Analisis Makna Pesan Moral dalam Film Pendek Memorabilia Karya Adi Victory dan Relevansinya terhadap Pembelajaran Drama Kelas XI di SMA (Semiotika Roland Berthes)

  • Siti Hasriyati Anies Universitas Puangrimaggalatung
  • Meilyahidayah KN Universitas Puangrimaggalatung
  • Andi Ebe Universitas Puangrimaggalatung
  • Ratnawati Umar Universitas Puangrimaggalatung
Keywords: semiotika, film pendek, drama, relevansi, pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna denotasi, konotasi, dan mitos dalam Film Pendek Memorabilia karya Adi Victory dan relevansinya terhadap drama kelas XI di SMA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari film pendek karya Adi Victory yang berjudul Memorabilia. Data tersebut berupa dialog yang mengandung makna denotasi, konotasi, dan mitos. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi pustaka. Simpulan dari penelitian ini bahwa terdapat makna semiotika Roland Barthes dalam film pendek Memorabilia karya Adi Victory, yang mengandung tiga struktur tanda yaitu, denotasi, konotasi, dan mitos merupakan rangkaian yang tidak dapat terpisahkan. Film pendek Memorabilia mengandung makna pesan moral bahwa kesuksesan tidak hanya diukur dari pencapaian materi, melainkan membangun hubungan yang kuat antarkeluarga, dan saling mendukung dalam perjalanan hidup. Film pendek Memorabilia dapat digunakan sebagai referensi pembelajaran KD 3.1.8 tentang mengidentifikasi alur cerita, babak demi babak, dan konflik dalam drama yang dibaca atau ditonton.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nida, F. L. K. (2014). Persuasi dalam media komunikasi massa. Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 2(2), 77-95.

Nur, S. (2008). Analisis Wacana Pesan Moral Dalam Film Naga Bonar Karya Asrul Sani.

Pranissa, D. Z. Analisis semiotika nilai-nilai pluralitas dalam film Jerussalem (Bachelor’s thesis, UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta: Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi, 2017).

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Suparman, S., & Herdiana, B. (2024). KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI DENGAN MENGGUNKAAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGRI II WALENRANG. Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, dan Sastra, 1(2), 102-108.

Sobur, Alex. (2013). Semiotika Komunikasi Cetakan Kelima. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Umar, M.F. (2022). Karakteristik Tokoh Naskah Drama Mingkir-Mingkir Karya Alin Ambarwati Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA. ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya. 2(2), 221-230.

Published
18-07-2024
How to Cite
Siti Hasriyati Anies, Meilyahidayah KN, Andi Ebe, & Ratnawati Umar. (2024). Analisis Makna Pesan Moral dalam Film Pendek Memorabilia Karya Adi Victory dan Relevansinya terhadap Pembelajaran Drama Kelas XI di SMA (Semiotika Roland Berthes). Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 3301-3311. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3965
Section
Articles