Perbandingan Kompetensi Literasi Membaca antara Siswa Kelas VIII SMPN 1 Takalar dengan SMPN 1 Sanrobone

  • Johar Amir Universitas Negeri Makassar
  • Mahmudah Mahmudah Universitas Negeri Makassar
  • Rizki Herdiani Universitas Negeri Makassar
  • Bakri Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: kompetensi literasi membaca, kompetensi membaca

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dua hal pokok, yaitu: (1) mengungkap kompetensi membaca siswa SMPN 1 Takalar dalam menemukan informasi (2) mengungkap kompetensi membaca siswa SMPN 1 Sanrobone dalam memahami informasi. Dan membuktikan adanya perbedaan kompetensi membaca antara siswa SMPN 1 Takalar dengan siswa SMPN 1 Sanrobone dalam mengevaluasi dan merefleksikan informasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Penelitian ini merupakan metode penelitian yang mengukur kompetensi literasi membaca siswa kemudian mendeskripsikan atau memberikan gambaran terhadap kompetensi literasi membaca siswa melalui skor dari sampel yang telah terkumpul sebagimana adanya atau sesuai dengan fakta. Data dalam penelitian ini berupa angka dari hasil pekerjaan siswa yang diolah untuk mengukur kompetensi literasi membaca siswa kelas VIII SMPN 1 Takalar dan siswa SMPN 1 Sanrobone melalui tes berbasis PISA. Populasi penelitian ini yakni seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri Sanrobone Kabupaten Takalar. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes. Teknik tes ini dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu (1) memberikan informasi petunjuk pelakasanaan teks, cara pengisian, dan durasi waktu yang diberikan; (2) meminta siswa mengisi data diri pada lembar soal; (3) memberikan kesempatan kepada siswa untuk menawab soal-soal yang diberikan. Durasi waktu penyelesaian tes tersebut selama dua jam pelajaran atau selama 50 menit. Kurun waktu tersebut digunakan untuk menjawab 20 nomor soal. Pengumpulan data dilakukan pada hari yang berbeda pada setiap sekolah dengan total dua hari karena terdapat dua sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditomo, Anindito. (2018). Ketimpangan Mutu dan Akses Pendidikan di Indonesia. Kilas Pendidikan, Edisi 17.

Alberta. (2009). Special Education Branch. Guidelines for Practice: Comprehensive Guidance & Counselling Programs and Services a Program Development and Validation Checklist. Canada: Alberta Education.

Fazzilah & dkk. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA

Konten Uncertainty and Data, dalam Jurnal Pendidikan Matematika.

Harsiati, Titik. (2018). Karakteristik Soal Literasi Membaca pada Program PISA. LITERA, 17(1): 90–106.

Ibrahim, G.A. (2017). Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kemendikbud.

Katoningsih, Sri. (2019). Pengembangan Model Manajemen Pelatihan Literasi Membaca Berorientasi PISA berbasis Mobile Learning untuk Guru Bahasa Inggris di Kota Semarang. Disertasi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Limbong, J. L., & Suparman, S. (2018). Kemampuan menentukan unsur intrinsik cerpen melalui model pembelajaran inkuiri siswa kelas VIII Smp Negeri 10 Kota Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 2(1).

Krismanto, W., Halik, A., & Sayidiman, S. (2015). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 46 Parepare. Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan, 5(3):234-242.

Parrila, R. K., dan H. Stack-Cutler. (2011). Literacy and Reading Behavior. Encyclopedia of Adolescence, 1: 203–11.

Rendiyawati, Rindi. (2021). Komparasi Pendidikan Desa dan Kota pada Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5 (1): 1503-1520.

Sugiharto, Bowo, dkk. (2020). Perbedaan Kesadaran Metakognisi Siswa SMA di Desa dan di Kota. Indonesian Journal of Science Education, 8(1):79-91.

Suprayitno, Totok. (2019). Pendidikan di Indonesia Belajar dari Hasil PISA 2018. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendikbud.

Taghieh, M.R., Tadayon, Z., dan Taghieh, R. (2019). Comparison of cognitive and metacognitive strategies in the academic achievement of urban and rural students of eghlid. International Journal of Educational Research and Innovation, 12:282–293.

Vito, Benediktus, dkk. (2015). Kesenjangan Pendidikan Desa dan Kota. Prosiding, 2(2):147-300

Published
15-03-2024
How to Cite
Amir, J., Mahmudah, M., Herdiani, R., & Bakri. (2024). Perbandingan Kompetensi Literasi Membaca antara Siswa Kelas VIII SMPN 1 Takalar dengan SMPN 1 Sanrobone. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(2), 1211-1221. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3345
Section
Articles