Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Bumi Manusia Serta Relevansinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.4767

Authors

  • Fajar Marentino Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

konflik batin, tokoh utama, relevansi, pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konflik batin tokoh utama dalam novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer serta mengeksplorasi relevansinya terhadap pembelajaran sastra di tingkat SMA. Masalah penelitian ini berfokus pada bagaimana teori psikoanalisis Sigmund Freud, khususnya konsep Id, Ego, dan Superego, dapat digunakan untuk memahami konflik internal yang dialami oleh tokoh utama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui pembacaan cermat dan analisis teks untuk mengidentifikasi dan menjelaskan konflik batin tokoh utama serta dinamika psikologis yang mempengaruhi perkembangan tokoh dan alur cerita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan psikoanalisis Sigmund Freud memungkinkan pemahaman yang lebih mendalam tentang dorongan dan motivasi Minke serta bagaimana ketegangan antara keinginan pribadi dan norma sosial mempengaruhi tindakan Minke, tokoh utama dalam novel Bumi Manusia. Temuan penelitian ini dapat dipergunakan di dalam pembelajaran sastra untuk memperkaya pemahaman siswa tentang kompleksitas tokoh utama dalam novel Bumi Manusia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bayinah, F. N., & Maemunah, S. (2024). Konflik Batin pada Novel Some Kind of Wonderful Karya Winna Efendi: Teori Sigmund Freud. Literature Research Journal, 2(1), 84-95.

Dewi, N. P. J. L., Meidariani, N. W., & SS, M. (2024). Faktor Penyebab Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Film Kono Sekai No Katasumi NI. Jurnal Daruma: Linguistik, Sastra dan Budaya Jepang, 4(01), 9-19.

Emzir dan Sifur Rohman. 2015. Teori dan Pengajaran Sastra. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Endaswara, S. (2013). Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Caps.

Minderop, Albertine. 2018. “Psikologi Sastra”. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Nurgiyantoro, Burhan. (2009). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pradopo, R. D. dkk. (2003). Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: PT Hanindita Graha Widya.

Rachmawati, Y. & Kurniati, E. (2010). Strategi pengembangan kreativitas pada anak usia taman kanak-kanak. Jakarta: Kencana.

Rahmayani, A., Dedi, F. S., & Permanasari, D. (2023). Analisis Konflik Internal Dan Eksternal Dalam Novel Laut Bercerita Karya Leila S. Chudori. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 171-180.

Ratna, Djuwita. (2004). Psikologi Sosial. (Edisi 2). Jakarta: Erlangga.

Ratna, N. K. (2009). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Semiun, Yustinus. 2006. Teori Kepribadian & Terapi Psikoanalitik Freud. Yogyakarta: Kanisius.

Siswanto, Wahyudi.(2013). Pengantar Teori Sastra. Malang: Aditya Media Publishing University Press.

Soerjono Soekanto (2006). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.Rumanti, N. P. Y., Rasna, I. W., & Suandi, I. N. (2021). Analisis gaya bahasa kumpulan cerpen Sagra karya Oka Rusmini dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 10(1), 119-129. DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v10i1.395

Published

2025-01-13

How to Cite

Fajar Marentino. (2025). Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Bumi Manusia Serta Relevansinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(1), 331–341. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.4767

Issue

Section

Articles

Categories