Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Dongeng Karakter Pancasila Untuk Katerampilan Menyimak di S

  • Ginasti Aprilia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dadan Djuanda Univesitas Pendidikan Indonesia
  • Aah Ahmad Syahid Univesitas Pendidikan Indonesia
Keywords: dongeng, flipbook, media pembelajaran, pengembangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran berupa flipbook dongeng yang menggambarkan karakter Pancasila, dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas III sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Desain And Development dengan lima tahapan yaitu communication, planning, modeling, construction, dan deployment.  Dalam pengembangannya, media flipbook dongeng ini mempertimbangkan aspek-aspek untuk keterampilan menyimak yang mana dihubungkan dengan karakterpancasila dalam dongeng termasuk perancangan desain, perancangan konten dongeng, audio yang akan digunakan, karakter pancasila yang akan ada dalam dongeng, dalam flipbook dongeng ini juga memuat menu utama, petunjuk penggunaan, capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran, halaman materi, halaman video untuk menyimak, halaman podcast, halaman evaluasi, dan halaman profil pengembang. Berdasarkan pengembangan yang telah dilakukan, didapatkan hasil dari kelayakan pada aspek media yang dilakukan dua putaran yang mana pada kelayakan aspek media pertama mendapat persentase 58% (cukup layak, perlu revisi) dan untuk putaran kedua mendapat persentase 87% (sangat layak). Kelayakan pada aspek materi dilakukan sebanyak satu putaran yang mendapat persentase 78% (layak). Pada tahapan implementasi atau uji coba pengguna diperoleh bahwa peserta didik memberikan respons sebesar 90% (sangat baik), sedangkan guru memberikan respons sebesar 86% (sangat baik). Penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik lebih menyukai media digital yang dapat diakses melalui internet.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminawati, B. F. (2019). Keterampilan Menyimak PidatO. https://doi.org/10.31227/osf.io/6j9ef

Anggraeni, N. (2022). Pengembangan Media Flipbook Interaktif Pada Pembelajaran Keterampilan Menyimak Materi Sekapati Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar), 6(1), 200–205.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. (No Title).

Ayuningtyas, T., Faatihah, S. F., Nuraziza, F., & Nugraha, D. (2022). Media Audio Visual untuk Menunjang Pembelajaran IPS SD Materi Keragaman sebagai Identitas Bangsa Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16030–16037.

Erhami, S., Hetilaniar, & Aldora Pratama. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Pada Materi Menyimak Teks Cerita Rakyat Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 848–856. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1352

Handak, I. S. K., Dewi, D. A., & Sutisna, M. R. (2024). Pengembangan Media Ludo Digital Materi Tanggung Jawab Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas V SD. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 270–288. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.766

Husniyah, A. M. (2022). Media Aplikasi DORA (Dongeng Nusantara) pada Pembelajaran Menyimak Dongeng di Era Digital di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 316–325.

Merdeka, C. D., Afrizal, M., & Hima, R. (2022). Wujud Karakter Pelajar Pancasila dalam 66 Kisah Kebaikan untuk Anak. Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2), 261–273.

Nuramelyah, R., Syamsuri, A. S., & Latief, S. A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Film Animasi Terhadap Keterampilan Menyimak Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Konsepsi, 12(1), 11–22.

Rahmadhani, S., Supriadi, S., Okra, R., & Efriyanti, L. (2022). Pengembangan Buku Elektronik (E-Book) sebagai Media Pembelajaran Ekstrakurikuler Wajib Pramuka. Intellect : Indonesian Journal of Learning and Technological Innovation, 1(1), 87–96. https://doi.org/10.57255/intellect.v1i1.50

Safarudin, R., Zulfamanna, Z., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian kualitatif. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 9680–9694.

Sari, W. N., & Ahmad, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2819–2826.

Sukmana, M. I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif untuk Keterampilan Menyimak Cerita Fiksi Kelas IV Sekolah Dasar.

Widyaningrum, H. K. (2016). Penggunaan media audio untuk meningkatkan kemampuan menyimak dongeng anak pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 5(02).

Published
08-09-2024
How to Cite
Aprilia, G., Djuanda, D., & Ahmad Syahid , A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Dongeng Karakter Pancasila Untuk Katerampilan Menyimak di S. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(4), 3763-3773. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4171
Section
Articles