Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi dengan Model Pembelajaran CIRC Berbantun Media Audiovisual pada Siswa Kelas X SMA Kristen Terang Bangsa Kurikulum Merdeka

  • Michael Johan Sulistiawan Universitas Semarang
  • Agus Nusyatin Universitas Negeri Semarang
  • Haryadi Haryadi Universitas Negeri Semarang
Keywords: Menulis, Teks Observasi, CIRC, Audiovisual

Abstract

Dalam keterampilan berbahasa salah satunya adalah menulis dan membaca, kedua keterampilan ini saling berkaitan dan oleh karena hal itu maka dalam dunia Pendidikan dikenal dengan metode CIRC Cooperative Integrated Reading and Composition. Pada jenjang Pendidikan sekolah menengah atas kelas x kurikulum Merdeka terdapat materi yaitu menulis teks laporan hasil obervasi. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat kemampuan siswa kelas X SMA Kristen Terang Bangsa dalam menulis teks laporan hasil observasi dengan model pembelajaran CIRC berbantu media audiovisual. Penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif dengan teknik yang teknik observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantu media audiovisual, siswa kelas X SMA Kristen Terang Bangsa mampu menulis teks laporan hasil obervasi dengan sangat. Indikator penilaian yang diperoleh adalah 94,5% yang sesuai dengan indikator penilaian tergolong sangat baik. Secara rinci, hasil penelitian tersebut, yaitu: kesesuaian struktur teks observasi 95,5% (baik sekali), ketepatan isi dan 98% (baik sekali), pengungkapan secara detail dan 90% (baik sekali). Keseimpulannya adalah penggunaan model pembelajaran CIRS berbantu media audiovisual sangat baik dan sangat membantu peserta didik untuk memahami materi yang disampaikan dan memudahkan mereka untuk menulis teks laporan hasil observasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Awalludin, & Nilawijaya, R. (2020). Kemampuan Siswa Kelas V SD Negeri 6 OKU dalam Meringkas Wacana dengan Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Diksa: Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33369/diksa.v7i2.2089

Effendy. (2012). Teks Observasi. PT. Remaja Rosdakarya.

Hadi, S. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Pemecahan Masalah: Aplikasi Model, Media dan Teknik Pembelajaran. Graha Ilmu.

Imas Tintin Solihatini, S., Y. A., & Aljamaliah, N. M. (2021). Pengembangan Media Video Motion Graphic dalam Pembelajaran Menulis Pantun pada Masa Pandemi Covid 19. Diksa: Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33369/diksa.v7i2.2089

K. Artawa. (2015). Misteri Menulis: Brainwriting, Anak Buah Solar Plexus. CCS Publishing.

Mulyana. (2007). Metode Menulis Kreatif. CV Mandar Majurotok.

Rachmat, H. (2012). Skill Menulis: Memahami Proses dan Menulis Sebagai Karya. Media Pressindo.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suryabrata. (2000). Metode Penelitian. PT RajaGrafindo Persada.

Suyanto. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. PT. Pustaka Pelajar.

Published
22-02-2024
How to Cite
Sulistiawan, M. J., Agus Nusyatin, & Haryadi, H. (2024). Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi dengan Model Pembelajaran CIRC Berbantun Media Audiovisual pada Siswa Kelas X SMA Kristen Terang Bangsa Kurikulum Merdeka. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 1101-1106. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3182
Section
Articles