Keefektifan Strategi Pembelajaran Image Streaming dalam Menulis Teks Cerpen pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Pancasakti Makassar
https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2133
Keywords:
Keefektifan, Image Streaming , Teks CerpenAbstract
Penelitian ini adalah penelitian pre-experimental design yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi image streaming dalam menulis teks cerpen pada mahasiswa Prodi Bahasa Indonesia Universitas Pancasakti Makassar. Adapun desain penelitian ini menggunakan one group pre-test-post-test design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah strategi image streaming dan variabel terikat adalah menulis teks cerpen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 93 mahasiswa dan sampel yang digunakan sebanyak 35 mahasiswa dengan cara simple random sampling. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil pre-test dan post-test pembelajaran menulis teks cerpen. Teknik analisis data yaitu dengan analisis deskriptif dan inferensial menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi image streaming teruji efektif secara signifikan dalam menulis teks cerpen pada mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia. Hal ini dibuktikan berdasarkan pada kegiatan pre-test dan post-test melalui hasil uji mann whitney test diperoleh asymp. sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05.
Downloads
References
Referensi
Aeni, E. S., & Lestari, R. D. (2018). Penerapan Metode Mengikat Makna dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Mahasiswa IKIP Siliwangi Bandung. Semantik, 7(1).
Anggraini, A., Tressyalina, T., & Noveria, E. (2018). Karakteristik Struktur dan Alur dalam Teks Cerpen Karya Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Payakumbuh. Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(3), 34–40.
Armariena, D. N., & Murniviyanti, L. (2017). Penulisan Cerpen Berbasis Kearifan Lokal Sumatera Selatan dengan Metode Image Streaming dalam Proses Kreatif Mahasiswa. Jurnal PEMBAHSI (Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia), 7(1), 88–115. DOI: https://doi.org/10.31851/parataksis.v1i1.2248
Cahaya, D. I., Bakar, A., & Fajriani, F. (2018). Teknik Role Playing pada Anak Tuna Grahita untuk Meningkatkan Keterampilan Interpersonal. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 3(3).
Cahyati, S. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Media Film pada Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Annur Kronjo. 1, 12.
Fauziah, I., Mayong, M., & Azis, A. (2021). Pengaruh Strategi Image Streaming dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMA. Indonesia: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(3), 173–178. DOI: https://doi.org/10.26858/indonesia.v1i3.15202
Hartung, F., Withers, P., Hagoort, P., & Willems, R. M. (2017). When Fiction Is Just as Real as Fact: No Differences in Reading Behavior Between Stories Believed to be Based On True or Fictional Events. Frontiers in Psychology, 8, 1618. DOI: https://doi.org/10.3389/fpsyg.2017.01618
Hasibuan, M. S. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kuartet Terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMA Islam Terpadu Daar Al Uluum Kisaran Tahun Ajaran 2017/2018. UNIMED.
Ismuwardani, Z., Nuryatin, A., & Doyin, M. (2019). Implementation of Project Based Learning Model to Increased Creativity and Self-Reliance of Students on Poetry Writing Skills. Journal of Primary Education, 8(1), 51–58.
Juanda, J., Azis, A., & Nensilianti, N. (2021). Penulisan Cerpen Lingkungan dengan Metode Image Streaming Siswa SMA Negeri 12 Makassar. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.
Kartika, R. (2019). Pengaruh Metode Image Streaming Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen di Kelas XI SMA IT Indah Medan. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 251–255.
Meilasari, N. R., Junianto, J., & Mustika, I. (2019). Efektivitas Penggunaan Metode Image Streaming dalam Pembelajaran Menulis Cerita Pendek pada Siswa Kelas XI SMA Darul Falah Cihampelas. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(5), 707–712.
Nur, A. M., & Suryani, L. (2019). Keefektifan Penggunaan Jurnal Harian Melalui Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pancasakti Makassar. Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(1), 37–48. DOI: https://doi.org/10.31002/transformatika.v3i1.904
Suparman, S. (2014). Prosesi Ritual Pascapemakaman Masyarakat Tangru Kecamatan Malua Kabupaten Enrekang. Prosiding, 1(1), 163-167.
Sugiono, P. D. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparman, N. F. N., & Nurliana, N. F. N. (2022). SISTEM FONOLOGI BAHASA TAE (The Phonology System of Tae Language). Kandai, 18(1), 44-60. DOI: https://doi.org/10.26499/jk.v18i1.3450
Tari, N., & Safitri, N. P. D. (2020). Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek bagi Mahasiswa Kursus Jurusan Akomodasi di Akademi Komunitas MAPINDO Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel, 3(2), 113–121. DOI: https://doi.org/10.37484/manajemen_pelayanan_hotel.v3i2.58
Taufik, C. (2019). Characters and Characterization in Selected Short Stories by Juliana Horatia Ewing. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Van Kuijk, I., Verkoeijen, P., Dijkstra, K., & Zwaan, R. (2018). The Effect of Reading a Short Passage of Literary Fiction on Theory of Mind: A replication of Kidd and Castano (2013). Collabra: Psychology, 4(1). DOI: https://doi.org/10.1525/collabra.117
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.