020). Learning Model Team Assisted Individualization Assisted Module to Improve Social Interaction Student Learning Achievement. Universal Journal of Educational Research, 8(12A), 7974–7980. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.0 82585 DOI: https://doi.org/10.13189/ujer.2020.082585
Sibawae, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemakaian Ejaan Dan Tanda Baca Dalam Menulis Teks Laporan Observasi Dengan Metode Jigsaw. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 15–20. https://doi.org/10.23887/jppp.v1i1.12616 DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v1i1.12616
Wafiqni, Nafia & Fanny Mestyana Putri. (2021). Efektivitas Pemakaian Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Daring (Online) Matematika pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1. Elementar (Elementary of Tarbiyah): Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 2021, 68-83Shofiya Launin, Wahyu Nugroho, & Angga Setiawan. (2022). Pengaruh Media Game Online Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 216–223. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.176 DOI: https://doi.org/10.15408/elementar.v1i1.20375
Yunitasari, Ria dan Umi Hanifah. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2 (3), 232-243 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142
Zebua, T. (2022). Penerapan Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Kemampuan Memakai Ejaan dan Tanda Baca Dalam Menulis Pengalaman Pribadi. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 320–325. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.56 DOI: https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.56
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Elady’s Wiqhoyah Kusnadi, Bagus Pratomo, Gatut Susanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.









