Peningkatan Tanggung Jawab dalam Kelompok Belajar menggunakan Pendekatan Kuis Tim

  • Darmawati Darmawati Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: model pembelajaran kuis tim, tanggung jawab individu, kelompok belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab dalam kelompok belajar menggunakan pendekatan kuis tim siswa kelas 2 SIT Harith Foundation Kota Palopo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek pada penelitian ini, yaitu siswa kelas 2 SIT Harith Foundation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Kuis Tim dapat meningkatkan tanggung jawab individu dalam kelompok belajar. Peningkatan tanggungjawab tersebut dapat diketahui  dari makin aktifnya siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas dalam kelompok, menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam presentasi kelompok, semangat bersaing secara sehat dalam kelompok dan membangun kekompakan kelompok. Model pembelajaran melalui pendekatan ini mendapat respon positif dari seluruh siswa dengan idikator hasil analisa angket pada akhir sesi, dan meningkatnya penyelesaian tugas-tugas dan unjuk kerja.          

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nur, M., Wikandari, Prima, R., Sugiarto. 1998. Pendekatan – pendekatan Konstruktivis dalam Pembelajaran.Surabaya, IKIP Surabaya.

Semiawan, C 1987, Pendekatan Keterampilan Proses Bagaimana Mengaktifkan Siswa Dalam Belajaran.Jakarta, PT Gramedia.

Silberman L Manvil, 1996. Active Learning, Bandung PT. Nusa Media Arikunto, S. 1998 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta, PT Rineka Cipta.

Siwignyo, S. (2017). Penggunaan Pendekatan Kuis Tim Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Individu Dalam Kelompok Belajar Pada Siswa Kelas 8a Smp N 1 Sukomoro Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2013/2014. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(2), 302-319.

Sulistiyowati, M. (2015). Implementasi Strategi Pembelajaran Team Quiz dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di MI Tarbiyatul Aulad Sibalung Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).

Tim Peneliti Proyek PGSM, 1999.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Published
30-10-2021
How to Cite
Darmawati, D. (2021). Peningkatan Tanggung Jawab dalam Kelompok Belajar menggunakan Pendekatan Kuis Tim. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(2), 730-738. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1468
Section
Articles