Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 01 Lalebbata Kota Palopo

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.5119

Authors

  • Muhammad Idil Adham Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Erni Erni Universitas Cokroaminoto Palopo
  • M. Zulham Universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Pembelajaran Berdiferensiasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 01 Lalebbata Kota Palopo sebelum dan setelah penerapan pembelajaran berdiferensiasi, (2) hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 01 Lalebbata, (2) pengaruh hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 01 Lalebbata Kota Palopo setelah penerapan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan selama tiga kali pertemuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain One Group Pretest Postest. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan uji analisis deskriptif yang dilanjutkan dengan analisis Inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V.B SDN 01 Lalebbata sebelum diterapkan pembelajaran berdiferensiasi berada pada kategori kurang, dan setelah diterapkan pembelajaran berdiferensiasi berada pada kategori baik, (2) Terdapat pengaruh hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 01 Lalebbata Kota Palopo setelah penerapan pembelajaran berdiferensiasi.. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara deskriptif dan inferensial pembelajaran berdiferensiasi berpengaruh terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa Kelas V.B SDN 01 Lalebbata.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Danuri, Waluya, Sugiman & Sukestiyarno. 2023. Model Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Sekolah Dasar Inklusif. Jawa Barat: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.

Faiz, A., Anis P. & Imas K. 2022. Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, Vol.6, No.2, ISSN 2580-3735 (Media Cetak)., ISSN 2580-1147 (Media Online). Hal. 2846 – 2853.

Hasanah, E., Ika M., Suyatno, & Rivan G. 2023. Model Pembelajaran Diferensiasi Berbasis Digital di Sekolah. Yogyakarta: Penerbit K-Media.

Henniwati. 2021. Efektifitas Metode Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Determinan dan Invers Matriks pada Siswa Kelas X MM1 SMK Negeri 1 Kabanjahe di Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan Vol.7 No.1, E-ISSN 2621 – 2676, P-ISSN 2528 – 0775. Hal. 83 – 88.

Mareta, M. 2020. Psikologi Pendidikan. Mataram: Sinabil.

Marlina. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif.

Purwowidodo, A. & Muhamad Z. 2023. Teori dan Praktik Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka.

Septyana, E., Nika D. I., Intan I. & Lilik A. 2023. Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Boga 1 SMK di Semarang pada Materi Program Linear. Jurnal Sains dan Edukasi Sains Vol.6, No.2. Hal. 85-94.

Susila, I. K. D. & I Gusti A. I. A. 2023. Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pengajaran ESP dalam Kemerdekaan Belajar. Jurnal Widya Balina Vol.8, No.1, ISSN: 2477-6491| E-ISSN: 2656-873X. Hal. 585 – 592.

Wicaksono, D. & Iswan. 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 12 Pamulang, Banten. HOLISTIKA: Jurnal Ilmiah PGSD Vol.III, No.2, ISSN: 2579 – 6151, e-ISSN:2614 – 8242. Hal. 111 – 126.

Wirda, Y., Ikhya U., Ferdi W., Nur L., & Sisca F. 2020. Faktor-faktor Determinan Hasil Belajar Siswa. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Zainuri, A. 2023. Manajemen Kurikulum Merdeka. Bengkulu: Penerbit Buku Literasiologi.

Published

2024-11-27

How to Cite

Muhammad Idil Adham, Erni, E., & M. Zulham. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 01 Lalebbata Kota Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(4), 4663–4669. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.5119

Issue

Section

Articles

Categories