Membangun Fondasi Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif bagi Penutur Asing: Studi Kasus Konten Youtube “Nihongo Mantappu”

  • Zahra Lintang Nuur'ainii Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Suparmin
  • Wahyu Dini Septiari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam terkait efektivitas pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing melalui studi kasus konten youtube "Nihongo Mantappu". Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan dengan menggabungkan analisis konten youtube dan studi literatur untuk memahami strategi pembelajaran yang digunakan, materi yang disampaikan serta pola penyajian konten yang menarik dalam konteks pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing. Sumber data dibatasi pada konten yang tersedia di kanal youtube "Nihongo Mantappu" yang berkaitan dengan pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing. Data yang digunakan terdiri dari 5 konten video yang khusus mengenai pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing di kanal "Nihongo Mantappu". Dari konten-konten tersebut, setiap konten ditemukan beberapa data berupa kosakata serta tuturan yang digunakan untuk mengajarkan bahasa Indonesia kepada penutur asing. Hasil yang ditemukan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia yang diterapkan pada konten youtube Nihongo Mantappu menggunakan pendekatan yang kreatif dan interaktif sehingga dapat dijadikan sebagai fondasi untuk membangun pembelajaran bahasa Indonesia yang efektif bagi penutur asing.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
22-04-2024
How to Cite
Zahra Lintang Nuur’ainii, Suparmin, & Wahyu Dini Septiari. (2024). Membangun Fondasi Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif bagi Penutur Asing: Studi Kasus Konten Youtube “Nihongo Mantappu” . Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(2), 1722-1734. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3560
Section
Articles