Representasi Makna Semantik pada Iklan Minuman di Media Sosial

  • Nindya Puspita Dewanti Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Gallant Karunia Assidik Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: denotative meaning, connotative meaning, language style, drink advertising.

Abstract

Representasi makna dapat menggunakan ilmu semantik yang memiliki objek kajian
berupa makna-makna dari tanda-tanda bahasa. Penelitian ini berfokus pada makna
denotatif, makna konotatif dan gaya bahasa sebagai objek kajian berupa kombinasi
yang efektif antara elemen ujaran yang mampu mempelajari makna kata dan gaya
bahasa untuk menyampaikan pesan secara efektif. Tujuan penelitian ini untuk
mendeskripsikan dan representasikan makna kata berdasarkan ada tidaknya nilai
kata pada makna denotatif dan konotatif, serta gaya bahasa berdasarkan langsung
tidaknya sebuah makna yang meliputi metafora, sinekdoke, personifikasi, dan
hiperbolan yang ada pada audio visual iklan minuman di media sosial. Data dan
subjek dalam penelitian ini menggambil berupa ujaran pada video iklan minuman
yang memanfaatkan aplikasi Instagram dan Youtube. Metode penelitian
menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pilah, simak, baca, dan
catat. Metode analisis data menggunakan metode agih dan padan. Hasil penelitian
ini mengideskripsikan adanya sebelas data makna denotatif, sebelas data makna
konotatif, dan empat data gaya bahasa yang mempunyai istilah kata serta nilai
makna. Kesimpulannya bahwa makna denotatif, makna konotatif, dan gaya bahasa
dalam iklan minuman yang beredar di media sosial dapat memberikan pengaruh
yang signifikan terhadap persepsi dan interpretasi khalayak terhadap produk atau
merek tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, C., Risnawati, R., Yusron, A., Komunikasi, P. I., & Cirebon, U. M. (2023). ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PESAN MORAL DALAM ISLAM PADA IKLAN AQUA : “ SAMBUT KEBAIKAN RAMADHAN BERSAMA AQUA ” DI INSTAGRAM PADA TAHUN 2021. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 2(1), 30–44.

Assidik, G. K. (2018). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Yang Interaktif Dan Kekinian. Prosiding SAGA, Volume 1, 242–246. www.seputarriau.co,

Bromanggara, R. (2016). WACANA KAMPANYE DALAM KAJIAN SEMANTIS Rian Bromanggara, Aripudin, Larlen * FKIP Universitas Jambi. Pena, 6(1), 35–51.

Ekasiswanto, R. (2022). REPRESENTASI KECINTAAN TERHADAP PRODUK LOKAL DALAM IKLAN TOP COFFEE (KAJIAN STILISTIKA) (The Representation of Love of Local Products in Top Coffee Advertisement: A Stylistic Study). Kandai, 18(1), 92. https://doi.org/10.26499/jk.v18i1.2927

Handayani, L. T., & Indah, R. N. (2022). Denotation and Connotation in Beauty Advertisement: Implication for the teaching of Semantics. Wanastra : Jurnal Bahasa Dan Sastra, 14(1), 50–56. https://doi.org/10.31294/wanastra.v14i1.11531

Kurniawan, E. P., & Irwansyah, I. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Pada Media Sosial Melalui Iklan Instagram. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(2), 294–307. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.247

Lukman Hakim, & Oktavia Monalisa. (2022). Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Iklan Pocari Sweat Versi Ramadhan 1442 H. Mediakita, 6(2), 133–146. https://doi.org/10.30762/mediakita.v6i2.451

Madani, A., Ambarwati, J., & Airlangga, U. (2023). Subkultur Anak Muda Dalam Iklan Kopi Di Indonesia : Kajian Semiotika Roland Barthes. SEMIOTIKA, 24(2021), 212–227.

Mus, M., & Suparman, S. (2018). Analisis Feminisme Radikal Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 3(1).

Mukrimaa, S. S., Nurdyansyah, Fahyuni, E. F., YULIA CITRA, A., Schulz, N. D., غسان, د., Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2016). Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial dalam Lembaga Pemerintahan. In Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 6, Issue August).

Muzaiyanah. (2015). Jenis Makna Dan Perubahan Makna. Wardah, 25, 145–152.

Nafinuddin, S. (2020). Pengantar semantik (pengertian, hakikat, jenis). Pengantar Sematik, 1–21. https://doi.org/10.31219/osf.io/b8ws3

Nirmala, V. (2020). Gaya Bahasa dalam Iklan Komersial di Televisi. Bidar, 10(2), 1–12.

Putri, F. M., Studi, P., Komunikasi, I., Sebelas, U., & Surakarta, M. (2021). Representasi Komitmen Hidup Sehat Dalam Iklan Tropicana Slim melalui Web Series “Janji” ( Semiotika Representasi Komitmen Hidup Sehat dalam Iklan Tropicana Slim melalui Web Series “Janji”). Jurnal Kommas, 1(1), 1–14. https://www.jurnalkommas.com/docs/Jurnal D0215045.pdf

Rahmah, H., & Martutik. (2020). Persuasi dalam Iklan Produk di Televisi. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya Volume, 4(2), 309–320.

Rosita, F. Y., & Syamsiyah, N. (2020). Gaya Bahasa Dalam Kumpulan Puisi Dear You Karya Moammar Emka. Diglosia - Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(1), 1–13. http://diglosiaunmul.com/index.php/diglosia/article/view/

Salam, W. A., & Ridwan, A. (2021). Makna Denotatif dan Konotatif pada Iklan Bmw Berbahasa Jerman. E-Journal Identatet, 10(2), 247–258.

Supadi. (2020). Perkembangan Makna sebagai Ajang Semantik. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, 76–83.

Susanto, R., & Ridwan, A. (2023). Makna Denotatif dan Konotatif kata “Taxi” pada Iklan FREE NOW! E-Journal Identitaet, 12(1), 11.

Ulwiyah, I. (2019). Pengaruh Story-Reading (Buku Bilingual) terhadap Perkembangan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini. Journal of Elementary School (JOES), 2(2), 40–49. https://doi.org/10.31539/joes.v2i2.949

Windayanto, R. N. A. (2021). Komparasi Muatan Gaya Bahasa dalam Iklan Minuman Kemasan Siap Minum: Kajian Stilistika. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 9(3), 230. https://doi.org/10.24036/jbs.v9i3.112901

Yasa, K. A. M. (2023). The Analysis Using Semiotic Theory on Teh Pucuk Harum Advertisement. Linguistic, English Education and Art (LEEA) Journal, 6(2), 290–298. https://doi.org/10.31539/leea.v6i2.5603

Published
04-01-2024
How to Cite
Nindya Puspita Dewanti, & Gallant Karunia Assidik. (2024). Representasi Makna Semantik pada Iklan Minuman di Media Sosial . Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 294-305. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3215
Section
Articles