Metakognitif sebagai Strategi Belajar Mahasiswa dengan Kemahiran Bahasa Inggris yang Tinggi pada Jurusan Sistem Informasi

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3166

Authors

  • Angela Bayu Pertama Sari Universitas Bina Sarana Informatika
  • Nur Amalia Solikhah Universitas Bina Sarana Informatika
  • Cindyra Galuh Wardani Universitas Bina Sarana Informatika

Keywords:

Strategi Belajar, Metakognitif, Bahasa Inggris

Abstract

Penelitian ini mengidentifikasi strategi metakognitif sebagai strategi yang paling dominan digunakan oleh mahasiswa jurusan Sistem Informasi dengan kemahiran bahasa Inggris yang tinggi. Peneliti menggunakan metodologi deskriptif kualitatif dengan melibatkan 16 responden, yaitu mahasiswa pada jurusan Sistem Informasi yang mempunyai tingkat kemahiran bahasa Inggris yang tinggi. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data primer adalah kuesioner SILL (Strategy Inventory for Language Learning). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ada empat strategi metakognitif yang secara menonjol dilakukan dalam praktik belajar bahasa Inggris oleh para responden tersebut. Keempat strategi tersebut memiliki persentase tingkat “sering” dalam pemakaian di atas 80%. Pertama, pembelajar bahasa Inggris mencurahkan perhatian ketika seseorang berbicara bahasa Inggris. Kedua, pembelajar bahasa Inggris mencoba menemukan sebanyak mungkin cara untuk mempraktikkan kemampuan bahasa Inggris yang mereka miliki. Ketiga, pembelajar bahasa Inggris menyadari kesalahan dalam berbahasa Inggris dan menggunakan informasi tersebut untuk meningkatkan kemampuannya. Keempat, pembelajar bahasa Inggris mencoba mencari tahu cara-cara untuk meningkatkan kompetensi bahasa Inggri yang mereka miliki. Namun, penelitian ini menemukan bahwa perencanaan jadwal untuk belajar bahasa Inggris menjadi strategi metakognitif yang jarang diterapkan oleh mahasiswa tersebut yang ditunjukkan dengan persentase “sering” hanya 6%. Untuk meningkatkan validitas temuan, penelitian mendatang disarankan untuk memperluas cakupan sampel responden agar lebih representatif. Oleh karena itu, penelitian selanjutnya dapat memberikan wawasan lebih komprehensif terkait strategi metakognitif dalam konteks belajar bahasa Inggris bagi mahasiswa Sistem Informasi dengan kemahiran bahasa Inggris yang tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Altan, M. Z. (2004). Nationality and language learning strategies of ELT-Major University Students. Asian EFL Journal, 6(2), 1–11.

Arifin, Z. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan Education Research Methodology. Jurnal Al-Hikmah Way Kanan, 1(1). https://doi.org/10.4324/9781315149783 DOI: https://doi.org/10.4324/9781315149783

Arulselvi, M. E. (2016). Learning Strategy Training in English Teaching. I-Manager’s Journal on English Language Teaching, 6(1), 1. https://doi.org/10.26634/jelt.6.1.4805 DOI: https://doi.org/10.26634/jelt.6.1.4805

Ferlazzo, L. (2023). The Six Most Effective Instructional Strategies for ELLs—According to Teachers. https://www.edweek.org/teaching-learning/opinion-the-six-most-effective-instructional-strategies-for-ells-according-to-teachers/2021/06

Gerami, M. H., & Baighlou, S. M. G. (2011). Language learning strategies used by successful and unsuccessful Iranian EFL students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 29, 1567–1576. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.399 DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.399

Laker, B. (2023). Embrace Mistakes to Build a Learning Culture. https://sloanreview.mit.edu/article/embrace-mistakes-to-build-a-learning-culture/

Lavasani, M. G., & Faryadres, F. (2011). Language learning strategies and suggested model in adults processes of learning second language. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 15, 191–197. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.03.072 DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.03.072

Nurvrita, A. S. (2020). Otonomi Pembelajaran Bahasa Inggris Kampus Merdeka – Merdeka Belajar. JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 20(2), 107–126. https://doi.org/10.34150/jpak.v20i2.282 DOI: https://doi.org/10.34150/jpak.v20i2.282

Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan bahan ajar strategi belajar mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974. DOI: https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177

Oswaldo, I. G. (2022). Persaingan Dunia Kerja Makin Ketat, Bagaimana Biar Nggak Tergilas? Detikfinance.

Purwanto, M. B. (2022). Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Skor TOEIC Mahasiswa Politeknik Darussalam. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 142–146. https://doi.org/10.54259/diajar.v1i2.658 DOI: https://doi.org/10.54259/diajar.v1i2.658

Rachman, S. A. (2020). Analisis Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fip Unm. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(2), 150. https://doi.org/10.26858/jkp.v4i2.13686 DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v4i2.13686

Rochmawati, L., & Sukma, M. M. (2018). Penerapan Strategi Pembelajaran Metakognitif Untuk Meningkatkan Pemahaman Mendengarkan. Jurnal Penelitian, 3(2), 15–24. https://lib.unnes.ac.id/17153/1/1201408017.pdf DOI: https://doi.org/10.46491/jp.v3e2.28.15-24

Sartika, D. H. M., Santihastuti, A., & Wahjuningsih, E. (2019). The Learning Strategies Used by EFL Students in Learning English. IJEE (Indonesian Journal of English Education), 6(1), 10–20. https://doi.org/10.15408/ijee.v6i1.12111 DOI: https://doi.org/10.15408/ijee.v6i1.12111

Suparman, S., Madeamin, S., & Beta, P. (2018). Dokumentasi tradisi lisan Tana Luwu melalui film dokumenter.

Tahrun, T. (2021). Strategi Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid 19. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 13(2), 1–9. https://doi.org/10.30599/jti.v13i2.993 DOI: https://doi.org/10.30599/jti.v13i2.993

Teng, F. (2020). Tertiary-level students’ English writing performance and metacognitive awareness: A group metacognitive support perspective. Scandinavian Journal of Educational Research, 64(4), 551–568. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/00313831.2019.1595712 DOI: https://doi.org/10.1080/00313831.2019.1595712

University of Massachusetts Global. (2023). Innovative strategies for teaching English language learners. https://www.umassglobal.edu/news-and-events/blog/innovative-strategies-for-english-language-learners%0D

University of San Diego. (2023). 11 Essential Strategies for Teaching English Language Learners [For Any Teacher]. https://pce.sandiego.edu/11-essential-strategies-for-teaching-english-language-learners-for-any-teacher/

Yuangga, K. D., & Sunarsi, D. (2020). Pengembangan Media Dan Strategi Pembelajaran Untuk Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Jarak Jauh Di Pandemi Covid- 19 Kharisma. Jurnal Guru Kita, 4(3), 11–19. DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v4i3.19472

Yulian, R. R. (2020). Implementasi Aktifitas Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Kelas 8 Pada SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Seminar Nasional Pendidikan.

Published

2024-04-01

How to Cite

Sari, A. B. P., Solikhah, N. A., & Wardani, C. G. (2024). Metakognitif sebagai Strategi Belajar Mahasiswa dengan Kemahiran Bahasa Inggris yang Tinggi pada Jurusan Sistem Informasi. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(2), 1430–1439. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3166

Issue

Section

Articles

Categories