Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 01 Lalebbata Kota Palopo
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.5119
Keywords:
Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Pembelajaran BerdiferensiasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 01 Lalebbata Kota Palopo sebelum dan setelah penerapan pembelajaran berdiferensiasi, (2) hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 01 Lalebbata, (2) pengaruh hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 01 Lalebbata Kota Palopo setelah penerapan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan selama tiga kali pertemuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain One Group Pretest Postest. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan uji analisis deskriptif yang dilanjutkan dengan analisis Inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V.B SDN 01 Lalebbata sebelum diterapkan pembelajaran berdiferensiasi berada pada kategori kurang, dan setelah diterapkan pembelajaran berdiferensiasi berada pada kategori baik, (2) Terdapat pengaruh hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 01 Lalebbata Kota Palopo setelah penerapan pembelajaran berdiferensiasi.. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara deskriptif dan inferensial pembelajaran berdiferensiasi berpengaruh terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa Kelas V.B SDN 01 Lalebbata.
Downloads
References
Danuri, Waluya, Sugiman & Sukestiyarno. 2023. Model Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Sekolah Dasar Inklusif. Jawa Barat: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.
Faiz, A., Anis P. & Imas K. 2022. Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, Vol.6, No.2, ISSN 2580-3735 (Media Cetak)., ISSN 2580-1147 (Media Online). Hal. 2846 – 2853.
Hasanah, E., Ika M., Suyatno, & Rivan G. 2023. Model Pembelajaran Diferensiasi Berbasis Digital di Sekolah. Yogyakarta: Penerbit K-Media.
Henniwati. 2021. Efektifitas Metode Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Determinan dan Invers Matriks pada Siswa Kelas X MM1 SMK Negeri 1 Kabanjahe di Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan Vol.7 No.1, E-ISSN 2621 – 2676, P-ISSN 2528 – 0775. Hal. 83 – 88.
Mareta, M. 2020. Psikologi Pendidikan. Mataram: Sinabil.
Marlina. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif.
Purwowidodo, A. & Muhamad Z. 2023. Teori dan Praktik Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka.
Septyana, E., Nika D. I., Intan I. & Lilik A. 2023. Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Boga 1 SMK di Semarang pada Materi Program Linear. Jurnal Sains dan Edukasi Sains Vol.6, No.2. Hal. 85-94.
Susila, I. K. D. & I Gusti A. I. A. 2023. Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pengajaran ESP dalam Kemerdekaan Belajar. Jurnal Widya Balina Vol.8, No.1, ISSN: 2477-6491| E-ISSN: 2656-873X. Hal. 585 – 592.
Wicaksono, D. & Iswan. 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 12 Pamulang, Banten. HOLISTIKA: Jurnal Ilmiah PGSD Vol.III, No.2, ISSN: 2579 – 6151, e-ISSN:2614 – 8242. Hal. 111 – 126.
Wirda, Y., Ikhya U., Ferdi W., Nur L., & Sisca F. 2020. Faktor-faktor Determinan Hasil Belajar Siswa. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Zainuri, A. 2023. Manajemen Kurikulum Merdeka. Bengkulu: Penerbit Buku Literasiologi.
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.