Kajian Simiotika pada Iklan Layanan Masyarakat di Kabupaten Barru Teori Charles Sanders Peirce

  • Achmad Afandy Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Rapi Tang Universitas Negeri Makassar
  • Mahmudah Mahmudah Universitas Negeri Makassar
Keywords: Iklan, Semiotika Peirce, Makna Pragmatis.

Abstract

Penelitian     ini    merupakan     penelitian    kualitatif    yang    bertujuan     untuk mendeskripsikan  (1) ikon  yang terdapat  dalam  iklan  layanan masyarakat dengan menggunakan  kajian semiotika Charles Sanders Peirce. Data penelitian ini adalah  pernyataan  verbal  yang  menjadi  tanda  ikon,  indeks,  dan simbol yang terdapat dalam iklan layanan masyarakat.  Sumber data penelitian ini adalah iklan layanan masyarakat yang terdiri atas 20 iklan. Adapun teknik pengumpulan data melalui teknik dokumentasi dan teknik catat dengan menerapkan teknik analisis data interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tanda jenis ikon dalam iklan layanan masyarakat merujuk pada ikon diagram yang terbentuk atas pesan tanda yang saling berkaitan dalam wilayah makna relasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa bentuk Ikon yang umum ditemukan dalam layanan masyarakat adalah ikon image dan ikon diagram. Namun, ikon diagram mendominasi dalam konteks iklan tersebut. Kehadiran gambar dengan kemiripan objeknya menjadi penegas, memudahkan pemahaman masyarakat terhadap objek yang diiklankan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Lee, M., & Johnson, C. (2011). Prinsip-Prinsip Pokok Periklanan dalam Perspektif Global (Diterjemahkan oleh Munandar, Haris, & Dudi Priatna). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nisa, N. K. (2015). Strategi Kreatif Iklan Layanan Masyarakat (Ilm) Dalam Pemasaran Sosial. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 158–164.

Pendit, I. K. D. (2019). Strategi Promosi Melalui Media Desain Poster dalam Pencitraan Publik. Jurnal Statistika, 7(2), 192–210.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatis, Kombinasi, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Betens, K. (1994). Etika. Jakarta: Gramedia.

Mus, M., & Suparman, S. (2018). Analisis Feminisme Radikal Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 3(1).

Bungin, Burhan. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Rajawali Pers. Jakarta.

Gulo, W. (2002). Metode Penelitian. Jakarta: PT. Grasindo.

Moleong, Lexy J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda karya.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Suharsimi. (1993). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Suherdiana, D. (2008). Konsep Dasar Semiotik dalam Komunikasi Massa Menurut Charles Sanders Pierce. Jurnal Ilmu Dakwah, 4(12), 371–407.

Tinarbuko, S. (2009). Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta : Jalasutra.

Sari, N. Tesis, Kajian Semiotika Mural pada Truk di Kota Makassar. Pendidikan Bahasa, Universitas Negeri Makassar, Tahun 2020.

Puteri, A. Tesis, Makna Pragmatis Tanda Dalam Iklan Produk Komersial Kajian Semiotika Charles Sander Peirce, Pendidikan Bahasa, Universitas Negeri Makassar, Tahun 2020.

Ujrotu Silma Hasibuan. Skripsi, Analisis Semiotika Pada Iklan Layanan Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Edisi: Adaptasi Kebiasaan Baru, Universitas Muhammadiyah Utara, Tahun 2020.

Pujiati, T. (2015). Analisis Semiotika Struktural Pada Iklan Top Coffee. Jurnal Sasindo Unpam, 3(3), 1–22.

Budiman, K. (2011). Semiotika Visual: Konsep, isu dan problem ikonisitas. Yogyakarta : Jalasutra.

Sasih Gunalan, Hasbullah. (2020) Analisis Pemaknaan Semiotika Pada Karya Iklan Layanan Masyarakat. Junal Nawala Visual, 2(2),10-20.

Mudjiyanto, B., & Nur, E. (2013). Semiotika Dalam Metode Penelitian Komunikasi Semiotics In Research Method of Communication. 16(1), 73–82.

