Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Minat dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas 5 SD

  • Ilham Permana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dadan Djuanda Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dety Amelia Karlina Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Reciprocal Teaching, Minat, Membaca Pemahaman, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini menerapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia. Kelebihan model pembelajaran Reciprocal Teaching yaitu menekankan daya pikir siswa untuk mengerti materi. Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui efektif atau tidaknya model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap minat dan kemampuan membaca pemahaman siswa, perbedaan penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching dengan model pembelajaran konvensional terhadap proses pembelajaran di kelas, tanggapan dari guru dan peserta didik ketika model pembelajaran Reciprocal Teaching diterapkan terkhusus pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Sedangkan desain dari penelitian ini yaitu non equivalent control group design, diujikan pada dua kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu berupa wawancara, angket minat belajar dan tes kemampuan membaca pemahaman Kemudian, data dari penelitian ini menghasilkan dua hasil yaitu data kuantitatif serta kualitatif. Berdasarkan pada hasil rekapitulasi rata- rata nilai Gain kemampuan membaca pemahaman pada kelas eksperimen didapat hasil yaitu 0,70 dengan klasifikasi tinggi yang artinya model Reciprocal Teaching berpengaruh positif. Kemudian berdasarkan pada rekapitulasi rata-rata nilai Gain angket minat siswa pada kelas eksperimen didapatkan hasil yaitu 0,10 dengan klasifikasi peningkatan rendah artinya meskipun peningkatan rendah di kelas eksperimen, penerapan model Reciprocal Teaching berpengaruh positif untuk meningkatkan minat siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abraham, Irfan, and Yetti Supriyati. 2022. “Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review.” Jurnal Ilmiah Mandala Education 8(3): 2476–82. doi:10.58258/jime.v8i3.3800.

Ahmad, J. (2018). Desain Penelitian Analisis Isi (Content Analysis) (UIN Syarif Hidayatullah). diakses dari https://www.researchgate.net

Agustianti, RifkaPandriadi, Lissiana Nussifera, Wahyudi, L. Angelianawati, Igat Meliana, Effi Alfa ni Sidik, Qomaratun Nurlaila, et al. 2022. Tohar Media Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif.

Amelia, I., & Nindiasari, H. 2022. Efektivitas Pembelajaran Inquiry dengan Strategi Scaffolding untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 27-36.

Arikunto,S. 2018. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Azizah, N. Putri, U. Adjie, N. 2020. “Steam Berbantuan Augmented Reality Untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 5-6 Tahun.” Research in Early Childhood Education and Parenting 1(1). doi:10.17509/recep.v1i1.29395.

Burrowes. 2003. Pendekatan Pembelajaran Konvensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Brooks, Jacqueline Grennon and Brooks, Martin G. (1993). The case for constructivist classrooms. Alexandria, VA: ASCD.

Dalyono, M dan TIM MKDK IKIP Semarang. 1997. Psikologi Pendidikan. Semarang. IKIP Semarang Press.

Dasar Negeri Supat, Sekolah I. 2020. “PERAN PEMBELAJARAN BAHASA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR Harlina 1) Ratu Wardarita 2) 1).” Jurnal Bindo Sastra 4(1): 63–68. http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/bisastra/index.

Debora, K, P. Lubis, A. 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMP.” Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan 2(2): 209–18. doi:10.55606/jurripen.v2i2.1601.

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Djamarah, S.B. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djuanda, D. 2014. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Komunikatif dan Menyenangkan. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Fathurrohman, Muhammad. 2017. Belajar dan Pembelajaran Modern: Konsep Dasar, Inovasi, dan Teori Pembelajaran. Yogyakart: Garudhawaca.

Hake, R, R. 1999. Analyzing Change/Gain Scores.AREA-D American Education Research Association’s Devision.D, Measurement and Reasearch Methodology.

Henry Guntur Tarigan. (1985). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa, 198-200.

Heriwan, D. Taufina. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4(3): 673– 80. doi: 10.31004/basicedu.v4i3.416.

Joyce, Bruce and Weil, Marsha. 1980. Models of Teaching (Second Edition). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall, Inc

Khair, Ummul. 2018. Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.

Lestari, K.E dan Yudhanegara, M.K. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Meltzer. 2002. The Realtionship Between Mathematic Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics. American Journal of Physics. Vol 70, no 7

Muliani, R. D. M. R. D., & Arusman, A. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 133-139.

Nurazizah, A., Hartati, T., & Nuryani, P. 2019. Penerapan Model Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 22-34.

Palincsar, A. & Brown, A. 1984. Reciprocal Teaching of Comprehension Fostering and Comprehension-Monitoring Activities. Cognition and Instruction,1(2)

Poerwadarminta, W. J. S. 1985. General Indonesian Dictionary, reprocessed by the Center for Language Development and Development of the Ministry of Education and Culture. Jakarta: PN Balai Reference.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Cet. VII ( Jakarta: Kalam Mulia, 2008).

Saefuddin, A. Berdiati., I 2014. Pembelajaran Efektif. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Safari. (2003). Indikator Minat Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Samsu Somadayo. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sari, F. F. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V di SDN 23 Dompu. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial, 3(2), 185-193.

Sastra, R. S., Marudut, J., & Akbar, R. 2022. Penggunaan Model Reciprocal Teaching Dalam Upaya Meningkatkan Pembelajaran Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Lawe Alas Tahun Pembelajaran 2021/2022. Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 1(2), 321-333.

Silawati, Endah. 2012. “Stimulasi Guru Pada Pembelajaran Bahasa Anak Usia Dini. Endah Silawati 1.” Cakrawala Dini Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(2): 16.

SK Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi No.008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Pendidikan; Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R & D dan Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA

Sukma, Yolanda C. 2013. “PROBLEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA"

Sukmadinata, N.S. & Syaodih, E. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: PT Refika Aditama.

Sundayana, R. 2016. Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 78.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivis. Jakarta: Prestasi Pustaka

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Widayati, Sri. 2019. “Peranan Guru Dalam Pembelajaran Bahasa.” Edukasi Lingua Sastra 17(1): 1–14. doi:10.47637/elsa.v17i1.101.

Published
31-07-2024
How to Cite
Permana, I., Djuanda, D., & Karlina, D. A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Minat dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 3409-3419. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3873
Section
Articles