Pengembangan Media Flipbook Audio sebagai Media Pembelajaran Membaca Nyaring di Kelas II SD
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik terutama pada keterampilan membaca nyaring karena masih abai pada lafal, intonasi dan jeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran flipbook audio sebagai media untuk melatih keterampilan membaca nyaring dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas II sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development atau R&D dengan alur penelitian model ADDIE atau Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Dalam pengembangannya, media flipbook audio mempertimbangkan aspek-aspek dalam membaca nyaring termasuk pada perancangan desain, perancangan konten teks bacaan serta audio dengan memperhatikan lafal, intonasi, dan jeda sebagai pemodelan dalam membaca nyaring. Flipbook audio memuat fitur petunjuk penggunaan, capaian pembelajaran, menu, daftar bacaan, lima jenis teks bacaan utama, halaman latihan, halaman kode QR kumpulan situs buku digital, dan profil pengembang. Berdasarkan pengembangan yang telah dilakukan, didapatkan hasil dari kelayakan pada aspek media dengan persentase rata-rata sebesar 95,4% (sangat valid) dan kelayakan pada aspek materi dengan persentase rata-rata sebesar 94,8% (sangat valid). Pada tahap implementasi dilakukan uji coba terbatas dan dihasilkan persentase dari respon peserta didik sebesar 87,3% (sangat baik) serta diperoleh hasil dari respon guru dengan persentase sebesar 94,2% (sangat baik). Penelitian ini menekankan temuan bahwa siswa cenderung menyukai aplikasi digital pada gawai yang diakses melalui koneksi dengan internet.
Downloads
References
Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839
Arikunto, S. (2009). Manajemen Penelitian. Rineka Cipta.
amy.thompson@wearesocial.net. (2024, January 31). Digital 2024: 5 billion social media users. We Are Social UK. https://wearesocial.com/uk/blog/2024/01/digital-2024-5-billion-social-media-users/
Aulia, I., Putra, A. F., Koeriyah, H. A., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Film Animasi Berbasis Aplikasi Plotagon Untuk Membentuk Karakter Jujur Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9744–9751.
Binti Mirnawati, L., & Agatha Valent Fabriya, R. (2022). Penerapan Media Flipbook untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa SD. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 10(1), 22–38. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v10i1.19837
Br Ginting, Y. F., & Simamora, H. (2022). Penggunaan E-Book Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(01), 36–39. https://doi.org/10.47709/educendikia.v1i01.1774
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Junaidi. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. 3(14), 12.
Lusiana, N. (2020). Pengembangan Media Big Book Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Nyaring Bahasa Indonesia Kelas II SDN Candirejo 01 Batang. Repository Unnes.
Marantika, C. (2019). Pengaruh Buku Cerita Bergambar Terhadap Keterampilan Membaca Nyaring Peserta Didik Kelas III Min 7 Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan, 78.
Nasution, A. B. M. D., Suhulah, G. A., Alam, P. R. N., & Setiawan, U. (2022). Prinsip dan Landasan Penggunaan Media Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 586–593. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/5337/2351
Nengseh, I. F., & Damayanti, M. I. (2022). Pengembangan Media Ebook Interaktif Untuk Keterampilan Membaca Dongeng Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(Vol 10 No 07 (2022)), 1598–1607. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/47797
Octaviani, & Sunaryati, T. (2023). Pengembangan Buku Cerita Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa SD. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 04(April), 151.
Okpatrioka. (2023). Research And Development ( R & D ) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100.
Prasetyo, I. (2014). Teknik Analisis Data Dalam Research and Development. UNY: Fakultas Ilmu Pendidikan, 6, 11. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132310875/pengabdian/teknik-analisis-data-dalam-research-and-development.pdf
Purnama, S. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19. https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).19-32
Restiani, R., Tisnasari, S., Yuliana, R., & Hilaliyah, T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-book Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Melatih Kemampuan Membaca Pada Peserta Didik Kelas IV Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 274–288.
Salsabila, U. H., Sofia, M. N., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284–304. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4221
Sari, A. P. (2023). Peningkatan Kelancaran Membaca Nyaring: Studi Kasus Pada Siswa Dengan Permasalahan Kelancaran Membaca. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 6(1), 84–97. https://doi.org/10.26618/jrpd.v6i1.10870
Selvianingsih, R., & Rigianti, H. A. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring dengan Media Pembelajaran Cerita Bergambar Bibobagi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2291–2300. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Setiawan, A. (2023). Penggunaan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Dalam Muatan Bahasa Indonesia Tema 2 …. INOVASI: Jurnal Ilmiah Pengembangan …, 1(3), 65–73. https://ejournal.lpipb.com/index.php/inovasi/article/view/70%0Ahttps://ejournal.lpipb.com/index.php/inovasi/article/download/70/71
Sinaga, E. S., Dhieni, N., & Sumadi, T. (2021). Pengaruh Lingkungan Literasi di Kelas terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 279–287. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1225
Sulinama, T. (2018). Buku Ramah Cerna Kata. INOVASI - Dinas Pendidikan Sumba Timur.
Syelviana, N. (2019). Pengenbangan Media Big Book dalam Pembelajaran Membaca Permulaan di Kelas I Sekolah Dasar. Jpgsd, 07(01), 2559–2569.
Copyright (c) 2024 Sipa Rosmiati, Prana Dwija Iswara, Dadan Djuanda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.