Rakna Fahreza, W. (2020). Komunikasi adalah Proses Penyampaian Makna pada Orang Lain, Ini Tujuan dan Fungsinya | merdeka.com. Merdeka.Com, September.

Prasetya Budi Arif (2019) Analisis Semiotika Film Dan Komunikasi, Malang: intrans publishing.

Rosyidi, R. (2021). Peran Komunikasi Massa di Tengah Pandemi Covid-I9. Hudan Lin Naas: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(1). https://doi.org/10.28944/hudanlinnaas.v2i1.388

Agustin, Y., Hilaliyah, H., Yunus, S., & Seni, U. I. P. (2015). Penggunaan Bahasa Iklan pada Papan Reklame (Studi Survei Sepanjang Kampung Rambutan sampai dengan Lebak Bulus). Jurnal Pujangga, 1(2), 54–65.

Alwasilah, A. C. (2005). Pengantar penelitian linguistik terapan. Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional.

Anwar, R. K., Hapsari, I. A., & Sinaga, D. (2018). Analisis semiotik Charles Sanders Pierce mengenai logo baru Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 6(2), 123–138.

Bateman, J. A. (2017). Triangulating transmediality: A multimodal semiotic framework relating media, modes and genres. Discourse, Context & Media, 20, 160–174. https://doi.org/10.1016/j.dcm.2017.06.009

Briyandewo, J. (2017). Jenis-Jenis Iklan Dan Teknik Persuasi Dalam Tiga Puluh Iklan Surat Kabar Kompas Periode 2015-2017. Fakultas Sastra Universitas Sanata Dharma.

Budiman, K. (2011). Semiotika Visual Konsep, Isu, dan Problem Ikonisitas. Jalasutra.

Chaer, A. (2012). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Danesi, M. (2010). Pengantar Memahami Semiotika Media. Jalasutra.

Darmawan, F. (2006). Posmodernisme Kode Visual dalam Iklan Komersial. Mediator: Jurnal Komunikasi, 7(1), 103–114.

Dewi, M. C. (2013). Representasi Pakaian Muslimah dalam Iklan (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce pada Iklan Kosmetik Wardah di Tabloid Nova). Profetik: Jurnal Komunikasi, 6(2).

Eco, U. (2015). Teori Semiotika Signifikasi Komunikasi, Teori Kode, Serta Teori Produksi - Tanda. Kreasi Wacana.

Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Heriwati, S. H. (2016). SEMIOTIKA DALAM PERIKLANAN. Jurnal Pendhapa Vol 1 No 1 Oktober 2010, 1(1), 59–68.

Hoed, B. H. (2011). Semiotik & Dinamika Sosial Budaya. Komunitas Bambu. Hoopes, J.(2014). Peirce on signs: Writings on semiotic by Charles Sanders Peirce. UNC Press Books.

Ilmi, N. (2018). Kajian Semiotik Dalam Iklan Kartu AS.

Indrawati, K. A. P., Sudiarta, I. N., & Suardana, I. W. (2017). Efektivitas Iklan Melalui Media Sosial Facebook Dan Instagram Sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran Di Krisna Oleh-Oleh Khas Bali. Jurnal Analisis Pariwisata, 17(2), 78–83. https://ojs.unud.ac.id/index.php/jap/article/view/36484

Kabuto, B. (2014). A semiotic perspective on reading picture books: The case of Alexander and the Wind-Up Mouse. Linguistics and Education, 25, 12–23. https://doi.org/10.1016/j.linged.2013.11.002

Kaelan. (2009). Filsafat Bahasa Semiotika dan Hermeneutika. Paradigma. Kridalaksana, H. (2011). Kamus Linguistik. PT Gramedia Pustaka Utama.

Published
08-05-2024
How to Cite
Achmad Afandy, Muhammad Rapi Tang, & Mahmudah, M. (2024). Kajian Simiotika pada Iklan Layanan Masyarakat di Kabupaten Barru Teori Charles Sanders Peirce. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(2), 2018-2028. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3645
Section
Articles