Formula Misteri dalam Webtoon Kemala Karya Sweta Kartika, Dedy Koerniawan dan Pierre Rangga: Kajian Genre John G. Cawelti
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.4461
Keywords:
Cawelti, formula misteri, invensi, webtoon KemalaAbstract
Penelitian ini bertujuan mengungkapkan formula misteri dan invensi yang terdapat pada Webtoon Kemala karya Sweta Kartika, Dedy Koerniawan dan Pierre Rangga. Webtoon ini merupakan cerita misteri horor. Teori yang digunakan adalah teori formula dari John G. Cawelti. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang dipakai melibatkan studi pustaka, baca, simak,dan catat dari sumber-sumber pustaka yang relevan. Analisis data dilakukan dengan menganalisis formula, invensi dalam Webtoon tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa formula misteri dalam Webtoon terdiri dari (1) pengenalan detektif, (2) kejahatan dan petunjuk, (3) penyelidikan, (4) pengumuman solusi, (5) penjelasan solusi, dan (6) akhir dari cerita. Bentuk invensi yang terdapat pada pola cerita yaitu terdapat pengubahan alur atau struktur naratif yaitu pengenalan detektif/tokoh utama. Penambahan alur atau struktur naratif yaitu menceritakan asal muasal kehidupan tokoh utama sebelum meninggal.
Downloads
References
Acuna, K. (2016). Millions in Korea are obsessed with these revolutionary comics — now they’re going global. Diambil 16 Maret 2019, dari https://www.businessinsider.com/what-is-webtoons-2016-2/?IR=T.
Adi, I. Rochani. (2016). Fiksi Populer: Teori dan Metode Kajian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arifin, F., Merawati, F., & Hanifah, H. N. (2022). Formula Misteri dalam Permainan Jurit Malam Buatan Gambir Game Studio Kajian Genre John G . Cawelti. Dinamika, 5(1), 33–41. DOI: https://doi.org/10.35194/jd.v5i1.1894
Cawelti, J. G. (1976). Adventure, Mystery, adn Romance: Formula Stories as Art and Popular Culture. Chicago: University of Chicago Press. DOI: https://doi.org/10.7208/chicago/9780226148700.001.0001
Handayani, V. R., Sari. D. P., & Hartati. (2021). Invensi Dalam Genre Detektif. SAKURA VOL. 3. No. 2 Agustus 2021. DOI: https://doi.org/10.24843/JS.2021.v03.i02.p04
Kasimbara, D. C., Setiawan, K.E.P., & Wahyuningsih. (2023). Formula dalam Serial Teleisi Malam Minggu Miki SEASON 1 Karya Raditya Dika. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. DOI: https://doi.org/10.31000/lgrm.v12i1.8073
Kurniasari, Ira. 2013. Pembuatan Film Pendek Berjudul Percaya. Surabaya: STIKOM Surabaya.
Khotimah, C., & Wati, R. (2021). Karya Sastra dengan Topik Romntis Padaa Aplikasi Wasttpad dan Webtoon.
Kartika, S., Koerniawan, D., & Rangga, P. (2021). “Kemala”. Diakses melalui https://www.webtoons.com/id/horror/kemala/list?title_no=2266
Lestari, A. F., & Irwansyah. (2020). LINE WEBTOON Sebagai Industri Komik Digital. © Copyright | Volume 6, Nomor 2, Oktober 2020 SOURCE : Jurnal Ilmu Komunikasi. DOI: https://doi.org/10.35308/source.v6i2.1609
Larasati, L., P. (2018). Fiksi Formula dalam Komik Detektif: Misteri Gerbang Masa Depan Karya Rezky Ramdani dan Misteri Hantu Festival Karya Rasyiqa Annisa Thohira.
Mangantar, E. R. (2019). Formula Fantasi yang Tercermin dalam Film Harry Potter And The Goblet OF Fire (2005).
Maglena, F., Muhlis, A.,& Rdwan, A. (2020). Pesan Moral pada Webtoon “Lucunya Hidup Ini”. Prophetica : Scientific and Research Journal of Islamic Communication and Broadcasting Volume 6 Nomor 1 (2020) 109-128. DOI: https://doi.org/10.15575/prophetica.v6i1.2229
Merawati, F. et. al., (2019). Formula Pertualangan dalam Wattpad Bumi Asing dan Relasinya sebagai Alternatif Belajar Menulis Karya Sastra.
Merawati, F. (2015). Perkembangan fiksi ilmiah novel pada era 1980-an dan 2000- an Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. DOI: https://doi.org/10.31813/gramatika/3.2.2015.28.141--151
Ma’ruf, A, I., & Nugrahani F. (2017). Pengkajian Sastra : Teori dan Aplikasi. Surakarta. CV. Dijiwa Amarta Press.
Putri, Y., A. & Indriyani, J., G. (2024). Formula Detektif Klasik pada Cerita Anak The Secret Seven-Sapta Siaga: Kajian Formula John G. Cawelt. DIDAKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 17-24. https://doi.org/10.33096/didaktis.v2i1.584. DOI: https://doi.org/10.33096/didaktis.v2i1.584
Praningrum, H., I. & Wati, R. (2021). Berbagi Topik Sastra Dalam Ranah CYBER: Dari Popularitas Hingga Komunitas Cerita Bertopik Misteri. DOI: https://doi.org/10.25157/literasi.v5i1.4632
Pudo, F. (2023). A Transformasi Gendre Detektif “The Silkworm” Karya Roberth Galbraith. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(4), 3934–3941. DOI: https://doi.org/10.55681/sentri.v2i9.1503
Reza, Z., A. (2014). TA : Pembuatan Film Bergenre Thriller Slasher Berjudul "Psychopath Test".
Rosyidi, I. (2017). Misteri Dan Kekelaman Pendidikan Sebagai Bentuk Pengembangan Karakter Anak Dalam Novel Harry Potter and the Chamber of Secrets. DOI: https://doi.org/10.20961/hsb.v34i1.4270
Ratri, R. D., & Indriyani, J., G. (2024), Relasi Formula Misteri dalam Cerita Populer Lima Sekawan: Rahasia di Pulau Kirrin dengan Perkembangan Kognitif pada Anak. DOI: https://doi.org/10.59562/indonesia.v5i2.60770
Sugiyono, D. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Alfabeta.
Sugiyono, D. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Alfabeta.
Ulhaq, S. D. (2023). Struktur Formula Petualangan dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Dongeng Pohon Impian Karya Watiek Ideo. DIDAKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 77-84. https://doi.org/10.33096/didaktis.v1i2.348. DOI: https://doi.org/10.33096/didaktis.v1i2.348
Widyasari. L., Waluyo, S., & Umam, K. (2022). Kritik Sosial dalam Komik Webtoon Curse Of Tomorrow Karya Thoma Prayoga (Kajian Sosiologi Sastra). Wicara, Vol. 1, No. 2, Oktober 2022.
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.