Pengembangan Bahan Ajar Menulis Berorientasi Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Berbasis Kecerdasan Majemuk

  • Olivia Juni Rosita Hutagalung Universitas Negeri Makassar
  • Ramly Ramly Universitas Negeri Makassar
  • Hajrah Hajrah Universitas Negeri Makassar
Keywords: Menulis, Berpikir Kritis, Kecerdasan Majemuk

Abstract

Hasil Penelitian ini bertujuan mengukur tingkat validitas, efektivitas, dan kepraktisan bahan ajar menulis berorientasi pada peningkatan kemampuan berpikir kritis berbasis kecerdasan majemuk. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) yang menghasilkan bahan ajar dengan model pengembangan ADDIE. Subjek Penelitian adalah semua peserta didik kelas X di UPTD SMAN 2 Toppoyo dan UPTD SMAN 1 Budong-Budong. Bahan ajar yang dikembangkan adalah bahan ajar menulis dengan materi esensial Teks Informatif yang berfokus pada peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dan memiliki ciri khas berbasis Kecerdasan Majemuk. Teknik pengumpulan data dengan analisis dokumen, survei dengan angket, wawancara, dan pengujian. Hasil penelitian sebagai berikut. 1) Hasil uji validitas dengan Uji Konsistensi Cohen’s Kappa bernilai 1 dengan interpretasi Perfect Agreement. 2) Hasil uji Efektivitas dengan Uji Non Parametrik Wilcoxon bernilai Asymp Sig (2-tailed) <0,001. Nilai <0,001 < 0,05 maka disimpulkan hipotesis diterima. 3) Hasil uji kepraktisan dengan Skala Guttman bernilai Kr=1 dan Ks=1. Nilai Kr=1≥0,9 maka skala dianggap layak dan Ks=1≥0,6 maka skala dianggap bagus. Hasil penelitian bahwa bahan ajar menulis berorientasi pada peningkatan kemampuan berpikir kritis berbasis kecerdasan majemuk dinyatakan valid, efektif, dan praktis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Aminol Rosid., 2022. Pengembangan Bahan Ajar. Malang: Literasi Nusantara.

Abas, Saleh. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Amstrong, Thomas., 2002. Seven Kinds of Smart Identifying and Developing Your Multiple Intelligences. Jakarta: Gramedia.

Anwar, St. Hartina. et.al. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multiple Intelligences untuk Meningkatkan Kemmapuan Berpikir Kritis. Al Asma: Jurnal of Islamis Education, Volume 2, Nomor 2, 170-180.

Aurora, Zevira., 2022. Analisis penggunaan Bahan Ajar Digital terhadap Kecerdasan Majemuk Peserta Didik di SMAN 1 Mande. Jurnal Bio Educatio, Volume 7, Nomor 2, 95-102.

Aziizah, Afaf Nur., 2019. Profil Aktivitas Kecerdasan Majemuk Siswa pada Materi Hukum Kepler dengan Penggunaan Bahan Ajar IPBA Berbasis WEB. Wapfi, Volume 4, Nomor 2, 210-215.

Chatib, Munif. 2011. Gurunya Manusia: Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara. Bandung: Mizan Pustaka.

Faruq, Asrul., 2022. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk pada Pendidikan Anak Usia Dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Volume 1, Nomor 3, 127-138

Gunawan, Adi. 2005). Born to Be a Genius. Jakarta: Gramedia.

Haryadi, Zamzani dan Z. Zamzani. 1996. Peningkatan Keterampilan Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Hutagalung, Olivia. 2014. Skripsi Hubungan Kecerdasan Majemuk dengan Kemampuan Membaca Kritis pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Medan: Unimed.

Jasmine, Julia. 2021. Metode Mengajar Multiple Intelligences. Bandung: Nuansa Cendekia.

Kosasih. 2021. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kurniasari, Yuyun. 2014. Pengaruh Pembelajaran IPS Terpadu terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Bermakna pada Siswa. UPI.

Latifah, Umy Hasanatul dan Djamilah Bondan Widjajanti. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Statistika dan Peluang Berbasis Multiple Intelligences Berorientasi pada Prestasi, Pemecahan Masalah, dan Rasa Ingin Tahu. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Volume 4, Nomor 2, 176-185

Lwin, May. et.al. 2008. Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan. Yogyakarta: Indeks.

Mafrukhi. et.al. 2022. Kompeten Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Murti, Bhisma. 2008. Seri Kuliah Blog Budaya Ilmiah: Berpikir Kritis. Jawa Tengah: Universitas Sebelas Maret.

Musfiroh, Tadkiroatun. 2019. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Nana. 2020. Pengembangan Bahan Ajar. Jawa Tengah: Lakeisha.

Nurfadlilah, Hidayatul dan Maryam Isnaini Damayanti. 2020. Validittas Bahan Ajar Menulis Bermedia Film Berbasis Karakter untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal JPGSD, Volume 8, Nomor 4, 714-724

Prasetyo, JJ.Reza. dan Yeny Andiani. 2009. Multiply Your Multiple Intelligences. Yogyakarta: Andi.

Rusdi, M. 2018. Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan: Konsep, Prosedur, dan Sintesis Pengetahuan Baru. Depok: Rajawali Press.

Said, Alamsyah dan Andi Budimanjaya. 2015. 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences Mengajar sesuai Kerja Otak dan Gaya Belajar Siswa. Jakarta: Kencana.

Sholeh, Khabib. et.al. 2023. Kecerdasan Majemuk Berorientasi pada Partisipasi Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Siregar, Junifer. 2019. Penerapan Model Belajar Learning Cycle terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita oleh Siswa Kelas X SMA Kampus FKIP Pematang Siantar. Jurnal Bahastra, Volume 4, Nomor 1, 283-290.

Suprayogi, Suprayogi., et.al., 2021. Pengembangan Keterampilan Menulis Siswa SMAN 1 Semaka melalui Web Sekolah. Jurnal Madaniyah, Volume 2, Nomor 3, 283-294.

Syifaunajah, Ana., 2020. Implementasi Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Fiqih. ATTHULAB: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, Volume 5, Nomor 2, 183-197.

Tarigan, Henry Guntur. 1982. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Yaumi, Muhammad dan Sitti Fatimah Sangkala Sirate. 2022. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligences) Mengidentifikasi dan Mengembangkan Multitalenta Anak. Jakarta: Kencana.

Yunus, Mohamad. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka

Widiastuti, Yuanita., Mohammad Rifki. Dan Nur Fajar Arief. 2023. Pengembangan Bahan Ajar Berdiferensiasi pada Materi Menulis Artikel Opini untuk Siswa SMA. Jurnal Lingua, Volume XIX, Nomor 1, 17-28.

Published
26-08-2024
How to Cite
Olivia Juni Rosita Hutagalung, Ramly, R., & Hajrah, H. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Berorientasi Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Berbasis Kecerdasan Majemuk. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(4), 3629-3636. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4288
Section
Articles