Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Bumi Manusia Serta Relevansinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.4767
Keywords:
konflik batin, tokoh utama, relevansi, pembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konflik batin tokoh utama dalam novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer serta mengeksplorasi relevansinya terhadap pembelajaran sastra di tingkat SMA. Masalah penelitian ini berfokus pada bagaimana teori psikoanalisis Sigmund Freud, khususnya konsep Id, Ego, dan Superego, dapat digunakan untuk memahami konflik internal yang dialami oleh tokoh utama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui pembacaan cermat dan analisis teks untuk mengidentifikasi dan menjelaskan konflik batin tokoh utama serta dinamika psikologis yang mempengaruhi perkembangan tokoh dan alur cerita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan psikoanalisis Sigmund Freud memungkinkan pemahaman yang lebih mendalam tentang dorongan dan motivasi Minke serta bagaimana ketegangan antara keinginan pribadi dan norma sosial mempengaruhi tindakan Minke, tokoh utama dalam novel Bumi Manusia. Temuan penelitian ini dapat dipergunakan di dalam pembelajaran sastra untuk memperkaya pemahaman siswa tentang kompleksitas tokoh utama dalam novel Bumi Manusia.
Downloads
References
Bayinah, F. N., & Maemunah, S. (2024). Konflik Batin pada Novel Some Kind of Wonderful Karya Winna Efendi: Teori Sigmund Freud. Literature Research Journal, 2(1), 84-95.
Dewi, N. P. J. L., Meidariani, N. W., & SS, M. (2024). Faktor Penyebab Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Film Kono Sekai No Katasumi NI. Jurnal Daruma: Linguistik, Sastra dan Budaya Jepang, 4(01), 9-19.
Emzir dan Sifur Rohman. 2015. Teori dan Pengajaran Sastra. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Endaswara, S. (2013). Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Caps.
Minderop, Albertine. 2018. “Psikologi Sastra”. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Nurgiyantoro, Burhan. (2009). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Pradopo, R. D. dkk. (2003). Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: PT Hanindita Graha Widya.
Rachmawati, Y. & Kurniati, E. (2010). Strategi pengembangan kreativitas pada anak usia taman kanak-kanak. Jakarta: Kencana.
Rahmayani, A., Dedi, F. S., & Permanasari, D. (2023). Analisis Konflik Internal Dan Eksternal Dalam Novel Laut Bercerita Karya Leila S. Chudori. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 171-180.
Ratna, Djuwita. (2004). Psikologi Sosial. (Edisi 2). Jakarta: Erlangga.
Ratna, N. K. (2009). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Semiun, Yustinus. 2006. Teori Kepribadian & Terapi Psikoanalitik Freud. Yogyakarta: Kanisius.
Siswanto, Wahyudi.(2013). Pengantar Teori Sastra. Malang: Aditya Media Publishing University Press.
Soerjono Soekanto (2006). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.Rumanti, N. P. Y., Rasna, I. W., & Suandi, I. N. (2021). Analisis gaya bahasa kumpulan cerpen Sagra karya Oka Rusmini dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 10(1), 119-129. DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v10i1.395
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.









