Meningkatkan Pemakaian Tanda Baca dalam Mencipta Teks Berita pada Peserta Didik Kelas VIII-A di SMPN AR Rohman Putra Tahfidz Malang melalui Media Wordwall

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.5285

Authors

  • Elady’s Wiqhoyah Kusnadi Universitas Negeri Malang
  • Bagus Pratomo Universitas Negeri Malang
  • Gatut Susanto Universitas Negeri Malang

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII-A SMPN Ar Rohman Putra Tahfidz Malang pada materi teks berita masih mempunyai kendala yaitu masih banyak siswa yang melaksanakan kesalahan pada aspek pemakaian tanda baca pada saat menulis teks berita. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis siswa kelas VIII-A SMPN Ar Rohman Putra Tahfidz Malang dengan memakai media WordWall dalam menulis teks berita khususnya pada pemakaian tanda baca. Penelitian ini memakai desain penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan secara multisiklus. Subyek dalam penelitian ini yakni siswa kelas VIII-A SMPN Ar Rohman Putra Tahfidz Malang. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa siswa kelas VIII-A SMPN Ar Rohman Putra Tahfidz Malang semakin mahir memakai tanda baca pada saat menulis teks berita dengan memakai media WordWall. Secara spesifik, jumlah kesalahan tanda baca menurun dari 150 pada siklus I menjadi 50 pada siklus II. Ketika guru memakai media WordWall dalam pembelajaran, jawaban siswa tentang pemakaian tanda baca dalam teks berita juga meningkat, dari 60 menjadi 80.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Elady’s Wiqhoyah Kusnadi, Universitas Negeri Malang

Selalu menulis untuk produktif karena hidup bukan sekadar menikmati tulisan yang ada.

References

Farhaniah, Siti. (2021). Penerapan Media Berbasis Wordwall untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar Negeri 127 Kota Jambi. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Halawa, N., & Lase, F. (2022). Mengentaskan Hoax Dengan Membaca Pemahaman Di Era Digital. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 235–243. https://doi.org/10.56248/educativo.v 1i1.32 DOI: https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.32

Hasnun, H. Anwar. 2006. Pedoman Menulis untuk Siswa SMP dan SMA.Yogyakarta: Andi.

Novalinda, R., Dakhi, O., Fajra, M., Azman, A., Masril, M., Ambiyar, A., & Verawadina, U. (2020). Learning Model Team Assisted Individualization Assisted Module to Improve Social Interaction Student Learning Achievement. Universal Journal of Educational Research, 8(12A), 7974–7980. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.0 82585 DOI: https://doi.org/10.13189/ujer.2020.082585

Sibawae, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemakaian Ejaan Dan Tanda Baca Dalam Menulis Teks Laporan Observasi Dengan Metode Jigsaw. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 15–20. https://doi.org/10.23887/jppp.v1i1.12616 DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v1i1.12616

Wafiqni, Nafia & Fanny Mestyana Putri. (2021). Efektivitas Pemakaian Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Daring (Online) Matematika pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1. Elementar (Elementary of Tarbiyah): Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 2021, 68-83Shofiya Launin, Wahyu Nugroho, & Angga Setiawan. (2022). Pengaruh Media Game Online Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 216–223. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.176 DOI: https://doi.org/10.15408/elementar.v1i1.20375

Yunitasari, Ria dan Umi Hanifah. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2 (3), 232-243 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142

Zebua, T. (2022). Penerapan Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Kemampuan Memakai Ejaan dan Tanda Baca Dalam Menulis Pengalaman Pribadi. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 320–325. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.56 DOI: https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.56

Published

2025-10-11

How to Cite

Elady’s Wiqhoyah Kusnadi, Bagus Pratomo, & Gatut Susanto. (2025). Meningkatkan Pemakaian Tanda Baca dalam Mencipta Teks Berita pada Peserta Didik Kelas VIII-A di SMPN AR Rohman Putra Tahfidz Malang melalui Media Wordwall. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(4), 4169–4175. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.5285

Issue

Section

Articles

Categories