Pengembangan E-Flashcard Berbasis Metode Kata Lembaga sebagai Media Pembelajaran Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar

  • Delia Oktavia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dadan Djuanda Universitas Pendidikan Indonesia
  • Prana Dwija Iswara Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: E-Flashcard, Kata Lembaga, Membaca Permulaan, ADDIE.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media e-flashcard berbasis metode kata lembaga sebagai media pembelajaran membaca permulaan untuk siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan desain R&D dengan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, lembar validasi, serta angket respon. Validasi dilakukan kepada ahli materi dan ahli media. Dari ahli materi diperoleh skor rata-rata sebesar 89,3% yang termasuk kedalam kriteria “sangat valid”. Sementara dari ahli media diperoleh skor rata-rata 94,5% yang termasuk ke dalam kriteria “sangat valid”. Media ini juga mendapatkan respon dari siswa kelas 1 sebagai pengguna, yaitu sebesar 99% yang termasuk ke dalam kriteria “sangat baik”. Media e-flashcard berbasis metode kata lembaga mendapatkan respon positif dari siswa sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan gawai sangat penting pada era sekarang karena siswa-siswa cenderung senang belajar menggunakan gawai. Oleh karena itu, guru harus menyiapkan konten digital (elektronik) dan koneksi internet

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adinda, R., & Nurulaini, S. (2024). Pengaruh Metode Kata Lembaga Terhadapkemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. 2(2), 321–327.

Agnes Devita Maeswaty, Effy Mulyasari, E. R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Menggunakan Aplikasi Canva Pada Materi Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Agnes. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(Agustus), 170–180.

amy.thompson@wearesocial.net. (2024, January 31). Digital 2024: 5 billion social media users. We Are Social UK. https://wearesocial.com/uk/blog/2024/01/digital-2024-5-billion-social-media-users/

Anggy Giri Prawiyogi, Sri Wulan Anggraeni, Andes Safarandes Asmara, Yulistina Nur DS, D. M. (2024). Penggunaan Media Papan Flanel Baca (Panelca) Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 6(1), 5–24. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Cahyanti, N. R., William, N., Nurmalasari, W., & Santosa, A. B. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran E-Flashcard Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 2170–2182. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.6160

Durrotunnisa, & Nur, H. R. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Didaktika, 9(1), 2. https://jurnaldidaktika.org/

Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2020). Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 12. https://doi.org/10.23887/jpk.v4i1.24981

Lestari, Y. D. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 16(1), 73–80. https://doi.org/10.52217/lentera.v16i1.1081

Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Nurul, N., & Suparman, S. (2021). Keefektifan Model Show Not Tell pada Pembelajaran Menulis Berita siswa kelas X SMA Negeri 1 Bua Kabupaten Luwu. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), 1-20.

Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2019). Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah: Ancangan Metode Dia Tampan dalam Membaca Permulaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 446. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.372

Oktaviyanti, I., Amanatulah, D. A., Nurhasanah, N., & Novitasari, S. (2022). Analisis Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5589–5597. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2719

Permana, R. A., Husein, H., & Sahara, S. (2023). Kahoot berbasis Game Based Learning terhadap Hasil Pembelajaran Sekolah Dasar dengan Model Addie. Jurnal Komputer Antartika, 1(4), 209–213. https://ejournal.mediaantartika.id/index.php/jka

Putri, A. K., & Setiadi, H. W. (2022). Pengembangan Media Flash Card Berbantuan Metode Silaba Pada Kemampuan Membaca Siswa. Pelita : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 1(1), 15–19. https://doi.org/10.56393/pelita.v1i1.107

R. Septianingsih,D. Safitri, S. S. (2023). Model Desain Addie Pada Pembelajaran Di Sd Negeri Kedaung Wetan Baru 2. Cendekia Pendidikan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.9644/scp.v1i1.332

Rafika, N., Pgri, U., & Kartikasari, M. M. (2020). Analisis kesulitan membaca permulaan pada siswa sekolah dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2(0), 301–306. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/1580

Rahmi Mudia Alti, Silalahi, D. E., Arifianto, Herman, I. K., Hapsari, E. N. M. S., Jubaidah, W., Kurniawan, & Yunitasari, D. (2022). Media Pembelajaran. PT Global Eksekutif Teknologi.

Ramli, M. (2012). Media Teknlogi Pembelajaran. In IAIN Antasari Press.

Suci Ayu Pratiwi, E. R. (2020). Pengaruh Metode Kata Lembaga Terhadap Peningkatan. 20(1), 21–25.

Sugiyono, prof., D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta R&D. In Alfabeta, CV (Issue April, p. 140).

Sulaiman, R., & Akidah, I. (2021). Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Media Flash Card Pada TPA Masjid Baitul Maqdis. Madaniya, 2(3), 242–252. https://doi.org/10.53696/27214834.84

Suleman, D., Hanafi, Y. R., & Rahmat, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode Scramble Di Kelas II SDN 3 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 713. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.713-726.2021

Tarigan, H. G. (2008). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.

Published
03-07-2024
How to Cite
Oktavia, D., Djuanda, D., & Dwija Iswara, P. (2024). Pengembangan E-Flashcard Berbasis Metode Kata Lembaga sebagai Media Pembelajaran Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 2964-2974. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3941
Section
Articles