Keefektifan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Inquiry dalam Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X IPA SMA Pesantren Putri Yatama Mandiri Gowa

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3462

Authors

  • Abd Kadir Universitas Negeri Makassar
  • Ramly Ramly Universitas Negeri Makassar
  • Ambo Dalle Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Model Pembelajaran Project Based Learning, Model Pembelajaran Inquiry, Menulis Teks Laporan Hasil Observasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengdeskripsikan hasil  belajar dengan menggunakan model pembelajra project based learning dalam keterampilan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa. untuk membuktikan keefektifan model pembelajaran project based learning belajar Stray dan model belajar inquiry dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi. Model Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan peserta didik Kelas X IPA 1 Dan X IPA 2 SMA Pesantren Putri Yatama Mandiri Gowa. Data kemudian dikumpulkan dengan teknik tes untuk mengetahui kemampuan belajar peserta didik. Adapun variabel yang diteliti pada penelitian ini ialah model pembelajaran PBL, model pembelajaran Inquiry, dan kemampuan menuliTeks Laporan Hasil Observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi peserta didik kelas X IPA 1 SMA Pesantren Putri Yatama Mandiri Gowa. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari nilai pretes 41,87 menjadi 79,00 pada nilai postes; Akan tetapi, model belajar Inquiry lebih efektif daripada model belajar PBL berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh siswa dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 2 SMA Pesantren Putri Yatama Mandiri Gowa. Hal tersebut juga didukung oleh perolehan nilai thitung lebih besar dari pada nilai ttabel pada taraf 995, yakni sebesar 2,66. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa nilai thitung > ttabel yakni 9,66 > 2,66, sehingga H1 penelitian ini diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Aziz, Hamka. 2012. Karakter Guru Profesional. Jakarta: Al Mawardi Prima

Abidin, Yunus. 2013. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Abraham,H Maslow. 1970. Motivation and personality. USA: Harper and Row Publication.

Anggraini, Y., & Wahyudi, T. N. (2017). Hasil Belajar Akuntansi Ditinjau Dari Persepsi Siswa Mengenai Kompetensi Pedagogik Guru dan Kesiapan Belajar Siswa Kelas X IPA 1 dan X IPA 2SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Diakses dari Eprint UMS.

Anggareni, N. W., Ristiati, N. P., & Widiyanti, N. L. P. M. (2013). Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP. EJournal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3, 1–11

Anderson, L.W. 2003. Classroom Assessment: Enhancing The Quality of Teacher Decision Making. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates. DOI: https://doi.org/10.4324/9781410607140

Arends, R. I. 2012. Learning to Teach, Ninth Edition. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Arthur J. Keown. (2010). Basic Financial Management, Diterjemahkan oleh Chaerul D. Djakman, 2010, Edisi 10, Buku 2, Salemba : Empat Jakarta.

Bandura, A. (2001). Social cognitive theory: An agentic perspective. Annual Review of Psychology 52(1):1–26. DOI: https://doi.org/10.1146/annurev.psych.52.1.1

Bruning, R., Dempsey, M., Kauffman, D. F., McKim, C., & Zumbrunn, S. (2013). Examining dimensions of self-efficacy for writing. Journal of Educational Psychology, 105, 25e38. https://doi.org/10.1037/a0029692. DOI: https://doi.org/10.1037/a0029692

Carpenito, Lynda Jual. 2006. Buku Saku Diagnosa Keperawatan. Alih Bahasa Yasmi Asih, Edisi ke -10. Jakarta : EGC.

Deshartika, Emi. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Dan Prestasi Belajar. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 12 (2), hlm. 308-319. DOI: https://doi.org/10.33369/diadik.v12i1.21351

Departemen Pendidikan Indonesia (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

E. Mulyasa. 2008. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

E.Mulyasa. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Limbong, J. L., & Suparman, S. (2018). Kemampuan menentukan unsur intrinsik cerpen melalui model pembelajaran inkuiri siswa kelas VIII Smp Negeri 10 Kota Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 2(1).

Eriyanto. 2003. Metode Analisis Teks dan Wacana. Jakarta. Gramedia.

Erlinda, N. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri Disertai Handout: Dampak Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 1 Batang Anai Padang Pariaman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 223–231. DOI: https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i2.122

Fraenkel, J., Wallen, N. 2008. How to Design and Evaluate Research in Education.

New York: McGraw-Hill Higher Education

Hayes, J. R. (2000). A new framework for understanding cognition and affect in writing. In R. Indrisano, & J. R. Squire (Eds.), Perspectives on writing: Research, theory, and practice (pp. 6e44). Newark, DE: International Reading Association.

Hodges, T. S. (2017). Theoretically speaking: An examination of four theories and how they support writing in the classroom. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas. 90(4): 139–146. DOI: https://doi.org/10.1080/00098655.2017.1326228

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Istarani. 2014. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada.

Published

2024-04-20

How to Cite

Abd Kadir, Ramly Ramly, & Ambo Dalle. (2024). Keefektifan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Inquiry dalam Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X IPA SMA Pesantren Putri Yatama Mandiri Gowa . Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(2), 1569–1579. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3462

Issue

Section

Articles

Categories