Pengembangan Bahan Ajar Menulis Berorientasi Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Berbasis Kecerdasan Majemuk
Abstract
Hasil Penelitian ini bertujuan mengukur tingkat validitas, efektivitas, dan kepraktisan bahan ajar menulis berorientasi pada peningkatan kemampuan berpikir kritis berbasis kecerdasan majemuk. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) yang menghasilkan bahan ajar dengan model pengembangan ADDIE. Subjek Penelitian adalah semua peserta didik kelas X di UPTD SMAN 2 Toppoyo dan UPTD SMAN 1 Budong-Budong. Bahan ajar yang dikembangkan adalah bahan ajar menulis dengan materi esensial Teks Informatif yang berfokus pada peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dan memiliki ciri khas berbasis Kecerdasan Majemuk. Teknik pengumpulan data dengan analisis dokumen, survei dengan angket, wawancara, dan pengujian. Hasil penelitian sebagai berikut. 1) Hasil uji validitas dengan Uji Konsistensi Cohen’s Kappa bernilai 1 dengan interpretasi Perfect Agreement. 2) Hasil uji Efektivitas dengan Uji Non Parametrik Wilcoxon bernilai Asymp Sig (2-tailed) <0,001. Nilai <0,001 < 0,05 maka disimpulkan hipotesis diterima. 3) Hasil uji kepraktisan dengan Skala Guttman bernilai Kr=1 dan Ks=1. Nilai Kr=1≥0,9 maka skala dianggap layak dan Ks=1≥0,6 maka skala dianggap bagus. Hasil penelitian bahwa bahan ajar menulis berorientasi pada peningkatan kemampuan berpikir kritis berbasis kecerdasan majemuk dinyatakan valid, efektif, dan praktis.
Downloads
References
Abdullah, Aminol Rosid., 2022. Pengembangan Bahan Ajar. Malang: Literasi Nusantara.
Abas, Saleh. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Amstrong, Thomas., 2002. Seven Kinds of Smart Identifying and Developing Your Multiple Intelligences. Jakarta: Gramedia.
Anwar, St. Hartina. et.al. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multiple Intelligences untuk Meningkatkan Kemmapuan Berpikir Kritis. Al Asma: Jurnal of Islamis Education, Volume 2, Nomor 2, 170-180.
Aurora, Zevira., 2022. Analisis penggunaan Bahan Ajar Digital terhadap Kecerdasan Majemuk Peserta Didik di SMAN 1 Mande. Jurnal Bio Educatio, Volume 7, Nomor 2, 95-102.
Aziizah, Afaf Nur., 2019. Profil Aktivitas Kecerdasan Majemuk Siswa pada Materi Hukum Kepler dengan Penggunaan Bahan Ajar IPBA Berbasis WEB. Wapfi, Volume 4, Nomor 2, 210-215.
Chatib, Munif. 2011. Gurunya Manusia: Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara. Bandung: Mizan Pustaka.
Faruq, Asrul., 2022. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk pada Pendidikan Anak Usia Dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Volume 1, Nomor 3, 127-138
Gunawan, Adi. 2005). Born to Be a Genius. Jakarta: Gramedia.
Haryadi, Zamzani dan Z. Zamzani. 1996. Peningkatan Keterampilan Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Hutagalung, Olivia. 2014. Skripsi Hubungan Kecerdasan Majemuk dengan Kemampuan Membaca Kritis pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Medan: Unimed.
Jasmine, Julia. 2021. Metode Mengajar Multiple Intelligences. Bandung: Nuansa Cendekia.
Kosasih. 2021. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Kurniasari, Yuyun. 2014. Pengaruh Pembelajaran IPS Terpadu terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Bermakna pada Siswa. UPI.
Latifah, Umy Hasanatul dan Djamilah Bondan Widjajanti. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Statistika dan Peluang Berbasis Multiple Intelligences Berorientasi pada Prestasi, Pemecahan Masalah, dan Rasa Ingin Tahu. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Volume 4, Nomor 2, 176-185
Lwin, May. et.al. 2008. Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan. Yogyakarta: Indeks.
Mafrukhi. et.al. 2022. Kompeten Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Murti, Bhisma. 2008. Seri Kuliah Blog Budaya Ilmiah: Berpikir Kritis. Jawa Tengah: Universitas Sebelas Maret.
Musfiroh, Tadkiroatun. 2019. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Nana. 2020. Pengembangan Bahan Ajar. Jawa Tengah: Lakeisha.
Nurfadlilah, Hidayatul dan Maryam Isnaini Damayanti. 2020. Validittas Bahan Ajar Menulis Bermedia Film Berbasis Karakter untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal JPGSD, Volume 8, Nomor 4, 714-724
Prasetyo, JJ.Reza. dan Yeny Andiani. 2009. Multiply Your Multiple Intelligences. Yogyakarta: Andi.
Rusdi, M. 2018. Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan: Konsep, Prosedur, dan Sintesis Pengetahuan Baru. Depok: Rajawali Press.
Said, Alamsyah dan Andi Budimanjaya. 2015. 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences Mengajar sesuai Kerja Otak dan Gaya Belajar Siswa. Jakarta: Kencana.
Sholeh, Khabib. et.al. 2023. Kecerdasan Majemuk Berorientasi pada Partisipasi Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Siregar, Junifer. 2019. Penerapan Model Belajar Learning Cycle terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita oleh Siswa Kelas X SMA Kampus FKIP Pematang Siantar. Jurnal Bahastra, Volume 4, Nomor 1, 283-290.
Suprayogi, Suprayogi., et.al., 2021. Pengembangan Keterampilan Menulis Siswa SMAN 1 Semaka melalui Web Sekolah. Jurnal Madaniyah, Volume 2, Nomor 3, 283-294.
Syifaunajah, Ana., 2020. Implementasi Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Fiqih. ATTHULAB: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, Volume 5, Nomor 2, 183-197.
Tarigan, Henry Guntur. 1982. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Yaumi, Muhammad dan Sitti Fatimah Sangkala Sirate. 2022. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligences) Mengidentifikasi dan Mengembangkan Multitalenta Anak. Jakarta: Kencana.
Yunus, Mohamad. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka
Widiastuti, Yuanita., Mohammad Rifki. Dan Nur Fajar Arief. 2023. Pengembangan Bahan Ajar Berdiferensiasi pada Materi Menulis Artikel Opini untuk Siswa SMA. Jurnal Lingua, Volume XIX, Nomor 1, 17-28.
Copyright (c) 2024 Olivia Juni Rosita Hutagalung, Ramly Ramly, Hajrah Hajrah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.