Analisis Gaya Penulisan Iksaka Banu dan Kurnia Effendi dalam Novel Pangeran Dari Timur: Sebuah Kajian Literatur Komparatif

  • Farah Tazkyatun Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
  • Nensilianti Nensilianti Universitas Negeri Makassar
  • Syamsudduha Syamsudduha Universitas Negeri Makassar
Keywords: Gaya Penulisan, Iksaka Banu, Kurnia Effendi

Abstract

Penelitian ini menggunakan teori sosiologi sastra untuk menganalisis aspek sosiologi pengarang dalam karya sastra, dengan fokus pada dua pengarang, Iksaka Banu dan Kurnia Effendi. Melalui analisis data, gaya penulisan keduanya dalam mendeskripsikan seni lukis, tempat, dan bangunan dalam novel "Pangeran dari Timur" dibandingkan dengan pendekatan deskripsi realistis (objektif) dan impresionistis (subjektif). Hasilnya menunjukkan bahwa gaya penulisan mereka dipengaruhi oleh latar sosial dan kehidupan pengarang, dengan Iksaka Banu cenderung menggunakan pendekatan realistis yang merinci objek secara faktual, sedangkan Kurnia Effendi lebih cenderung kepada deskripsi impresionistis yang menekankan interpretasi subjektif. Hasil penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana latar belakang sosial dan pengalaman individu dapat memengaruhi gaya penulisan dalam karya sastra, serta pentingnya memahami pendekatan deskripsi objek dalam konteks realistis dan impresionistis dalam kajian sastra.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminuddin. 2020. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Andayani, Kis, dkk. 2022. Substansi Paragraf Deskriptif dan Kalimat Majemuk dalam Novel Bocah Penghalau Kera. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia. Vol. 5, No. 3.

Banu, I. & Effendi, K. 2020. Pangeran dari Timur. Yogyakarta: Bentang Pustaka.

Effendi, E, dkk. 2023. Gaya Penulisan Berita Kriminal dalam Forum Media Online. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol. 7 No. 1.

Anna, S., & Suparman, S. (2018). Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Mengunakan Media Wall Chart (Bagan Dinding) Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 2(2).

Harsia. 2019. Eksploitasi Gaya Penulisan Barbara Cartland dalam Novel Malaikat di Neraka Dunia. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra. (2), 399- 415.

Jassin, H.B. 1987. Pengarang Indonesia dan Dunianya. Jakarta: PT. Gramedia.

Wellek, R & Warren, A. 2016. Teori Kesusatraan (Cetakan Keenam). Jakarta: Gramedia.

Wiyatmi. 2013. Sosiologi Sastra: Teori dan Kajian Terhadap Sastra Indonesia. Jakarta: Kanwa Publisher.

Published
20-04-2024
How to Cite
Farah Tazkyatun, Nensilianti, N., & Syamsudduha, S. (2024). Analisis Gaya Penulisan Iksaka Banu dan Kurnia Effendi dalam Novel Pangeran Dari Timur: Sebuah Kajian Literatur Komparatif. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(2), 1606-1619. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3521
Section
Articles