Pengembangan E-Flashcard Berbasis Metode Kata Lembaga sebagai Media Pembelajaran Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media e-flashcard berbasis metode kata lembaga sebagai media pembelajaran membaca permulaan untuk siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan desain R&D dengan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, lembar validasi, serta angket respon. Validasi dilakukan kepada ahli materi dan ahli media. Dari ahli materi diperoleh skor rata-rata sebesar 89,3% yang termasuk kedalam kriteria “sangat valid”. Sementara dari ahli media diperoleh skor rata-rata 94,5% yang termasuk ke dalam kriteria “sangat valid”. Media ini juga mendapatkan respon dari siswa kelas 1 sebagai pengguna, yaitu sebesar 99% yang termasuk ke dalam kriteria “sangat baik”. Media e-flashcard berbasis metode kata lembaga mendapatkan respon positif dari siswa sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan gawai sangat penting pada era sekarang karena siswa-siswa cenderung senang belajar menggunakan gawai. Oleh karena itu, guru harus menyiapkan konten digital (elektronik) dan koneksi internet
Downloads
References
Adinda, R., & Nurulaini, S. (2024). Pengaruh Metode Kata Lembaga Terhadapkemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. 2(2), 321–327.
Agnes Devita Maeswaty, Effy Mulyasari, E. R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Menggunakan Aplikasi Canva Pada Materi Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Agnes. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(Agustus), 170–180.
amy.thompson@wearesocial.net. (2024, January 31). Digital 2024: 5 billion social media users. We Are Social UK. https://wearesocial.com/uk/blog/2024/01/digital-2024-5-billion-social-media-users/
Anggy Giri Prawiyogi, Sri Wulan Anggraeni, Andes Safarandes Asmara, Yulistina Nur DS, D. M. (2024). Penggunaan Media Papan Flanel Baca (Panelca) Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 6(1), 5–24. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Cahyanti, N. R., William, N., Nurmalasari, W., & Santosa, A. B. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran E-Flashcard Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 2170–2182. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.6160
Durrotunnisa, & Nur, H. R. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Didaktika, 9(1), 2. https://jurnaldidaktika.org/
Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349
Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2020). Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 12. https://doi.org/10.23887/jpk.v4i1.24981
Lestari, Y. D. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 16(1), 73–80. https://doi.org/10.52217/lentera.v16i1.1081
Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Nurul, N., & Suparman, S. (2021). Keefektifan Model Show Not Tell pada Pembelajaran Menulis Berita siswa kelas X SMA Negeri 1 Bua Kabupaten Luwu. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), 1-20.
Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2019). Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah: Ancangan Metode Dia Tampan dalam Membaca Permulaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 446. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.372
Oktaviyanti, I., Amanatulah, D. A., Nurhasanah, N., & Novitasari, S. (2022). Analisis Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5589–5597. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2719
Permana, R. A., Husein, H., & Sahara, S. (2023). Kahoot berbasis Game Based Learning terhadap Hasil Pembelajaran Sekolah Dasar dengan Model Addie. Jurnal Komputer Antartika, 1(4), 209–213. https://ejournal.mediaantartika.id/index.php/jka
Putri, A. K., & Setiadi, H. W. (2022). Pengembangan Media Flash Card Berbantuan Metode Silaba Pada Kemampuan Membaca Siswa. Pelita : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 1(1), 15–19. https://doi.org/10.56393/pelita.v1i1.107
R. Septianingsih,D. Safitri, S. S. (2023). Model Desain Addie Pada Pembelajaran Di Sd Negeri Kedaung Wetan Baru 2. Cendekia Pendidikan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.9644/scp.v1i1.332
Rafika, N., Pgri, U., & Kartikasari, M. M. (2020). Analisis kesulitan membaca permulaan pada siswa sekolah dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2(0), 301–306. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/1580
Rahmi Mudia Alti, Silalahi, D. E., Arifianto, Herman, I. K., Hapsari, E. N. M. S., Jubaidah, W., Kurniawan, & Yunitasari, D. (2022). Media Pembelajaran. PT Global Eksekutif Teknologi.
Ramli, M. (2012). Media Teknlogi Pembelajaran. In IAIN Antasari Press.
Suci Ayu Pratiwi, E. R. (2020). Pengaruh Metode Kata Lembaga Terhadap Peningkatan. 20(1), 21–25.
Sugiyono, prof., D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta R&D. In Alfabeta, CV (Issue April, p. 140).
Sulaiman, R., & Akidah, I. (2021). Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Media Flash Card Pada TPA Masjid Baitul Maqdis. Madaniya, 2(3), 242–252. https://doi.org/10.53696/27214834.84
Suleman, D., Hanafi, Y. R., & Rahmat, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode Scramble Di Kelas II SDN 3 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 713. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.713-726.2021
Tarigan, H. G. (2008). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.
Copyright (c) 2024 Delia Oktavia, Dadan Djuanda, Prana Dwija Iswara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.