Aspek Motivasi dalam Cerita Sastra Anak Suku Sasak: Kajian David C Mcclelland
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aspek motivasi yang terdapat pada cerita sastra tradisonal suku Sasak yang biasa sering dijadikan bacaan sastra anak. Sampel penelitian ini dibatasi maksimal delapan cerita sastra tradisional yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan studi dokumen terkait cerita sastra tradisional. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang mengkaji aspek motivasi dalam cerita rakyat suku Sasak menggunakan teori psikologi sastra David C McClelland. Data penelitian ini berupa kalimat atau paragraf yang terdapat di masing-masing cerita tradisional suku Sasak yang menjadi sampel penelitian. Sumber data penelitian ini adalah pemangku dan masyarakat suku Sasak yang mengetahui benar terkait suatu cerita sastra tradisional, serta internet atau buku yang memuat cerita sastra tradisional yang sudah ditulis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga aspek motivasi dalam cerita rakyat suku Sasak, yaitu motivasi untuk berprestasi, berafiliasi, dan berkuasa. Dari ketiga jenis motivasi tersebut, aspek yang paling banyak muncul adalah motivasi untuk berafiliasi, sedangkan aspek yang paling jarang muncul adalah motivasi untuk berprestasi.
Downloads
References
Ahmadi, A. (2021). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Sasak ”Doyan Nada”. Jurnal Ilmiah Global Education, 2(1), 115–122. https://doi.org/10.55681/jige.v2i1.97
Anwar, H. S. (2011). Dakwah Pengentasan Kemiskinan Dalam Pendekatan Teori Mc.Clelland. Jurnal Ilmu Dakwah, 5(17), 377–394.
Banjarnahor, R. R., Waruwu, N. P., & Annisa. (2022). Analisis Pendekatan Sosiologi Sastra Cerpen “Ada Tuhan” Karya Lianatasya. Jurnal Basataka, 5(1), 29. www.cerpenmu.com,
Bulan, A., & Hasan, H. (2020). Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Kumpulan Dongeng Suku Mbojo. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 1(1), 31–38. https://doi.org/10.54371/ainj.v1i1.11
SOLO, R., & TORAJA, M. T. (2023). Universitas Cokroaminoto Palopo, suparman@ uncp. ac. id. Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(1).
Efendi, M. F., Hudiyono, Y., & Murtadlo, A. (2019). Analisis Cerita Rakyat Miaduka Ditinjau Dari Kajian Sastra Anak. Jurnal Ilmu Budaya Vol, 3(3), 246–257.
Faozan. (2017). Haluan sastra budaya. 1(1), 20–40.
Karhi, B. N. A., Musaddat, S., & Safruddin. (2021). Vol 1 No 2 Agustus 2021. 1(2), 15–25.
Kurniawati, D. W. (2017). Ungkapan Estetis Batik Blora: Upaya Eksplorasi Nilai-nilai Kebudayaan Lokalitas dalam Membangun Identitas Dwi. IMAJINASI (Jurnal Seni UNNES), XI(2), 125–134.
Maharani, L. P. S., & Rati, N. W. (2022). Dictor Caksanta: Membentuk Karakter Siswa dengan Dongeng Digital Berbasis Cerita Rakyat Indonesia. Mimbar Ilmu, 27(2), 300–310. https://doi.org/10.23887/mi.v27i2.48735
Mahendra, D. (2021). Leksikon Pertanian Tradisional Suku Sasak Di Pulau Lombok: Kajian Etnolinguistik. Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya, 7(2), 164–193. https://doi.org/10.36424/jpsb.v7i2.243
Manao, M. M. (2021). Perwatakan Tokoh Utama Dalam Kumpulan Cerita “Setengah Pecah Setengah Utuh”Karya Parlindungan Marpaung. KOHESI : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 12–23. https://doi.org/10.57094/kohesi.v2i1.413
McClelland, D. C. (1965). Toward a Theory of Motive Acquisition. American Psychologist, 20(5), 321.
Nanda, A. D., & Arifin, Z. (2022). Aspek Motivasi dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA: Tinjauan Psikologi Sastra. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra …, 7, 11–19. https://core.ac.uk/download/pdf/521890521.pdf
Nurgiyantoro, B. (2013). Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Sastra Anak. Gadjah Mada University Press.
Nurhablisyah, Winarni, R. W., & Nugraha, R. A. (2022). Analisis Naratif Buku Cerita Bergambar, Apakah Hewan Bisa Berjalan di Atas Air. 02(02), 45–54.
Nursalinah, A. I., & Budiningsih, T. E. (2014). Hubungan Motivasi Berprestasi Dengan Minat Membaca Pada Anak. Educational Psychology Journal, 2(1), 65–72.
Purwanto, E. (2019). Teori motivasi berprestasi. 41(2), 20–48. file:///C:/Users/USER/Downloads/6951-12196-1-PB.pdf
Purwanto, W. E. (2015). Simbol Rama dalam Epos Ramayana bagi Raja dan Masyarakat Jawa. Bahastra, 33(2), 1–8.
Putri, F. A., Monika, S., & Ninawati. (2016). Hubungan Konsep Diri Dengan Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Akselerasi Dan Siswa Reguler. Provitae: Jurnal Psikologi Pendidikan, 7(1), 1–19.
Rahayu, N. P., Lestari, R. S., Anjani, C., & Firmansyah, D. (2018). Aspek Kepribadian Tokoh Utama dalam Cerpen Cerita Pendek yang Panjang Karya Hasta Indriyana, Kajian Psikologi Sastra, dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 115(2), 115–126. http://dx.doi.org/10.22460/p.v1i2p115-126.177
Ridho, M. (2020). Teori Motivasi Mcclelland dan Implikasinya dalam Pembelajaran PAI. Palapa, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.673
Sagita, D. D., Daharnis, D., & Syahniar, S. (2017). Hubungan Self Efficacy, Motivasi Berprestasi, Prokrastinasi Akademik Dan Stres Akademik Mahasiswa. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling Teori Dan Praktik), 1(2), 43. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v1n2.p43-52
Sidik, U. (2013). Ideologi Cerita Sang Kancil Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Widyapanfa, 41(2), 144–152.
Siswanto, W., & Roekhan. (2015). Psikologi Sastra (1st ed.). Media Nusa Creative.
Copyright (c) 2024 Marlinda Ramdhani, Siti Rohana Hariana Intiana, Muh. Khairussibyan, Pipit Aprilia Susanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.