Kesantunan Berbahasa Indonesia dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Menggunakan Metode Diskusi di Kelas VII MTs Negeri 6 Jakarta

  • Diana Rohmah Larasati Diana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Irwan Baadilla Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
Keywords: Kesantunan Berbahasa, Prinsip Kesantunan Geoffrey Leech, Diskusi

Abstract

Penelitian ini bertuljulan ulntulk mengetahuli bentulk pematulhan dan pelanggaran kesantulnan berbahasa Indolnesia gulrul dan siswa serta bentulk ketidaksesulaian antara kesantulnan berbahasa dengan akidah akhlak yang dipelajarinya di kelas VII MTs Negeri 6 Jakarta berdasarkan prinsip kesantulnan Geolffrey Leech. Metolde penelitian yang digulnakan adalah metolde deskriptif dengan pendekatan kulalitatif. Data dalam penelitian ini yakni tultulran yang mengandulng pematulhan dan pelanggaran maksim kesantulnan berbahasa berdasarkan prinsip kesantulnan Geolffrey Leech pada saat diskulsi. Sulmber data dalam penelitian ini yaitul selulrulh tultulran lisan yang di lakulkan olleh gulrul dan siswa. Hasil dari penelitian ini adalah sebanyak (75) tultulran yang mampul ataul memiliki sikap pematulhan yang dikemulkakan olleh Geolffrey. Kemuldian data maksim pelanggaran kesantunan berbahasa tultulran yang diperolleh yaitul (27) tultulran, paling banyak ditemukan pada maksim penghargaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Prayitnol, H. J. (2018). Perwuljuldan Tindak Kesantulnan Direktif Siswa SD Berlatar Belakang Buldaya Jawa. Prolsiding Seminar Nasiolnal “Ketidaksantulnan Berbahasa Dan Dampaknya Dalam Pembentulkan Karakter,” Kolmpas, 978–979. http://hdl.handle.net/11617/4373
Wahidah, Y. L., & Wijaya, H. (2017). Analisis Kesantulnan Berbahasa Menulrult Leech Pada Tultulran Berbahasa Arab Gulrul Polndolk Pesantren Ibnull Qolyyim Pultra Yolgyakarta Tahulnajaran 2016/2017 (Kajian Pragmatik). Julrnal Al Bayan: Julrnal Julrulsan Pendidikan Bahasa Arab, 9(1). https://doli.olrg/10.24042/albayan.v9i1.1239
Wullan Dari, A., Eka Chandra, D. W., Marina Siti Sulgiyati, dan, & Stuldi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indolnesia Julrulsan Pendidikan Bahasa dan Seni, P. (2016). Analisis Kesantulnan Berbahasa pada Kegiatan Pembelajaran Kelas VIII E SMPN 2 Kolta Bengkullul Tahuln Ajaran. 10–21.
Anggraini, N., Rahayul, N., & Djulnaidi, B. (2019). Kesantulnan Berbahasa Indolnesia Dalam Pembelajaran Di Kelas X Man 1 Moldel Kolta Bengkullul. Julrnal Ilmiah KOlRPUlS, 3(1), 42–54. https://doli.olrg/10.33369/jik.v3i1.7345
Nulrdaniah, Mia. (2014). Prinsip Kesantulnan Berbahasa Menulrult Leech pada Nolvel Pertemulan Dula Hati Karya N. H. Dini dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indolnesia di SMA. Skripsi. Jakarta: UlIN Syarif Hidayatulllah.
Sulryani, Dewi. (2019). Realisasi Tindak Kesantulnan Berbahasa dalam Film Dilan 1990 sebagai Bentulk Karakter Pendidikan: Kajian Pragmatik. Skripsi. Ulniversitas Mulhammadiyah Sulrakarta.
Hartiningrulm, W., dan Sullistyolnol, Y. (2017). Penyimpangan Prinsip Kesantulnan pada Teks Pengulmulman Karya Siswa Kelas VII SMP Mulhammadiyah 4 Sambi TahulnAjaran 2015/2016: Tinjaulan Pragmatik. Julrnal Penelitian Hulmaniolra, 18(2), 95-104.
Chaer, Abdull. 2010. Kesantulnan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.
Rolbbins, Stephen P, Perilakul Olrganisasi Bulkul I (Jakarta: Salemba Empat, 2007), 69-79.
Rullam Ahmadi, Metoldollolgi Penelitian Kulalitatif (Yolgyakarta: Ar-Rulzz Media, 2016), 161.
Sulgiyolnol, Metolde Penelitian Kulalitatif dan R&D, Ibid, 294
Published
05-09-2023
How to Cite
Diana, D. R. L., & Irwan Baadilla. (2023). Kesantunan Berbahasa Indonesia dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Menggunakan Metode Diskusi di Kelas VII MTs Negeri 6 Jakarta. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(2), 985-994. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2813
Section
Articles