Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas XI MAN Pangkajene Kepulauan

  • Tahir Danial Universitas Negeri Makassar
  • Sulastriningsih Djumingin Universitas Negeri Makassar
  • Ambo Dalle Universitas Negeri Makassar
Keywords: model belajar TSTS, menulis cerpen, Pembelajaran kooperatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan keefektifan pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dalam keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI MAN Pangkajene Kepulauan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang menjadikan model belajar dan hasil belajar sebagai variabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI MAN Pangkajene Kepulauan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari nilai pretes 41,87 menjadi 79,00 pada nilai postes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, T. P., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (tsts) terhadap hasil belajar siswa. Journal of Office Administration: Education and Practice, 1(3), 340–350.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

FATMAWATI, A. (2020). PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK (Penelitian Fenomenologi pada Siswa Kelas IX MTs. Al Muhtadin Bantargebang-Bekasi) [PhD Thesis]. UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

Firman, F., Aswar, N., Sukmawaty, S., Mirnawati, M., & Sukirman, S. (2020). Application of the Two Stay Two Stray Learning Model in Improving Indonesian Language Learning Outcomes in Elementary Schools. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(3), 551–558.

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Huda, S., Yasin, M., Fitri, A., Syazali, M., Supriadi, N., Umam, R., & Jermsittiparsert, K. (2020). Numerical ability analysis: The impact of the two stay-two stray learning model on the sequence and series topic in Islamic Boarding School. Journal of Physics: Conference Series, 1467(1), 012002.

Lazulfa, I. (2019). Keterampilan Berbahasa: Menulis Karangan Eksposisi.

Marlia, M. (2019). Kemampuan Menulis Cerita Pendek melalui Media Film Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 5(2), 431–439.

Muliawan, B. (2020). Analisis Kerangka Dalam Keterampilan Menulis Teks Cerita Pendek.

Pahrun, R. (2021). Penggunaan media gambar untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskriptif pada siswa kelas IV SDN 28 Kota Selatan Kota Gorontalo. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 1(1), 11–22.

Ruspa, A. R. (2018). Kemampuan Menulis Karangan Narasi melalui Media Gambar Seri Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Noling Kabupaten Luwu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(1), 1–9.

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Yusri, Y., Mantasiah, R., & Jufri, J. (2018). The use of Two Stay Two Stray Model in English teaching to increase student’s learning outcome. Journal Of Advanced English Studies, 1(1), 39–43.

Published
29-11-2023
How to Cite
Danial, T., Sulastriningsih Djumingin, & Ambo Dalle. (2023). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas XI MAN Pangkajene Kepulauan. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(2), 1630-1641. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2314
Section
Articles