Analisis Appraisal Laporan Mahasiswa Program Kampus Mengajar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk laporan mahasiswa program kampus mangajar dengan analisis apraisal dalam perspektif atittide (prilaku) pada aspek: afek-perasaan, penghakiman-karakter, dan apresiasi-nilai. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca, catat, dan dokumentasi pada Tujuh (7) laporan. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan sejumlah dua puluh (22) bentuk perasaan afek yang terdiri dari tujuh belas (17) afek postif, lima (5) afek negatif. Data pada kutipan yang mengungkap afek pada konteks afek positif yaitu: Alhamdulillah baik dan ada kemajuan sedikit demi sedikit. Kutipan di atas termasuk ungkapan afek positif dan dapat dinilai bahwa ungkapan tersebut adalah ungkapan perasaan baik, senang karena Ketika ada ungkapan yang baik maka ada perasaan senang,. Itulah yang membawa peran positif untuk meningkatkan kebahagiaan diri. Hal ini merupakan ranah pada afek positif afek Positif sedangkan afek negatif diniali dari ungkapan perasaan ragu-ragu, sedih karena ketika ada ungkapan yang belum terlaksana dan ada perasaan rasa sedih. Itulah yang membawa peran negatif.
Downloads
References
Chaer, Abdul. (1994). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Charmilasari. 2018 : Kajian Linguistik Sistemik Fungsional. Jurnal Onoma, vol. 4, no. 2, hlm. 138 – 156.
CNN Indonesia. (2020). Kampus Merdeka ala Mas Nadiem Makarim di Era Revolusi Industri 4.0
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka.
Gie, The Liang. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: Balai Pustaka
Eggins, Suzanne. (2004). An Introduction to Systemic Functional linguistics. London: Continuum International Publishing Group
Iskardarwassid, dan H. Dadang Sunendar. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Jakarta: Erlangga.
Kosasih, E. (2014). Jenis-Jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.
Keraf, G. (1994). Komposisi. Jakarta: Nusa Indah.
Keraf, G. (2007). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kenfitria Diah Wijayanti. (2020) Analisis Appraisal Teks Editorial Pangudarasa dalam Majalah Panjebar Semangat. Surakarta: Prasasti: Jurnal Of Linguistic
Khaofia, S. 2018. Modalitas Sebagai Realisasi Makna Interpersonal Pada Talkshow Mata Najwa on Stage 'Semua Karena Ahok'. PRASASTI: Journal of Linguistics. 3 (2), 222-234. https://doi.org/1 0.20961/prasasti.v3i2.12490
Kemendikbud. 2014. Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Moleong, Lexy J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mia Simanjorang* , Soraya Tsamara Zahra, T.Silvana (Sinar Apraisal dan Interpersonal dalam Teks Dongeng dari Kalimantan Selatan ), Talenta Publisher
Nazhira, R. (2016). Appraisal Sikap dalam Teks Berita Surat Kabar Nasional. Universitas Sumatera Utara :Jurnal Tutur
Pusparini, Ayu. (2017). (Analisis Sistem Appraisal Berita Proses Eksekusi Duo Bali Nine (Pendekatan Linguistik Sistemik Fungsional). Paramasastra. 4(2). 193-209.
Putri, D. M. (2019). Evaluasi Sikap Bahasa Calon Presiden pada Wacana Debat Capres 2019: Analisis Appraisal. SEMANTIKS. 565–571.
Suparno dan Muhammad Yunus. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Univesitas Terbuka.
Panggabean, Sarma, & Febrika D. Lestari. (2017). Implementasi Apraisal dalam Evaluasi Bahasa: Sebuah Ancangan Wacana Forensik. Melanesia, 2 (1), 81- 90.
Wiratno, T. (2018). Pengantar Ringkas Linguistik Sistemik Fungsional. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Yunus, R. N. (2018). Sistem Aprasial Pada Teks Iklan Layanan Masyarakat di Kota Tebing Tinggi. Jurnal Manajemen Tools, 9(4), 1
Sinar, Tengku Silvana.(2012) Teori dan Analisis Wacana: Pendekatan Linguistik Sistemik Fungsional. Medan: CV. Mitra Medan
Ziyaul Haq1 , FX. Rahyon , Untung Yuwono (2021) Jejaring Graduasi pada Teks Evaluatif di media social Facebook. Depok: Deiksis
Copyright (c) 2024 Muhammad Rifai Taha, Mahmudah Mahmudah, Nensilianti Nensilianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.