Keefektifan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Inquiry dalam Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X IPA SMA Pesantren Putri Yatama Mandiri Gowa
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3462
Keywords:
Model Pembelajaran Project Based Learning, Model Pembelajaran Inquiry, Menulis Teks Laporan Hasil ObservasiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengdeskripsikan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajra project based learning dalam keterampilan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa. untuk membuktikan keefektifan model pembelajaran project based learning belajar Stray dan model belajar inquiry dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi. Model Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan peserta didik Kelas X IPA 1 Dan X IPA 2 SMA Pesantren Putri Yatama Mandiri Gowa. Data kemudian dikumpulkan dengan teknik tes untuk mengetahui kemampuan belajar peserta didik. Adapun variabel yang diteliti pada penelitian ini ialah model pembelajaran PBL, model pembelajaran Inquiry, dan kemampuan menuliTeks Laporan Hasil Observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi peserta didik kelas X IPA 1 SMA Pesantren Putri Yatama Mandiri Gowa. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari nilai pretes 41,87 menjadi 79,00 pada nilai postes; Akan tetapi, model belajar Inquiry lebih efektif daripada model belajar PBL berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh siswa dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 2 SMA Pesantren Putri Yatama Mandiri Gowa. Hal tersebut juga didukung oleh perolehan nilai thitung lebih besar dari pada nilai ttabel pada taraf 995, yakni sebesar 2,66. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa nilai thitung > ttabel yakni 9,66 > 2,66, sehingga H1 penelitian ini diterima.
Downloads
References
Abdul Aziz, Hamka. 2012. Karakter Guru Profesional. Jakarta: Al Mawardi Prima
Abidin, Yunus. 2013. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.
Abraham,H Maslow. 1970. Motivation and personality. USA: Harper and Row Publication.
Anggraini, Y., & Wahyudi, T. N. (2017). Hasil Belajar Akuntansi Ditinjau Dari Persepsi Siswa Mengenai Kompetensi Pedagogik Guru dan Kesiapan Belajar Siswa Kelas X IPA 1 dan X IPA 2SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Diakses dari Eprint UMS.
Anggareni, N. W., Ristiati, N. P., & Widiyanti, N. L. P. M. (2013). Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP. EJournal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3, 1–11
Anderson, L.W. 2003. Classroom Assessment: Enhancing The Quality of Teacher Decision Making. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates. DOI: https://doi.org/10.4324/9781410607140
Arends, R. I. 2012. Learning to Teach, Ninth Edition. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.
Arthur J. Keown. (2010). Basic Financial Management, Diterjemahkan oleh Chaerul D. Djakman, 2010, Edisi 10, Buku 2, Salemba : Empat Jakarta.
Bandura, A. (2001). Social cognitive theory: An agentic perspective. Annual Review of Psychology 52(1):1–26. DOI: https://doi.org/10.1146/annurev.psych.52.1.1
Bruning, R., Dempsey, M., Kauffman, D. F., McKim, C., & Zumbrunn, S. (2013). Examining dimensions of self-efficacy for writing. Journal of Educational Psychology, 105, 25e38. https://doi.org/10.1037/a0029692. DOI: https://doi.org/10.1037/a0029692
Carpenito, Lynda Jual. 2006. Buku Saku Diagnosa Keperawatan. Alih Bahasa Yasmi Asih, Edisi ke -10. Jakarta : EGC.
Deshartika, Emi. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Dan Prestasi Belajar. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 12 (2), hlm. 308-319. DOI: https://doi.org/10.33369/diadik.v12i1.21351
Departemen Pendidikan Indonesia (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
E. Mulyasa. 2008. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
E.Mulyasa. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Limbong, J. L., & Suparman, S. (2018). Kemampuan menentukan unsur intrinsik cerpen melalui model pembelajaran inkuiri siswa kelas VIII Smp Negeri 10 Kota Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 2(1).
Eriyanto. 2003. Metode Analisis Teks dan Wacana. Jakarta. Gramedia.
Erlinda, N. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri Disertai Handout: Dampak Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 1 Batang Anai Padang Pariaman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 223–231. DOI: https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i2.122
Fraenkel, J., Wallen, N. 2008. How to Design and Evaluate Research in Education.
New York: McGraw-Hill Higher Education
Hayes, J. R. (2000). A new framework for understanding cognition and affect in writing. In R. Indrisano, & J. R. Squire (Eds.), Perspectives on writing: Research, theory, and practice (pp. 6e44). Newark, DE: International Reading Association.
Hodges, T. S. (2017). Theoretically speaking: An examination of four theories and how they support writing in the classroom. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas. 90(4): 139–146. DOI: https://doi.org/10.1080/00098655.2017.1326228
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Istarani. 2014. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada.
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.