Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai karakter dan mendeskripsikan
nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam buku teks Bahasa Indonesia
kelas VIII SMP Kurikulum Merdeka dengan dimensi Profil Pelajar Pancasila.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dari penelitian
ini adalah teks. Wujud dari data adalah frasa, kalimat, maupun kata yang
mengandung nilai pendidikan karakter. Sumber data berasal dari buku teks
pembelajaran Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka. Data yang
didapatkan kemudian dianalisis sesuai dengan jenis-jenis karakter yang ada dan
dikategorikan sesuai dengan keterampilan berbahasa. Penelitian ini dikategorikan
sesuai dengan dimensi Profil Pelajar Pancasila. Perolehan data penelitian dibatasi
dengan keterampilan berbahasa. Hasil penelitian ditemukan sebanyak 27 nilai
karakter di dalam buku Bahasa Indonesia kelas VIII SMP Kurikulum Merdeka yang
terdiri dari 4 nilai karakter beriman bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak
mulia; 1 nilai karakter berkebinekaan global; 4 nilai karakter mandiri; 3 nilai
karakter bergotong royong; 10 nilai karakter bernalar kritis; dan 5 nilai karakter
kreatif. Buku teks Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Kurikulum Merdeka sudah
memuat nilai-nilai pendidikan karakter yang akan ditanamkan kepada siswa
Downloads
References
Creswell, J.W. (2015). Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Danawati, M. G., Regina, B. D., & Mukhlishina, I. (2020). Analisis Nilai Karakter pada Buku Siswa Tematik Sekolah Dasar Berorientasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 8(1). https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i1.12369
Ramli, R. B., Karman, A., Suparman, S., & Musriani, M. (2024). Representasi Makna Kultural dalam Gerakan Tari Seka Kontemporer Suku Kamoro Papua. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(3), 328-335.
Gusfitri, M.L. & Delfia, E. (2021). Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas VIII. Jakarta Selatan: Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://buku.kemdikbud.go.id/
Hendri, Utami, I. S., & Nurlaili, L. (2022). Optimalisasi Peran Sekolah dengan Analisis Interaktif bagi Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 7(1). https://doi.org/10.21067/jmk.v7i1.6464
Hikmasari, D. N., Susanto, H., & Syam, A. R. (2021). Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Thomas Lickona dan Ki Hajar Dewantara. AL-ASASIYYA: Journal Basic of Education , 6(1), 19–31.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Diakses pada 3 Juni 2024 dari https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/unduhan/Dimensi_PPP.pdf
Kharisma, M. E., Faridi, F., & Yusuf, Z. (2023). Penanaman Karakter Gotong Royong Berbasis P5 di SMP Muhammadiyah 8 Batu. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(2), 1152–1161. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i2.1420
Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). (2024). Stop Bullying di Satuan Pendidikan. Diakses pada 1 April 2024 dari https://www.kpai.go.id/publikasi/stop-bullying-di-satuan-pendidikan.
Kurniawan, M. W., & Kusumawardhana, A. S. (2020). Strategi Penguatan Pendidikan Karakter dalam Menumbuhkan sikap Demokratis Siswa. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 7(1), 7–16. https://doi.org/10.36706/jbti.v7i1.10862
Malawat, I., & Akhiruddin. (2022). Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel “Mimpi Anak Pulau” Karya Abidah El Khalieqy. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(2), 786–799. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.2060
Mas’Ud, L., & Mulyaningsih, R. R. S. S. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Buku Habis Gelap Terbitlah Terang. Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 5(2). https://doi.org/10.31539/kaganga.v5i2.4305
Meilani, E. (2020). Analisis Muatan Nilai Karakter dalam buku teks Bahasa Indonesia XI Kurikulum 2013 Revisi 2017. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v10i2.35165
Muryati, S., & Sudiatmi, T. (2021). Tuturan Direktif Guru dalam Pembelajaran sebagai sarana Pendidikan Karakter. http://dx.doi.org/10.21831/jpk.v0i1.34404
Permatasari, A. D., & Anwas, E. O. M. (2019). Analisis Pendidikan Karakter dalam buku teks pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 156. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p156--169
Puspita, A., & Djuhan, M. W. (2023). Penerapan budaya 5S dalam pembelajaran IPS sebagai penguatan karakter sosial siswa. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.21154/jiipsi.v3i1.1487
Septiari, W. D., Larasati, D. C., & Saputri, A. (2022). Nilai Pendidikan Karakter Pada Novel Janshen karya Risa Saraswati serta relevansinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia SMA. In JCI Jurnal Cakrawala Ilmiah (Vol. 1, Issue 6). http://bajangjournal.com/index.php/JCI
Soraya, S. Z. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter untuk Membangun Peradaban Bangsa. http://sajiem.iainponorogo.ac.id/sajiem
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta
Sukitman, T., Hardiansyah, F., & Ar, M. M. (2023). Penguatan Nilai Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. KARATON: Jurnal Pembangunan Sumenep, 3(1), 104–110.
Syifa, U. Z., Ardianti, S. D., & Masfuah, S. (2022). Analisis Nilai Karakter Tanggung Jawab Anak Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2). https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2071
Copyright (c) 2024 Vincencia Lucky Kriswidyasari, Sri Muryati, Wahyu Dini Septiari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.