Perbandingan Kompetensi Literasi Membaca antara Siswa Kelas VIII SMPN 1 Takalar dengan SMPN 1 Sanrobone
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dua hal pokok, yaitu: (1) mengungkap kompetensi membaca siswa SMPN 1 Takalar dalam menemukan informasi (2) mengungkap kompetensi membaca siswa SMPN 1 Sanrobone dalam memahami informasi. Dan membuktikan adanya perbedaan kompetensi membaca antara siswa SMPN 1 Takalar dengan siswa SMPN 1 Sanrobone dalam mengevaluasi dan merefleksikan informasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Penelitian ini merupakan metode penelitian yang mengukur kompetensi literasi membaca siswa kemudian mendeskripsikan atau memberikan gambaran terhadap kompetensi literasi membaca siswa melalui skor dari sampel yang telah terkumpul sebagimana adanya atau sesuai dengan fakta. Data dalam penelitian ini berupa angka dari hasil pekerjaan siswa yang diolah untuk mengukur kompetensi literasi membaca siswa kelas VIII SMPN 1 Takalar dan siswa SMPN 1 Sanrobone melalui tes berbasis PISA. Populasi penelitian ini yakni seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri Sanrobone Kabupaten Takalar. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes. Teknik tes ini dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu (1) memberikan informasi petunjuk pelakasanaan teks, cara pengisian, dan durasi waktu yang diberikan; (2) meminta siswa mengisi data diri pada lembar soal; (3) memberikan kesempatan kepada siswa untuk menawab soal-soal yang diberikan. Durasi waktu penyelesaian tes tersebut selama dua jam pelajaran atau selama 50 menit. Kurun waktu tersebut digunakan untuk menjawab 20 nomor soal. Pengumpulan data dilakukan pada hari yang berbeda pada setiap sekolah dengan total dua hari karena terdapat dua sekolah.
Downloads
References
Aditomo, Anindito. (2018). Ketimpangan Mutu dan Akses Pendidikan di Indonesia. Kilas Pendidikan, Edisi 17.
Alberta. (2009). Special Education Branch. Guidelines for Practice: Comprehensive Guidance & Counselling Programs and Services a Program Development and Validation Checklist. Canada: Alberta Education.
Fazzilah & dkk. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA
Konten Uncertainty and Data, dalam Jurnal Pendidikan Matematika.
Harsiati, Titik. (2018). Karakteristik Soal Literasi Membaca pada Program PISA. LITERA, 17(1): 90–106.
Ibrahim, G.A. (2017). Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kemendikbud.
Katoningsih, Sri. (2019). Pengembangan Model Manajemen Pelatihan Literasi Membaca Berorientasi PISA berbasis Mobile Learning untuk Guru Bahasa Inggris di Kota Semarang. Disertasi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Limbong, J. L., & Suparman, S. (2018). Kemampuan menentukan unsur intrinsik cerpen melalui model pembelajaran inkuiri siswa kelas VIII Smp Negeri 10 Kota Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 2(1).
Krismanto, W., Halik, A., & Sayidiman, S. (2015). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 46 Parepare. Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan, 5(3):234-242.
Parrila, R. K., dan H. Stack-Cutler. (2011). Literacy and Reading Behavior. Encyclopedia of Adolescence, 1: 203–11.
Rendiyawati, Rindi. (2021). Komparasi Pendidikan Desa dan Kota pada Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5 (1): 1503-1520.
Sugiharto, Bowo, dkk. (2020). Perbedaan Kesadaran Metakognisi Siswa SMA di Desa dan di Kota. Indonesian Journal of Science Education, 8(1):79-91.
Suprayitno, Totok. (2019). Pendidikan di Indonesia Belajar dari Hasil PISA 2018. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendikbud.
Taghieh, M.R., Tadayon, Z., dan Taghieh, R. (2019). Comparison of cognitive and metacognitive strategies in the academic achievement of urban and rural students of eghlid. International Journal of Educational Research and Innovation, 12:282–293.
Vito, Benediktus, dkk. (2015). Kesenjangan Pendidikan Desa dan Kota. Prosiding, 2(2):147-300
Copyright (c) 2024 Johar Amir, Mahmudah Mahmudah, Rizki Herdiani, Bakri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.