Metakognitif sebagai Strategi Belajar Mahasiswa dengan Kemahiran Bahasa Inggris yang Tinggi pada Jurusan Sistem Informasi
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3166
Keywords:
Strategi Belajar, Metakognitif, Bahasa InggrisAbstract
Penelitian ini mengidentifikasi strategi metakognitif sebagai strategi yang paling dominan digunakan oleh mahasiswa jurusan Sistem Informasi dengan kemahiran bahasa Inggris yang tinggi. Peneliti menggunakan metodologi deskriptif kualitatif dengan melibatkan 16 responden, yaitu mahasiswa pada jurusan Sistem Informasi yang mempunyai tingkat kemahiran bahasa Inggris yang tinggi. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data primer adalah kuesioner SILL (Strategy Inventory for Language Learning). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ada empat strategi metakognitif yang secara menonjol dilakukan dalam praktik belajar bahasa Inggris oleh para responden tersebut. Keempat strategi tersebut memiliki persentase tingkat “sering” dalam pemakaian di atas 80%. Pertama, pembelajar bahasa Inggris mencurahkan perhatian ketika seseorang berbicara bahasa Inggris. Kedua, pembelajar bahasa Inggris mencoba menemukan sebanyak mungkin cara untuk mempraktikkan kemampuan bahasa Inggris yang mereka miliki. Ketiga, pembelajar bahasa Inggris menyadari kesalahan dalam berbahasa Inggris dan menggunakan informasi tersebut untuk meningkatkan kemampuannya. Keempat, pembelajar bahasa Inggris mencoba mencari tahu cara-cara untuk meningkatkan kompetensi bahasa Inggri yang mereka miliki. Namun, penelitian ini menemukan bahwa perencanaan jadwal untuk belajar bahasa Inggris menjadi strategi metakognitif yang jarang diterapkan oleh mahasiswa tersebut yang ditunjukkan dengan persentase “sering” hanya 6%. Untuk meningkatkan validitas temuan, penelitian mendatang disarankan untuk memperluas cakupan sampel responden agar lebih representatif. Oleh karena itu, penelitian selanjutnya dapat memberikan wawasan lebih komprehensif terkait strategi metakognitif dalam konteks belajar bahasa Inggris bagi mahasiswa Sistem Informasi dengan kemahiran bahasa Inggris yang tinggi.
Downloads
References
Altan, M. Z. (2004). Nationality and language learning strategies of ELT-Major University Students. Asian EFL Journal, 6(2), 1–11.
Arifin, Z. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan Education Research Methodology. Jurnal Al-Hikmah Way Kanan, 1(1). https://doi.org/10.4324/9781315149783 DOI: https://doi.org/10.4324/9781315149783
Arulselvi, M. E. (2016). Learning Strategy Training in English Teaching. I-Manager’s Journal on English Language Teaching, 6(1), 1. https://doi.org/10.26634/jelt.6.1.4805 DOI: https://doi.org/10.26634/jelt.6.1.4805
Ferlazzo, L. (2023). The Six Most Effective Instructional Strategies for ELLs—According to Teachers. https://www.edweek.org/teaching-learning/opinion-the-six-most-effective-instructional-strategies-for-ells-according-to-teachers/2021/06
Gerami, M. H., & Baighlou, S. M. G. (2011). Language learning strategies used by successful and unsuccessful Iranian EFL students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 29, 1567–1576. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.399 DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.399
Laker, B. (2023). Embrace Mistakes to Build a Learning Culture. https://sloanreview.mit.edu/article/embrace-mistakes-to-build-a-learning-culture/
Lavasani, M. G., & Faryadres, F. (2011). Language learning strategies and suggested model in adults processes of learning second language. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 15, 191–197. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.03.072 DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.03.072
Nurvrita, A. S. (2020). Otonomi Pembelajaran Bahasa Inggris Kampus Merdeka – Merdeka Belajar. JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 20(2), 107–126. https://doi.org/10.34150/jpak.v20i2.282 DOI: https://doi.org/10.34150/jpak.v20i2.282
Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan bahan ajar strategi belajar mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974. DOI: https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177
Oswaldo, I. G. (2022). Persaingan Dunia Kerja Makin Ketat, Bagaimana Biar Nggak Tergilas? Detikfinance.
Purwanto, M. B. (2022). Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Skor TOEIC Mahasiswa Politeknik Darussalam. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 142–146. https://doi.org/10.54259/diajar.v1i2.658 DOI: https://doi.org/10.54259/diajar.v1i2.658
Rachman, S. A. (2020). Analisis Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fip Unm. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(2), 150. https://doi.org/10.26858/jkp.v4i2.13686 DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v4i2.13686
Rochmawati, L., & Sukma, M. M. (2018). Penerapan Strategi Pembelajaran Metakognitif Untuk Meningkatkan Pemahaman Mendengarkan. Jurnal Penelitian, 3(2), 15–24. https://lib.unnes.ac.id/17153/1/1201408017.pdf DOI: https://doi.org/10.46491/jp.v3e2.28.15-24
Sartika, D. H. M., Santihastuti, A., & Wahjuningsih, E. (2019). The Learning Strategies Used by EFL Students in Learning English. IJEE (Indonesian Journal of English Education), 6(1), 10–20. https://doi.org/10.15408/ijee.v6i1.12111 DOI: https://doi.org/10.15408/ijee.v6i1.12111
Suparman, S., Madeamin, S., & Beta, P. (2018). Dokumentasi tradisi lisan Tana Luwu melalui film dokumenter.
Tahrun, T. (2021). Strategi Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid 19. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 13(2), 1–9. https://doi.org/10.30599/jti.v13i2.993 DOI: https://doi.org/10.30599/jti.v13i2.993
Teng, F. (2020). Tertiary-level students’ English writing performance and metacognitive awareness: A group metacognitive support perspective. Scandinavian Journal of Educational Research, 64(4), 551–568. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/00313831.2019.1595712 DOI: https://doi.org/10.1080/00313831.2019.1595712
University of Massachusetts Global. (2023). Innovative strategies for teaching English language learners. https://www.umassglobal.edu/news-and-events/blog/innovative-strategies-for-english-language-learners%0D
University of San Diego. (2023). 11 Essential Strategies for Teaching English Language Learners [For Any Teacher]. https://pce.sandiego.edu/11-essential-strategies-for-teaching-english-language-learners-for-any-teacher/
Yuangga, K. D., & Sunarsi, D. (2020). Pengembangan Media Dan Strategi Pembelajaran Untuk Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Jarak Jauh Di Pandemi Covid- 19 Kharisma. Jurnal Guru Kita, 4(3), 11–19. DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v4i3.19472
Yulian, R. R. (2020). Implementasi Aktifitas Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Kelas 8 Pada SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Seminar Nasional Pendidikan.
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.