Analisiss Wacana Kritis Model Teun A. Van Djik pada Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam Rangka Hari Pendidikan Nasional 2020

  • Swara Gema Ramadhan Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Gallant Karunia Assidik Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: Keywords/Kata Kunci: Mendikbud, Pidato, Van Djik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberi penjelasan dalam teks yang dikaji oleh seseorang atau kelompok yang memiliki tujuan untuk mengungkap kepentingan dari pihak tertentu. Metode yang digunaka pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan analisis wacana krisis oleh Teun A. Van Djik. Analisis wacana kristis model Van Djik terbagi atas tiga dimensi yaitu dimensi teks, dimensi kognisi sosial, dan dimensi konteks sosial. Hasil dari penelitian menunjukkan Dimensi teks pada analisis wacana kritis model Teun A. Van djik terbagi atas Struktur makro, super struktur, dan struktur micro. Setiap struktur wacana terdapat beberapa elemen yang ditemukan pada wacana pidato Mendikbud. Struktur makro ditemukan elemen topik/tema yang terdapat pada pidato Mendikbud. Super struktur ditemukan elemen skema berupa rangkaian pendapat yang disusun dan dirangkai, seperti pendahuluan, isi, dan penutup. Struktur micro terbagi atas semantik, sintaksis, stilistik, dan retoris. Elemen semantik terdapat unsur latar dan detil, sintaksis terdapat unsur bentuk kalimat, koherensi, dan kata ganti. Elemen stilistik terdapat unsur leksikon atau pemilihan kata, sedangkan elemen retoris hanya ditemukan unsur ekspresi. Kognisi sosial dipengaruhi oleh tiga elemen yaitu pengetahuan, opini dan sikap, dan yang terakhir adalah ideologi. Dimensi konteks sosial ditemukan pengaruh wacana pidato Mendikbud di masyarakat yang dikuatkan oleh kutipan berita dari surat kabar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andi Tamrin. 2019. Analisis Wacana Kritis Teun A. Van Djik Terhadap Pidato Gubernur Anies Baswedan Tentang Ungkapan Kata “Pribumi”. Al-Munzir. Vol. 12(2). Hal. 301-320

Endang Sumarti. 2010. “Analisis Wacana Kritis Strategi Politik Penggunaan Bahasa dalam Pidato Presiden Susilo Bambang Yudhoyono”. LITERA. Vol. 9(1). Hal. 19-39.

Gallant Karunia Assidik, Firstya Evi Dianastiti. 2016. “Analisis Wacana Pidato Presiden Joko Widodo pada Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2015”. Hal. 767-773.

Hari Bakti Merdikantoro, dkk. 2017 .“Korupsi dalam Konstruksi Media : Analisis Tekstual Pemberitaan Korupsi di Televisi Swasta Nasional Indonesia dalam Perspektif Analisis Wacana Kritis Van Dijk”.

Koko Krisnando. 2018. Makna Lirik Lagu “Si Pelanggan” Karya Silampukau (Kajian Analisis Wacana Model Teun Van Djik).

Muhammad Syawaludin. 2019. “Analisis Wacana Kritis dalam Kumpulan Pidato Presiden Republik Indoensia Ke-7 Ir. Joko Widodo”. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia.Vol. 9(1). Hal. 1-13.

Muh Fadhli Al Kamal. 2017. Pluralisme Agama dalam Film “Bajrangi Bhaijaan” (Studi Analisis Waacana Teun A. Van Djik). Hal 1-122.

Najwa “Balada Perda” di Metro Tv. JURNAL E-KOMUNIKASI. Vol. 2(2). Hal. 1-12.

Ni Putu Dewi Eka Yanti, dkk. 2019 .“Analisis Wacana Kritis Teun A. Van Dijk pada Teks Pidato Klaim Kemenangan Pilpres 2019”. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran. Volume 3(3) . Hal. 356-362.

Ogi Noor Hardinsyah. 2013. “Pemikiran Wiji Thukul tentang Orde Baru (Analisis Wacana Kritis Teun A. Van Dijk Mengenai Pemikiran Wiji Thukul Tentang Orde Baru Pada Puisi “Peringatan”)”.

Riri Amanda Fitriana, dkk. 2019. “Analisis Wacana Kritis Berita Online Kasus Penipuan Travel Umrah (Model Teun A. Van Dijk)”.

Sarjono Syarif. 2019.Analisis Teks Pidato Kenegaraan Presiden R.I Joko Widodo Tinjauan Analisis Wacana Kritis Model Teun A. Van Djik. Tesis. Hal. 1-252

Tia Agnes Astuti. 2011. Analisis wacan Van Djik Terhadap Berita “Sebuah Kegilaan Di Simpang Kraft” Di Majalah Pantau. Hal. 1-135.

Wirayudha Pramana Bhakti,d dkk. 2019. “Analisis Wacana Teun A. Van Dijk terhadap Pesan Komunikasi Dakwah Habib Luthfi Bin Yahya Tentang Bela Negara”. Jurnal Ilmu Dakwah. Volume 39(1). Hal. 15-31

Yalischa Ferlien, Nouval Rumaf. 2020. “Analisis Pidato Prabowo Subianto dalam Prespektif Analsis Wacana Kritis”. Jurnal Frasa: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Vol. 1(2). Hal. 100-120

Published
08-05-2022
How to Cite
Swara Gema Ramadhan, & Gallant Karunia Assidik. (2022). Analisiss Wacana Kritis Model Teun A. Van Djik pada Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam Rangka Hari Pendidikan Nasional 2020. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(1), 22-39. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i1.1507
Section
Articles