Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Berbasis Pembelajaran Multimodal di Sekolah Menengah Pertama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa SMP PGRI 13 Gondangrejo setelah penerapan pembelajaran multimodal pada keterampilan menulis cerpen. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas 7 SMP PGRI 13 Gondangrejo. Objek penelitian ini yaitu proses pembelajaran menulis cerpen (cerita pendek) dan keterampilan menulis cerpen (cerita pendek) pada siswa SMP PGRI 13 Gondangrejo dengan menggunakan pembelajaran multimodal. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui adanya dampak pembelajaran multimodal dalam menulis cerpen siswa, yaitu meningkatnya keterampilan menulis cerpen siswa setelah diterapkannya pembelajaran multimodal. Penilaian dalam keterampilan menulis cerpen berbasis pembelajaran multimodal terdiri atas penilaian tema, alur, pemilihan diksi, gaya penceritaan, keterpaduan antar kalimat, dan penggunaan tanda baca. Pada prasiklus nilai rata-rata menulis cerpen siswa sebesar 60, kemudian pada siklus I nilai rata-rata menulis cerpen siswa sebasar 74, pada nilai prasiklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 14. Akan tetapi nilai siklus I belum memenuhi KKM, yaitu 75 sehingga dilakukannya siklus II yang nilai rata-rata menulis cerpen siswa sebesar 84,35, pada nilai siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 10,35. Nilai pada siklus II sudah memenuhi KKM yang ditentukan. Peningkatan paling singnifikan terjadi pada aspek alur dari siklus I ke siklus II, yaitu sebesar 16,28%.
Downloads
References
Abidin, Y. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multimodal Terhadap Kemampuan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 103-116. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1920
Ahsin, M. N. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Menggunakan Media Audiovisual dan Metode Quantum Learning. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2). https://doi.org/10.24176/re.v6i2.607
Al Qorin, A. S., Mashito, D. M., & Jannah, N. A. S. (2019). Kajian Struktural Cerpen “al ‘Aashifah” karya Kahlil gibran. In International Conference of Students on Arabic Language (Vol. 3, pp. 296-309).
Assidik, G. K. (2018). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Berbasis Literasi Digital yang Interaktif dan Kekinian. In Seminar Nasional SAGA# 4 (Sastra, Pedagogik, dan Bahasa) (Vol. 1, No. 1, pp. 242-246).
Dewi, N. A., Yuniasari, T., Darmawangsa, D., & Sunendar, D. (2023). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Multimodal untuk Keterampilan Membaca Pemahaman Bahasa Asing: Sebuah Tinjauan Pustaka. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 8(2), 620-636. http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v8i2.5557
Emerson, A., Cloude, E. B., Azevedo, R., & Lester, J. (2020). Multimodal Learning Analytics For Game‐Based Learning. British Journal of Educational Technology, 51(5), 1505-1526. https://doi.org/10.1111/bjet.12992
Faishol, R., Mashuri, I., Ramiati, E., Warsah, I., & Laili, H. N. (2021). Pendampingan Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Multimodal Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Manhaj: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 10(1), 59-70.
Fatihani, N., Iswandi, I., & Humaeroh, I. (2024). Penggunaan Ice Breaking dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pelajaran Tematik Kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 8(2), 1055-1067. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7242
Goffar, A., Wuryantoro, A., & Ricahyono, S. (2022). Analisis Struktur Alur dalam Cerpen di Atas Sajadah Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy. Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner, 1(1), 36-41.
Kesuma, I. G. N., Simpen, I. W., & Satyawati, M. S. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Berbahasa Bali Melalui Media Pembelajaran Film Pendek. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 8(1), 52-59. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v8i1.21354
Paida, A. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Tanggapan Siswa Kelas VII Berbasis Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 4(3), 1320-1325. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.375
Prakoso, A. R., Seriardana, P., & Adnyani, L. D. S. (2021). Implementasi Genre Based Approach untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Explanation Text. Indonesian Gender and Society Journal, 2(1), 1-9. https://doi.org/10.23887/igsj.v2i1.39206
Puspitasari, A. C. D. D. (2017). Hubungan kemampuan berpikir kreatif dengan kemampuan menulis cerpen (studi korelasional pada siswa SMA Negeri 39 Jakarta). SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3). http://dx.doi.org/10.30998/sap.v1i3.1180
Ramadhayanti, L., Canrhas, A., & Agustina, E. (2021). Gaya Penceritaan Andrea Hirata dalam Novel Ayah. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(1), 52-58. https://doi.org/10.33369/jik.v5i1.12860
Sanjaya, Wina. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Timur: Prenada Media.
Setyowati, E. (2021). Bahan Ajar Menulis Esay dengan Media Herbarium Berbasis Kearifan Lokal (Studi Pengembangan pada Kurikulum Merdeka Belajar). Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 121-127. https://doi.org/10.21093/twt.v8i3.3470
Umar, U. (2022). Improving Students’ability in Writing Recount Text Through Multimodal Learning Management. JOURNAL OF LANGUAGE, 4(2), 204-210. https://doi.org/10.30743/jol.v4i2.6130
Winahei, N. Y., Halidjah, S., & Kresnadi, H. (2020). Analisis Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 29 Pontianak Kota. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(9), 1637-1645. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v11i9.58187
Yunita, D. A., Sugono, D., & Suendarti, M. (2021). Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dan Kosakata dalam Penulisan Karangan Deskripsi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(02), 121-129. http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v3i02.7494
Copyright (c) 2024 Lanjar Widyaningsih, Gallant Karunia Assidik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.