Integrasi Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa pada Fase D

  • Hayyu Annaafi Warida Putri Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Gallant Karunia Assidik Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: Android, Media Pembelajaran, Menyimak, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk “HAYUK BELAJAR” guna meningkatkan keterampilan menyimak siswa dalam memahami materi buku fiksi & buku nonfiksi pada fase D dalam kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development) yang mengacu pada model desain pengembangan ASSURE, yaitu: menganalisis pembelajar, menyatakan objektivitas, memilih metode & media atau materi, memanfaatkan media dan materi, memerlukan partisipasi pembelajar, dan juga  mengevaluasi dan merevisi . Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar validasi ahli materi, lembar validasi media pembelajaran, dan lembar validasi bahasa. Keberhasilan pengembangan media ini ditinjau dari segi validitas, efektivitas, praktis, dan respon siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media “HAYUK BELAJAR” berbasis Android layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa dalam materi buku fiksi & buku nonfiksi. Evaluasi dari ahli material diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 78,3% dengan kategori “tinggi”. Ahli media memperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 97% dengan kategori “tinggi”. Ahli bahasa memperoleh rata-rata sebesar 93% dengan kategori “sangat tinggi”. Respon siswa terhadap media ini juga positif dengan rata-rata 89% kategori “sangat tinggi”. Siswa merasa sangat terbantu dalam kegiatan menyimak materi buku fiksi & buku nonfiksi setelah menggunakan aplikasi ini karena kemudahan penggunaannya. Peningkatan rata-rata kemampuan kognitif siswa dalam menyimak pada sekolah X mengalami peningkatan nilai antara 3-25%. Sedangkan pada sekolah Y kenaikan nilainya mencapai 3-88%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, N. H., Fernandes, A. L., & Hermansyah, H. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada mata kuliah fisika dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1).

Arisyanto, P., Prasetyo, S. A., Untari, M. F. A., & Sundari, R. S. (2021). Pengembangan media pembelajaran tembang macapat berbasis android bagi mahasiswa PGSD UPGRIS. Jurnal Basicedu, 5(3), 1584-1592.

Assidik, G. K. (2018). Pemanfaatan media sosial sebagai alternatif media pembelajaran berbasis literasi digital yang interaktif dan kekinian. In Seminar Nasional SAGA Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 1, No. 1, pp. 242-246).

Budiman, I. A., Haryanti, Y. D., & Azzahrah, A. (2021, September). Pentingnya Media Aplikasi Android Menggunakan Ispring Suite 9 Pada Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 3, pp. 144-150).

Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational Research: An Introduction. Longman Inc.

Cahyaningsih, E., & Karunia Assidik, G. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Materi Teks Berita. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.23917/bppp.v3i1.19385

Dick, W., & Carey, L. (1996). The Systematic Design of Instruction (4th Ed.). NewYork: Harper Collins College Publishers.

Fitriya, F. F., & Faizah, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android pada Materi Trigonometri. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(2), 104-114.

Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104-1113.

Hidayati, A., & Astuti, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Kata Bergambar Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2), 153-164.

Hulwani, A. Z., Pujiastuti, H., & Rafianti, I. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif android matematika dengan pendekatan stem pada materi trigonometri. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2255-2269.

Karim, A., & Savitri, D. (2020). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android di kelas 4 sekolah dasar. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(2), 63-75.

Lukman, I., & Ulfa, A. (2020). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Kimia Siswa SMA Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 157-164.

Mahuda, I., Meilisa, R., & Nasrullah, A. (2021). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android berbantuan smart apps creator dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1745-1756.

Myori, D. E., Chaniago, K., Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan kompetensi guru dalam penguasaan teknologi informasi dan komunikasi melalui pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis android. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(2), 102-109.

Panjaitan, R. G. P., Titin, T., & Putri, N. N. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Game Edukasi sebagai Media Pembelajaran Materi Sistem Pernapasan di Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 141–151. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.16062

Prihatin, Y. (2017). Problematika keterampilan menyimak dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Sastranesia, 5(3), 45-52.

Putra, E. A., Sudiana, R., & Pamungkas, A. S. (2020). Pengembangan Smartphone Learning Management System (S-LMS) sebagai media pembelajaran matematika di SMA. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 36-45.

Rahayu, R., Mustaji, M., & Bachri, B. S. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android dalam Meningkatkan Keaksaraan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3399–3409. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2409

Ratnaningsih, N., Nuradriani, M., & Nurazizah, I. S. (2021). Pengembangan media pembelajaran pada materi transformasi dengan berbantuan i-spring dengan pendekatan etnomatematika berbasis android. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(02), 32-42.

Rizarizki, J. M., Khairinal, K., & Syuhada, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Di Man 1 Kerinci. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 967-978.

Robianto, A., Wahono, & Marsono. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Aplikasi Android untuk Mata Kuliah Ilmu Bahan Teknik pada Prodi D3 Teknik Mesin Universitas Negeri Malang. Jurnal Teknik Mesin Dan Pembelajaran, 2(2), 124–133. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php /jtmp

Smaldino, L. d. (2011). I. (n.d.). Instructional Technology & Media Learning. Kencana Prenada Media Group.

Wafa, A. K. A., & Fahmi, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi bangun ruang sisi datar. In UrbanGreen Conference Proceeding Library (pp. 11-17).

Yallah, S. O. R., & Huda, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Smart App Creator3 Berbasis Android pada Mata Pelajaran Kerja Bengkel dan Gambar Teknik di SMK N 1 Sumatera Barat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1244-1255.

Published
14-05-2024
How to Cite
Hayyu Annaafi Warida Putri, & Gallant Karunia Assidik. (2024). Integrasi Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa pada Fase D. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(2), 2173-2189. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3714
Section
Articles