Pengembangan Media Kamus Digital berbasis Android untuk Fase B

  • Maudy Putri Alamanda Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dadan Djuanda Universitas Pendidikan Indonesia
  • Prana Dwija Iswara Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Media, Interaktif, Kamus Digital, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Model ADDIE

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik pada Fase B kurang memiliki pemahaman kosakata dan tidak memanfaatkan media pembelajaran digital secara optimal saat proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran digital sangat dibutuhkan untuk menambah rasa antusias dalam belajar dan meningkatkan efektivitas pembelajaran. Peneliti mendesain media kamus digital pada mata pelajaran bahasa Indonesia fase B oleh peserta didik Kelas III dan kelas IV di tiga buah sekolah dasar negeri di Kabupaten Subang, Kota Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan suatu media pembelajaran berbentuk aplikasi kamus digital yang layak digunakan. Metode penelitian yang digunakan ialah metode D&D (design and development) dengan desain alur pengembangan memakai model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Hasil penelitian ini menunjukkan kelayakan media kamus digital “Kosakata Bahasa Indonesia Sesuai Abjad” disingkat SAKABISA yang dikembangkan menjadi aplikasi dengan bantuan web Kodular. Penilaian ahli bahasa dan ahli media menghasilkan skor persentase 97,2% dan 95,8% (kategori sangat layak). Respon guru dan peserta didik menghasilkan skor persentase 95,53% (kategori sangat baik). Penelitian ini membuktikan bahwa guru dan peserta didik menyukai aplikasi digital dalam pembelajaran dan mengembangkan pembelajaran mandiri (self-regulated learning). Temuan ini menguatkan fakta bahwa masyarakat Indonesia tergolong literat dalam teknologi digital

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amdani, Dadan, Hepsi Nindiasari, and Yuyu Yuhana. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik: Studi Literatur.” JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) 6(6):4126–31.

amy.thompson@wearesocial.net. (2024, January 31). Digital 2024: 5 billion social media users. We Are Social UK. https://wearesocial.com/uk/blog/2024/01/digital-2024-5-billion-social-media-users/

Andri Nurcahyono, Novi, and Jaya Dwi Putra. 2022. “Hambatan Guru Matematika Dalam Mengimplementasikan Merdeka Di Sekolah Dasar.” Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan 6(3):377–84.

Arikunto, S. 2013. Manajemen Penelitian . Cetakan Keduabelas. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Branch, Robert Maribe. 2010. Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer US.

Faiz, Aiman, Muhamad Parhan, and Rizki Ananda. 2022. “Paradigma Baru Dalam Kurikulum Prototipe.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 4(1):1544–50. doi: 10.31004/edukatif.v4i1.2410.

Francisca, Francisca, Jovanka Oktavia Venneza Zahra, Sri Hesty Anggraeni, and Ani Nur Aeni. 2022. “Pengembangan E-Book BUDIMAS ‘Buku Digital Agama Islam’ Untuk Pembelajaran PAI Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(3):5268–77. doi: 10.31004/basicedu.v6i3.3043.

Harlina, and Wardarita Ratu. 2020. “PERAN PEMBELAJARAN BAHASA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR.” Jurnal Bindo Sastra 4(1):63–68.

Ibrahim, Mochamad Arsad, Lutfi Yasin Fauzan, Paqih Raihan, Siti Nurhadi Nuriyah, Usep Setiawan, and Yustika Nur Destiyani. 2022. “Jenis, Klasifikasi Dan Karakteristik Media Pembelajaran.” AL-MIRAH: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM 4(2).

Lestari, Heni Suci. 2023. “EFEKTIVITAS BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BERBASIS DIGITAL LIBRARY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS VI SD.” Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan 6(2):94–102.

litbang kemdikbud. 2022. “Salinan Pedoman Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Tentang Capaian Pembelajaran Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Fase A – Fase F SDLB, SMPLB, Dan SMALB.” Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Tentang Capaian Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka, 1–11.

Saparuddin, Saparuddin. 2022. E-Book Pengembangan Bahan Ajar. edited by F. Nur Kartikasari and D. Nurul Hidayat. Serang Banten: PENERBIT PT SADA KURNIA PUSTAKA.

Sari, Maftuhatul Ulumiyah Kumalasari, Suharmono Kasiyun, Syamsul Ghufron, and Sunanto Sunanto. 2021. “Upaya Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Permainan Anagram Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(5):3614–24. doi: 10.31004/basicedu.v5i5.1425.

Septy Nurfadillah. 2021. Media Pembelajaran. Cetakan Pertama. edited by R. Awahita. Sukabumi, Jawa Barat: CV Jejak, anggota IKAPI.

Sugiono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sugiono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi (Mix Method). Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.

Suryani, Nunuk; Achmad Setiawan, Aditin Putria. 2018. Media Pembelajaran Inovatif Dan Pengembangannya. pertama. edited by P. Lathifah. Bandung: PT REMAJA INDONESIA.

Syahid, Aah Ahmad, Asep Herry Hernawan, and Laksmi Dewi. 2022. “Analisis Kompetensi Digital Guru Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(3):4600–4611. doi: 10.31004/basicedu.v6i3.2909.

Tarigan, Henry Guntur. 2021. Pengajaran Kosakata. Edisi Revi. Bandung: CV. Angkasa.

Zahwa, Feriska Achlikul, Imam Syafi’i 2, Fakultas Tarbiyah, Dan Keguruan, Uin Sunan, Ampel Surabaya, and Jawa Timur. 2022. “PEMILIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI.” Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi 19(01):61–78.

Published
04-08-2024
How to Cite
Putri Alamanda, M., Djuanda, D., & Dwija Iswara, P. (2024). Pengembangan Media Kamus Digital berbasis Android untuk Fase B. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 3454-3466. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.4018
Section
Articles