Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Minat dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas 5 SD
Abstract
Penelitian ini menerapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia. Kelebihan model pembelajaran Reciprocal Teaching yaitu menekankan daya pikir siswa untuk mengerti materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidaknya model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap minat dan kemampuan membaca pemahaman siswa, perbedaan penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching dengan model pembelajaran konvensional terhadap proses pembelajaran di kelas, tanggapan dari guru dan peserta didik ketika model pembelajaran Reciprocal Teaching diterapkan terkhusus pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Sedangkan desain dari penelitian ini yaitu non equivalent control group design, diujikan pada dua kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu berupa wawancara, angket minat belajar dan tes kemampuan membaca pemahaman Kemudian, data dari penelitian ini menghasilkan dua hasil yaitu data kuantitatif serta kualitatif. Berdasarkan pada hasil rekapitulasi rata- rata nilai Gain kemampuan membaca pemahaman pada kelas eksperimen didapat hasil yaitu 0,70 dengan klasifikasi tinggi yang artinya model Reciprocal Teaching berpengaruh positif. Kemudian berdasarkan pada rekapitulasi rata-rata nilai Gain angket minat siswa pada kelas eksperimen didapatkan hasil yaitu 0,10 dengan klasifikasi peningkatan rendah artinya meskipun peningkatan rendah di kelas eksperimen, penerapan model Reciprocal Teaching berpengaruh positif untuk meningkatkan minat siswa.
Downloads
References
Abraham, Irfan, and Yetti Supriyati. 2022. “Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review.” Jurnal Ilmiah Mandala Education 8(3): 2476–82. doi:10.58258/jime.v8i3.3800.
Ahmad, J. (2018). Desain Penelitian Analisis Isi (Content Analysis) (UIN Syarif Hidayatullah). diakses dari https://www.researchgate.net
Agustianti, RifkaPandriadi, Lissiana Nussifera, Wahyudi, L. Angelianawati, Igat Meliana, Effi Alfa ni Sidik, Qomaratun Nurlaila, et al. 2022. Tohar Media Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif.
Amelia, I., & Nindiasari, H. 2022. Efektivitas Pembelajaran Inquiry dengan Strategi Scaffolding untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 27-36.
Arikunto,S. 2018. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Azizah, N. Putri, U. Adjie, N. 2020. “Steam Berbantuan Augmented Reality Untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 5-6 Tahun.” Research in Early Childhood Education and Parenting 1(1). doi:10.17509/recep.v1i1.29395.
Burrowes. 2003. Pendekatan Pembelajaran Konvensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Brooks, Jacqueline Grennon and Brooks, Martin G. (1993). The case for constructivist classrooms. Alexandria, VA: ASCD.
Dalyono, M dan TIM MKDK IKIP Semarang. 1997. Psikologi Pendidikan. Semarang. IKIP Semarang Press.
Dasar Negeri Supat, Sekolah I. 2020. “PERAN PEMBELAJARAN BAHASA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR Harlina 1) Ratu Wardarita 2) 1).” Jurnal Bindo Sastra 4(1): 63–68. http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/bisastra/index.
Debora, K, P. Lubis, A. 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMP.” Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan 2(2): 209–18. doi:10.55606/jurripen.v2i2.1601.
Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Djamarah, S.B. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djuanda, D. 2014. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Komunikatif dan Menyenangkan. Sumedang: UPI Sumedang Press.
Fathurrohman, Muhammad. 2017. Belajar dan Pembelajaran Modern: Konsep Dasar, Inovasi, dan Teori Pembelajaran. Yogyakart: Garudhawaca.
Hake, R, R. 1999. Analyzing Change/Gain Scores.AREA-D American Education Research Association’s Devision.D, Measurement and Reasearch Methodology.
Henry Guntur Tarigan. (1985). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa, 198-200.
Heriwan, D. Taufina. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4(3): 673– 80. doi: 10.31004/basicedu.v4i3.416.
Joyce, Bruce and Weil, Marsha. 1980. Models of Teaching (Second Edition). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall, Inc
Khair, Ummul. 2018. Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.
Lestari, K.E dan Yudhanegara, M.K. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Meltzer. 2002. The Realtionship Between Mathematic Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics. American Journal of Physics. Vol 70, no 7
Muliani, R. D. M. R. D., & Arusman, A. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 133-139.
Nurazizah, A., Hartati, T., & Nuryani, P. 2019. Penerapan Model Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 22-34.
Palincsar, A. & Brown, A. 1984. Reciprocal Teaching of Comprehension Fostering and Comprehension-Monitoring Activities. Cognition and Instruction,1(2)
Poerwadarminta, W. J. S. 1985. General Indonesian Dictionary, reprocessed by the Center for Language Development and Development of the Ministry of Education and Culture. Jakarta: PN Balai Reference.
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Cet. VII ( Jakarta: Kalam Mulia, 2008).
Saefuddin, A. Berdiati., I 2014. Pembelajaran Efektif. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Safari. (2003). Indikator Minat Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Samsu Somadayo. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sari, F. F. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V di SDN 23 Dompu. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial, 3(2), 185-193.
Sastra, R. S., Marudut, J., & Akbar, R. 2022. Penggunaan Model Reciprocal Teaching Dalam Upaya Meningkatkan Pembelajaran Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Lawe Alas Tahun Pembelajaran 2021/2022. Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 1(2), 321-333.
Silawati, Endah. 2012. “Stimulasi Guru Pada Pembelajaran Bahasa Anak Usia Dini. Endah Silawati 1.” Cakrawala Dini Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(2): 16.
SK Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi No.008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.
Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Pendidikan; Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R & D dan Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA
Sukma, Yolanda C. 2013. “PROBLEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA"
Sukmadinata, N.S. & Syaodih, E. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: PT Refika Aditama.
Sundayana, R. 2016. Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 78.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivis. Jakarta: Prestasi Pustaka
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Widayati, Sri. 2019. “Peranan Guru Dalam Pembelajaran Bahasa.” Edukasi Lingua Sastra 17(1): 1–14. doi:10.47637/elsa.v17i1.101.
Copyright (c) 2024 Ilham Permana, Dadan Djuanda, Dety Amelia Karlina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.