Pengembangan Media Flipbook Audio sebagai Media Pembelajaran Membaca Nyaring di Kelas II SD

  • Sipa Rosmiati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Prana Dwija Iswara Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dadan Djuanda Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: audio, flipbook, media, pembelajaran, pengembangan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik terutama pada keterampilan membaca nyaring karena masih abai pada lafal, intonasi dan jeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran flipbook audio sebagai media untuk melatih keterampilan membaca nyaring dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas II sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development atau R&D dengan alur penelitian model ADDIE atau Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Dalam pengembangannya, media flipbook audio mempertimbangkan aspek-aspek dalam membaca nyaring termasuk pada perancangan desain, perancangan konten teks bacaan serta audio dengan memperhatikan lafal, intonasi, dan jeda sebagai pemodelan dalam membaca nyaring. Flipbook audio memuat fitur petunjuk penggunaan, capaian pembelajaran, menu, daftar bacaan, lima jenis teks bacaan utama, halaman latihan, halaman kode QR kumpulan situs buku digital, dan profil pengembang. Berdasarkan pengembangan yang telah dilakukan, didapatkan hasil dari kelayakan pada aspek media dengan persentase rata-rata sebesar 95,4% (sangat valid) dan kelayakan pada aspek materi dengan persentase rata-rata sebesar 94,8% (sangat valid). Pada tahap implementasi dilakukan uji coba terbatas dan dihasilkan persentase dari respon peserta didik sebesar 87,3% (sangat baik) serta diperoleh hasil dari respon guru dengan persentase sebesar 94,2% (sangat baik). Penelitian ini menekankan temuan bahwa siswa cenderung menyukai aplikasi digital pada gawai yang diakses melalui koneksi dengan internet.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839
Arikunto, S. (2009). Manajemen Penelitian. Rineka Cipta.
amy.thompson@wearesocial.net. (2024, January 31). Digital 2024: 5 billion social media users. We Are Social UK. https://wearesocial.com/uk/blog/2024/01/digital-2024-5-billion-social-media-users/
Aulia, I., Putra, A. F., Koeriyah, H. A., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Film Animasi Berbasis Aplikasi Plotagon Untuk Membentuk Karakter Jujur Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9744–9751.
Binti Mirnawati, L., & Agatha Valent Fabriya, R. (2022). Penerapan Media Flipbook untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa SD. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 10(1), 22–38. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v10i1.19837
Br Ginting, Y. F., & Simamora, H. (2022). Penggunaan E-Book Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(01), 36–39. https://doi.org/10.47709/educendikia.v1i01.1774
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Junaidi. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. 3(14), 12.
Lusiana, N. (2020). Pengembangan Media Big Book Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Nyaring Bahasa Indonesia Kelas II SDN Candirejo 01 Batang. Repository Unnes.
Marantika, C. (2019). Pengaruh Buku Cerita Bergambar Terhadap Keterampilan Membaca Nyaring Peserta Didik Kelas III Min 7 Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan, 78.
Nasution, A. B. M. D., Suhulah, G. A., Alam, P. R. N., & Setiawan, U. (2022). Prinsip dan Landasan Penggunaan Media Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 586–593. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/5337/2351
Nengseh, I. F., & Damayanti, M. I. (2022). Pengembangan Media Ebook Interaktif Untuk Keterampilan Membaca Dongeng Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(Vol 10 No 07 (2022)), 1598–1607. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/47797
Octaviani, & Sunaryati, T. (2023). Pengembangan Buku Cerita Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa SD. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 04(April), 151.
Okpatrioka. (2023). Research And Development ( R & D ) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100.
Prasetyo, I. (2014). Teknik Analisis Data Dalam Research and Development. UNY: Fakultas Ilmu Pendidikan, 6, 11. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132310875/pengabdian/teknik-analisis-data-dalam-research-and-development.pdf
Purnama, S. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19. https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).19-32
Restiani, R., Tisnasari, S., Yuliana, R., & Hilaliyah, T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-book Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Melatih Kemampuan Membaca Pada Peserta Didik Kelas IV Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 274–288.
Salsabila, U. H., Sofia, M. N., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284–304. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4221
Sari, A. P. (2023). Peningkatan Kelancaran Membaca Nyaring: Studi Kasus Pada Siswa Dengan Permasalahan Kelancaran Membaca. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 6(1), 84–97. https://doi.org/10.26618/jrpd.v6i1.10870
Selvianingsih, R., & Rigianti, H. A. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring dengan Media Pembelajaran Cerita Bergambar Bibobagi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2291–2300. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Setiawan, A. (2023). Penggunaan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Dalam Muatan Bahasa Indonesia Tema 2 …. INOVASI: Jurnal Ilmiah Pengembangan …, 1(3), 65–73. https://ejournal.lpipb.com/index.php/inovasi/article/view/70%0Ahttps://ejournal.lpipb.com/index.php/inovasi/article/download/70/71
Sinaga, E. S., Dhieni, N., & Sumadi, T. (2021). Pengaruh Lingkungan Literasi di Kelas terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 279–287. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1225
Sulinama, T. (2018). Buku Ramah Cerna Kata. INOVASI - Dinas Pendidikan Sumba Timur.
Syelviana, N. (2019). Pengenbangan Media Big Book dalam Pembelajaran Membaca Permulaan di Kelas I Sekolah Dasar. Jpgsd, 07(01), 2559–2569.
Published
29-06-2024
How to Cite
Rosmiati, S., Iswara, P. D., & Djuanda, D. (2024). Pengembangan Media Flipbook Audio sebagai Media Pembelajaran Membaca Nyaring di Kelas II SD. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 2909-2920. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3985
Section
Articles