Keefektifan Model Picture And Picture dalam Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMPN 2 Bua Ponrang Kabupaten Luwu
https://doi.org/10.30605/onoma.v4i2.162
Keywords:
picture and picture, naskah dramaAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keefektifan model picture and picture dalam menulis naskah drama siswa kelas VIII. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Bua Ponrang kabupaten luwu. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Pada penelitian ini siswa sebagai subjek diberikan satu kali pengukuran tes awal (pretest) dengan tujuan mendeskripsikan kemampuan menulis siswa sebelum adanya perlakuan dan mengetahui pengaruh perlakuan terhadap hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan dan siswa diberikan perlakuan berupa tes akhir (posttes) untuk mengukur keterampilan menulis setelah mendapat perlakuan. Hasil analisi data menggunakan
Downloads
References
Creswell, J. W. 2016. Research Design (Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran). Penerbit Pustaka Pelajar Yogyakarta.
Dewi, F. K.2013. Penerapan Model Picture and Picture Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Pada Siswa Kelas II SDN Bringin 02 Semarang. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan-Universitas Negeri Semarang. Djumingin, S. 2011. Srategi Dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa Dan Sastra. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar. Makassar.
Endraswara, S. 2014. Metode Pembelajaran Drama Apresiasi, Ekspresi, dan Pengkajian. CAPS Center of Academic Publishing Service). Yogyakarta.
Fatimah. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Pada Subtema Indonesiaku, Bangsa Yang Berbudaya Kelas V Banda Aceh. Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah. Vol. 1 No. 2 Oktober 2016.
Isnaini. 2016. Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Dengan Strategi Buku Bergambar Minim Kata Siswa Kelas Xi Ipa 2 Sma Negeri 1 Imogiri, Bantul. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Bahasa dan Seni-Universitas Negeri Yogyakarta.
Kusumawati, K. 2013. Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Satu Babak Melalui Media Kartu Gambar Dengan Metode Picture And Picture Pada Siswa Kelas Viii A Smp Negeri 2 Kedungwuni. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Fakultas Bahasa dan Seni-Universitas Negeri Semarang.
Marantika, J. E.R. 2014. Drama Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra. 92 Tahuri. Vol. 11.No. 2 Agustus 2014.
Natalia, N. D. 2014. Kemampuan Menulis Deskripsi Melalui Model Picture and Picture Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 banyuasin II Wahana Didaktika. Vol. 12 No. 3 september 2014.
Nurgiantoro. 2009. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Nurhamidah, D. 2011. Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Melalui Media Cerpen. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan-Universitas Islam Negeri.
Sholihuddin. 2013. Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Satu Babak Dengan Teknik Picture And Picture Melalui Media Gamba Berseri Pada Siswa Kelas Viii B Mts Manbaul Ilmin Nafi Gunung Mulyo Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Fakultas Bahasa dan Seni-Universitas Negeri Semarang.
Tarigan, H. G. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa. Bandung.
Tiro, Muhammad Arif. 2008. Dasar-dasar statistik. Andira publisher. Makassar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.