Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi dengan Model Pembelajaran CIRC Berbantun Media Audiovisual pada Siswa Kelas X SMA Kristen Terang Bangsa Kurikulum Merdeka
Abstract
Dalam keterampilan berbahasa salah satunya adalah menulis dan membaca, kedua keterampilan ini saling berkaitan dan oleh karena hal itu maka dalam dunia Pendidikan dikenal dengan metode CIRC Cooperative Integrated Reading and Composition. Pada jenjang Pendidikan sekolah menengah atas kelas x kurikulum Merdeka terdapat materi yaitu menulis teks laporan hasil obervasi. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat kemampuan siswa kelas X SMA Kristen Terang Bangsa dalam menulis teks laporan hasil observasi dengan model pembelajaran CIRC berbantu media audiovisual. Penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif dengan teknik yang teknik observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantu media audiovisual, siswa kelas X SMA Kristen Terang Bangsa mampu menulis teks laporan hasil obervasi dengan sangat. Indikator penilaian yang diperoleh adalah 94,5% yang sesuai dengan indikator penilaian tergolong sangat baik. Secara rinci, hasil penelitian tersebut, yaitu: kesesuaian struktur teks observasi 95,5% (baik sekali), ketepatan isi dan 98% (baik sekali), pengungkapan secara detail dan 90% (baik sekali). Keseimpulannya adalah penggunaan model pembelajaran CIRS berbantu media audiovisual sangat baik dan sangat membantu peserta didik untuk memahami materi yang disampaikan dan memudahkan mereka untuk menulis teks laporan hasil observasi.
Downloads
References
Awalludin, & Nilawijaya, R. (2020). Kemampuan Siswa Kelas V SD Negeri 6 OKU dalam Meringkas Wacana dengan Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Diksa: Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33369/diksa.v7i2.2089
Effendy. (2012). Teks Observasi. PT. Remaja Rosdakarya.
Hadi, S. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Pemecahan Masalah: Aplikasi Model, Media dan Teknik Pembelajaran. Graha Ilmu.
Imas Tintin Solihatini, S., Y. A., & Aljamaliah, N. M. (2021). Pengembangan Media Video Motion Graphic dalam Pembelajaran Menulis Pantun pada Masa Pandemi Covid 19. Diksa: Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33369/diksa.v7i2.2089
K. Artawa. (2015). Misteri Menulis: Brainwriting, Anak Buah Solar Plexus. CCS Publishing.
Mulyana. (2007). Metode Menulis Kreatif. CV Mandar Majurotok.
Rachmat, H. (2012). Skill Menulis: Memahami Proses dan Menulis Sebagai Karya. Media Pressindo.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suryabrata. (2000). Metode Penelitian. PT RajaGrafindo Persada.
Suyanto. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. PT. Pustaka Pelajar.
Copyright (c) 2024 Michael Johan Sulistiawan, Agus Nusyatin, Haryadi Haryadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.