Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Dongeng Karakter Pancasila Untuk Katerampilan Menyimak di S
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran berupa flipbook dongeng yang menggambarkan karakter Pancasila, dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas III sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Desain And Development dengan lima tahapan yaitu communication, planning, modeling, construction, dan deployment. Dalam pengembangannya, media flipbook dongeng ini mempertimbangkan aspek-aspek untuk keterampilan menyimak yang mana dihubungkan dengan karakterpancasila dalam dongeng termasuk perancangan desain, perancangan konten dongeng, audio yang akan digunakan, karakter pancasila yang akan ada dalam dongeng, dalam flipbook dongeng ini juga memuat menu utama, petunjuk penggunaan, capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran, halaman materi, halaman video untuk menyimak, halaman podcast, halaman evaluasi, dan halaman profil pengembang. Berdasarkan pengembangan yang telah dilakukan, didapatkan hasil dari kelayakan pada aspek media yang dilakukan dua putaran yang mana pada kelayakan aspek media pertama mendapat persentase 58% (cukup layak, perlu revisi) dan untuk putaran kedua mendapat persentase 87% (sangat layak). Kelayakan pada aspek materi dilakukan sebanyak satu putaran yang mendapat persentase 78% (layak). Pada tahapan implementasi atau uji coba pengguna diperoleh bahwa peserta didik memberikan respons sebesar 90% (sangat baik), sedangkan guru memberikan respons sebesar 86% (sangat baik). Penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik lebih menyukai media digital yang dapat diakses melalui internet.
Downloads
References
Aminawati, B. F. (2019). Keterampilan Menyimak PidatO. https://doi.org/10.31227/osf.io/6j9ef
Anggraeni, N. (2022). Pengembangan Media Flipbook Interaktif Pada Pembelajaran Keterampilan Menyimak Materi Sekapati Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar), 6(1), 200–205.
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. (No Title).
Ayuningtyas, T., Faatihah, S. F., Nuraziza, F., & Nugraha, D. (2022). Media Audio Visual untuk Menunjang Pembelajaran IPS SD Materi Keragaman sebagai Identitas Bangsa Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16030–16037.
Erhami, S., Hetilaniar, & Aldora Pratama. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Pada Materi Menyimak Teks Cerita Rakyat Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 848–856. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1352
Handak, I. S. K., Dewi, D. A., & Sutisna, M. R. (2024). Pengembangan Media Ludo Digital Materi Tanggung Jawab Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas V SD. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 270–288. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.766
Husniyah, A. M. (2022). Media Aplikasi DORA (Dongeng Nusantara) pada Pembelajaran Menyimak Dongeng di Era Digital di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 316–325.
Merdeka, C. D., Afrizal, M., & Hima, R. (2022). Wujud Karakter Pelajar Pancasila dalam 66 Kisah Kebaikan untuk Anak. Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2), 261–273.
Nuramelyah, R., Syamsuri, A. S., & Latief, S. A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Film Animasi Terhadap Keterampilan Menyimak Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Konsepsi, 12(1), 11–22.
Rahmadhani, S., Supriadi, S., Okra, R., & Efriyanti, L. (2022). Pengembangan Buku Elektronik (E-Book) sebagai Media Pembelajaran Ekstrakurikuler Wajib Pramuka. Intellect : Indonesian Journal of Learning and Technological Innovation, 1(1), 87–96. https://doi.org/10.57255/intellect.v1i1.50
Safarudin, R., Zulfamanna, Z., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian kualitatif. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 9680–9694.
Sari, W. N., & Ahmad, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2819–2826.
Sukmana, M. I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif untuk Keterampilan Menyimak Cerita Fiksi Kelas IV Sekolah Dasar.
Widyaningrum, H. K. (2016). Penggunaan media audio untuk meningkatkan kemampuan menyimak dongeng anak pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 5(02).
Copyright (c) 2024 Ginasti Aprilia, Dadan Djuanda, Aah Ahmad Syahid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.