Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia Secara Luring Pascapandemi Covid-19 di SMP Negeri 3 Tanasitolo

  • Sitti Hikmah Alimah Universitas Negeri Makassar
  • Sulastriningsih Djumingin Universitas Negeri Makassar
  • Idawati Garim Universitas Negeri Makassar
Keywords: problematika, pembelajaran bahasa Indonesia, pascapandemi covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan problematika yang bersifat metodologis pada pembelajaran bahasa Indonesia secara luring pascapandemi Covid-19 di SMP Negeri 3 Tanasitolo; (2) mendeskripsikan problematika yang bersifat sosial pada pembelajaran bahasa Indonesia secara luring pascapandemi Covid-19 di SMP Negeri 3 Tanasitolo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Problematika yang bersifat metodologis pada pembelajaran bahasa Indonesia secara luring pascapandemi Covid-19 di SMP Negeri 3 Tanasitolo yaitu problematika  yang berkaitan dengan proses penyampaian materi ialah masih kurang dalam menguasai kelas dan peserta didik, kendala dalam melaksanakan penilaian autentik, kurangnya interaksi guru dengan siswa, serta mengenai pemberdayaan sarana dan elemen dalam pembelajaran terdiri dari kurangnya pemanfaatan media/sumber belajar dan kurangnya bahan belajar; (2) Problematika yang bersifat sosial pada pembelajaran bahasa Indonesia secara luring pascapandemi Covid-19 di SMP Negeri 3 Tanasitolo berkaitan dengan keharmonisan antar sesama siswa yakni kurangnya kerjasama ketika mengerjakan tugas secara berkelompok, peserta didik cenderung individu, dan pada keharmonisan antara guru dengan siswa kurangnya pemberian dukungan dan motivasi berupa penyampaian manfaat mempelajari materi yang akan dipelajari dan pemberian perhatian pada peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminu, Nurmin. 2022. Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Pasca Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol 6 No 5.

Moleong, Lexy J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Herlinawati. 2022. Problematika Siswa dalam Pembelajaran Pasca Daring di Madrasah Ibtidaiyah Plus Nur Rahma Kota Bengkulu. (Skripsi, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu). http://repository.iainbengkulu.ac.id/9792/

Iwan Ramadhan, Taufan Jaya Nugraha, Eja Firmansyah, Rio Alkahfy, R. 2021. Perubahan Proses Pembelajaran Tatap Muka Pasca Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MAN 2 Pontianak. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.7(8),86–93.

Kyriacou, C. 2009 Efective Teaching ini Schools: Theory and Practice. Third Edition. Delta Place, Cheltenham, UK: Nelson Thorned Ltd

Maulidi, Ach &Fikri Annur. 2021. Pembelajaran Tatap Muka di Tengah Pandemi Covid-19: Studi Kasus pada Madrasah Aliyah Nurul Huda Pekandangan Barat. Jurnal Pendidikan Islam.Vol. 5 No. 1.

Muhith, Abd. 2018. Problematika Pembelajaran Tematik Terpadu di MIN III Bondowoso.IIndonesian Journal of Islamic Teaching.Vol. 1 No. 1, 20, hal 47

Permendikbud RI No. 23 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 15 Tahun 2010 Tentang Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar.

Saekhan, Muchith. 2008. Pembelajaran Kontekstual. Semarang: Rasail Media Group.

Siti Hajaroh & Raudatul Adawiyah, Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Penilaian Autentik. El-Midad Jurnal Jurusan PGMI Vol. 10 No.2, 2018.

Suparman, S., & Nuruahmad, M. (2023). Budaya Mappacci dan Rangkaian Pelaksanaan Perkawinan Orang Bugis. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(4), 219-225.

Yusuf, Bistari Basuni. 2017. Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan.Vol. 1 No. 2.

Zaki, Muhammad. 2015. Problematika Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.

Published
28-01-2024
How to Cite
Sitti Hikmah Alimah, Sulastriningsih Djumingin, & Idawati Garim. (2024). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia Secara Luring Pascapandemi Covid-19 di SMP Negeri 3 Tanasitolo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 701-710. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3304
Section
Articles