Efektivitas Konseling Kelompok Pendekatan Realita Teknik Reframing untuk Meningkatkan Psychological Well-Being Siswa Kelas VII di SMP Kesatrian 2 Semarang

Authors

  • Anggita Diva Salsabila Universitas Negeri Semarang
  • Rossi Galih Kesuma Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6565

Keywords:

Konseling Kelompok, Pendekatan Realita, Teknik Reframing, Psychlogical Well-Being

Abstract

Psychological well-being merupakan aspek penting pada perkembangan remaja, karena berhubungan erat dengan kondisi mental, tanggung jawab diri, dan hubungan sosial. Tetapi, data studi pendahuluan menunjukkan bahwa masih banyak siswa kelas VII di SMP Kesatrian 2 Semarang yang memiliki tingkat psychological well-being rendah, terutama pada pengendalian diri, tanggung jawab pribadi, dan pengelolaan lingkungan. Keadaan tersebut dapat diatasi melalui intervensi yang tepat, salah satunya yaitu konseling kelompok pendekatan realita teknik reframing. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas konseling kelompok pendekatan realita teknik reframing untuk meningkatkan psychological well-being siswa kelas VII di SMP Kesatrian 2 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan Pretest Posttest Nonequivalent Control Group Design. Populasi berjumlah 87 siswa, dan sampel dipilih secara purposive sampling sebanyak 12 siswa yang memiliki tingkat psychological well-being rendah kemudian dibagi menjadi 2 kelompok yaitu 6 kelompok eksperimen dan 6 kelompok kontrol, Kelompok eksperimen mengikuti layanan konseling kelompok pendekatan realita teknik reframing sebanyak empat sesi, sedangkan kelompok kontrol tidak mendapat layanan intervensi apapun. Data dikumpulkan menggunakan Ryff’s Psychological Well-Being Scale, selanjutnya dianalisis menggunakan paired sample t-test dan independent sample t-test. Hasil analisis menunjukkan peningkatan signifikan pada kelompok eksperimen sebesar 0,001 < 0,05. Sementara pada kelompok kontrol tidak ada peningkatan signifikan yaitu sebesar 0,117 > 0,05. Kemudian, dilakukan uji independent dengan memperoleh hasil signifikasi sebesar 0.001<0.05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan realita teknik reframing efektif untuk meningkatkan psychological well-being siswa SMP, sehingga dapat layanan ini dapat diaplikasikan dalam program bimbingan dan konseling di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Corey, G. (2016). Teori Dan Praktek Konseling & Psikoterapi Cetakan X. Bandung: Rifeka Aditama.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). A mixed-method approach. Writing Center Talk over Time. https://doi.org/10.4324/9780429469237-3.

Cholil, C., Hamidah, N. M., & Fitriyah, N. K. (2021). Efektivitas konseling krisis untuk meningkatkan psychological well being dan resiliensi pada santri penyintas COVID-19. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 11(2), 290-300. https://doi.org/10.29080/jbki.2021.11.2.290-300

Diener, E., Pressman, S. D., Hunter, J., & Delgadillo‐Chase, D. (2017). If, why, and when subjective well‐being influences health, and future needed research. Applied Psychology: Health and Well‐Being, 9(2), 133-167. https://doi.org/10.1111/aphw.12090

Dhanabhakyam, M., & Sarath, M. (2023). Psychological wellbeing: A systematic literature review. International Journal of Advanced Research in Science Communication and Technology, 603-607. https://doi.org/10.48175/ijarsct-8345

Gibson, R. L. (2011). Bimbingan dan konseling / Robert L Gibson; Marianne H. Mitchell; penerjemah: Yudi Santoso. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hardjo, S., Aisyah, S., & Mayasari, S. I. (2020). Bagaimana psychological well being pada remaja? Sebuah analisis berkaitan dengan faktor meaning in life. Jurnal Diversita, 6(1), 63-76. https://doi.org/10.31289/diversita.v6i1.2894

Huda, N., Wibowo, M. E., & Murtadho, A. (2022). The Effectiveness of Group Counseling with Reframing Technique to Promote Psychological Well-Being of. Jurnal Bimbingan Konseling, 11(2), 102-107.

Putri, F. J. E., Sulistiani, L., & Takariawan, A. (2021). Perlindungan Hukum terhadap Anak Berkonflik dengan Hukum dalam Sistem Peradilan Pidana Anak: Studi Pada Lembaga Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial Yayasan Pendidikan Islam I’anatush-Shibyan. Jurnal Poros Hukum Padjadjaran, 3(1), 114-129. https://doi.org/10.23920/jphp.v3i1.718

Lestari, W., & Wulandari, D. A. (2021). Hubungan antara dukungan sosial terhadap kecemasan akademik pada mahasiswa yang menyusun skripsi di masa pandemi covid-19 semester genap tahun ajaran 2019/2020. Psimphoni, 2(1), 93-98. https://doi.org/10.30595/psimphoni.v1i2.8174

Mackiewicz, J. (2018). Writing center talk over time: A mixed-method study. Routledge.

Misero, P. S., & Hawadi, L. F. (2012). Adjustment problems dan psychological well-being pada siswa akseleran (studi korelasional pada SMPN 19 Jakarta dan SMP Labschool Kebayoran Baru). Jurnal Psikologi Pitutur, 1(1), 68–80.

Mulawarman, P. A. (2020). Konseling Kelompok Pendekatan Realita Pilihan dan Tanggung Jawab. Prenada Media.

Prabowo, A. (2016). Kesejahteraan psikologis remaja di sekolah. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 4(2), 246-260.

Putri, D. N. S. S., Shakiera, L., Aziz, H. N., & Wardah, F. M. (2023). Psychological well-being: Penerimaan diri dan penguasaan lingkungan, mengenali mindfulness dari sikap negatif ke surplus sikap positif hidup. Journal of Indonesian Psychological Science (JIPS), 3(2), 416-425. https://doi.org/10.18860/jips.v3i2.19427

Ryff, C. D. (1989). Happiness is everything, or is it? Explorations on the meaning of psychological well-being. Journal of personality and social psychology, 57(6), 1069. https://doi.org/10.1037/0022-3514.57.6.1069

Safitri, U. (2019). Efektivitas Pendekatan Konseling Realitas Setting Kelompok terhadap Penyesuaian Diri Siswa Asrama Kelas VII SMP-QU Cahaya Al-Qur'an Padang Panjang. BMC Public Health, 5(1), 1–11.

Santrock, J. W. (2018). Life-Span Development. Edisi 17. New York: McGraw-Hill Education.

Saraswati, B. (2020). Efektivitas Konseling Kelompok Realita WDEP untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Siswa Dalam Menyelesaikan Tugas Akademik (Penelitian Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pringsurat). 1–89.

Susanti, R. N. (2017). Efektivitas pelatihan mindfulness untuk meningkatkan psychological well-being ibu bekerja yang mengalami work-family conflict. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 5(2), 101-112. https://doi.org/10.52185/kariman.v5i2.23

Published

2025-09-01

How to Cite

Salsabila, A. D., & Kesuma, R. G. (2025). Efektivitas Konseling Kelompok Pendekatan Realita Teknik Reframing untuk Meningkatkan Psychological Well-Being Siswa Kelas VII di SMP Kesatrian 2 Semarang. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(2), 1285–1294. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6565

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 

You may also start an advanced similarity search for this article.