Efektivitas Penggunaan Media Powtoon pada Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Taruna Nusantara Tahun Ajaran 2023/2024

  • Pebri Dwi Lesmono Nugroho Universitas Negeri Semarang
  • Haryadi Haryadi Universitas Negeri Semarang
  • Agus Nuryatin Universitas Negeri Malang
Keywords: media powtoon, teks anekdot, menulis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan pembelajaran menulis teks anekdot pada kelas yang menggunakan dan kelas yang tidak menggunakan media powtoon, (2) membuktikan efektivitas penggunaan media powtoon pada pembelajaran menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Taruna Nusantara Tahun Ajaran 2023/2024. Pre-eksperimental merupakan metode yang digunakan dengan jenis desain one group pretest posttest. Siswa kelas X yang terdiri atas 12 kelas merupakan populasi penelitian ini. Kelas X-1 merupakan sampel penelitian yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Selanjutnya,  data diambil berdasarkan tes saat pretest dan posttest. Uji-t merupakan analisis dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan penerimaan materi pembelajaran teks anekdot antara siswa yang mendapatkan media powtoon dengan yang tidak mendapatkannya. 2) Penggunaan media powtoon terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Taruna Nusantara.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisa Aulia. Teks Anekdot: Ilmu Atau Nilai. Youtube Video, 1:59. 11 Mei 2017. https://www.youtube.com/watch?v=HLyFNLkHcPEDalman.2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Basri, M. S., Safitri, H., & Hakim, M. N. (2021). Kesantunan Berbahasa: Studi pada Pembelajaran Daring. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 7(1), 242-248.

Baan, A., & Dewi, R. (2021). Pengembangan buku ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia untuk implementasi merdeka belajar kampus merdeka. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 7(1), 327-331.

Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Deliviana, E. (2017). Aplikasi PowToon Sebagai Media Pembelajaran : Manfaat dan Problematikanya. Journal of Chemical Information and Modeling, 1689–1699.

Hasrianti, A. (2021). Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dalam Karangan Peserta Didik. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 213-222.

Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ruspa, A. R. (2020). Kemampuan menulis karya tulis ilmiah mahasiswa prodi Informatika Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 6(1), 557-566.

Sugiyono. (2014). Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.

Suparman, S. (2019). Keefektifan Model Picture And Picture Dalam Menulis Naskah Drama Siswa Kelas Viii Smpn 2 Bua Ponrang Kabupaten Luwu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(2), 121-137.

Villar, Mayra Aixa. 2013. Developing a Mobile Learning Strategi. Amerika: ASTD

Published
03-01-2024
How to Cite
Pebri Dwi Lesmono Nugroho, Haryadi, H., & Agus Nuryatin. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Powtoon pada Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Taruna Nusantara Tahun Ajaran 2023/2024. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 232-237. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3169
Section
Articles