Efektivitas Penggunaan Media Powtoon pada Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Taruna Nusantara Tahun Ajaran 2023/2024
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan pembelajaran menulis teks anekdot pada kelas yang menggunakan dan kelas yang tidak menggunakan media powtoon, (2) membuktikan efektivitas penggunaan media powtoon pada pembelajaran menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Taruna Nusantara Tahun Ajaran 2023/2024. Pre-eksperimental merupakan metode yang digunakan dengan jenis desain one group pretest posttest. Siswa kelas X yang terdiri atas 12 kelas merupakan populasi penelitian ini. Kelas X-1 merupakan sampel penelitian yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Selanjutnya, data diambil berdasarkan tes saat pretest dan posttest. Uji-t merupakan analisis dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan penerimaan materi pembelajaran teks anekdot antara siswa yang mendapatkan media powtoon dengan yang tidak mendapatkannya. 2) Penggunaan media powtoon terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Taruna Nusantara.
Downloads
References
Anisa Aulia. Teks Anekdot: Ilmu Atau Nilai. Youtube Video, 1:59. 11 Mei 2017. https://www.youtube.com/watch?v=HLyFNLkHcPEDalman.2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Basri, M. S., Safitri, H., & Hakim, M. N. (2021). Kesantunan Berbahasa: Studi pada Pembelajaran Daring. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 7(1), 242-248.
Baan, A., & Dewi, R. (2021). Pengembangan buku ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia untuk implementasi merdeka belajar kampus merdeka. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 7(1), 327-331.
Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Deliviana, E. (2017). Aplikasi PowToon Sebagai Media Pembelajaran : Manfaat dan Problematikanya. Journal of Chemical Information and Modeling, 1689–1699.
Hasrianti, A. (2021). Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dalam Karangan Peserta Didik. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 213-222.
Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ruspa, A. R. (2020). Kemampuan menulis karya tulis ilmiah mahasiswa prodi Informatika Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 6(1), 557-566.
Sugiyono. (2014). Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.
Suparman, S. (2019). Keefektifan Model Picture And Picture Dalam Menulis Naskah Drama Siswa Kelas Viii Smpn 2 Bua Ponrang Kabupaten Luwu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(2), 121-137.
Villar, Mayra Aixa. 2013. Developing a Mobile Learning Strategi. Amerika: ASTD
Copyright (c) 2024 Pebri Dwi Lesmono Nugroho, Haryadi Haryadi, Agus Nuryatin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.