Manajemen Pendidikan Berwawasan Karakter dan Bernilai Religius untuk Meningkatkan Hasil Belajar Agama
Abstract
Meningkatnya tawuran antar siswa dan meningkatnya bullying merupakan indikasi lemahnya karakter siswa, terjatuh Etika dalam bersikap dan menghormati orang tua dan guru, budaya mencontek dalam ujian dan etika negatif terhadap bahasa yang santun dan santun. Sehubungan dengan hal tersebut terjadi beberapa degrasi moral yang mengindikasikan kalangan remaja, video peserta didik yang melakukan tindakan yang tidak semena-mena kepada pendidik, pelecehan seksual, dan sebagainya. Maka dari itu, lingkungan pendidikan harus mampu untuk merespons kasus tersebut, untuk meyiapkan generasi pembaharu di masa depan. Dengan adanya pendidikan karakter religius yang ditanamkan di sekolah menengah maka anak didik dapat menopang lebih awal problematika di masa depan. Tujuan penelitian ini untuk Mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian pendidikan berwawasan karakter pada pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar.agama siswa di UPT SMPN 8 dan 33 Gresik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan berbagai penjelasan dari studi pustaka, dan informasi dari repondens. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka penanaman pendidikan karakter bagi remaja dapat didesain dan dipraktikkan dalam proses pembelajaran dengan mengintegrasikan proses belajar tersebut dengan nilai karakter religius. Diharapkan anak didik tersebut tidak hanya mampu memahami teori-teori saja, tapi juga mampu menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
Downloads
References
Almaidah, N., & Bakar, A. (2023). Manajemen Pendidikan Multikultural-Religius Dalam Stratifikasi Sosial. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 1-10. https://doi.org/10.58401/dirasah.v6i1.587
Anasri, A. (2019). Membentuk karakter dengan Al-Qur’an, satu perspektif pendidikan islam. Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, 17(2), 218-248. http://dx.doi.org/10.24014/af.v17i2.6341
Ansor, A. S. (2017). Manajemen Pendidikan Islam Tentang Kepemimpinan Kiai Di Pondok Pesantren Tahfidz Daarul Qur’an Cipondoh Tangerang. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 3(06). http://dx.doi.org/10.30868/ei.v3i06.54
Anwar, Khoirul. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter di SMPN 1 Rejang Lebong, Tesis, Pascasarjana IAIN Curup.
Baroroh, H. (2019). Manajemen pendidikan nilai-nilai multikultural dalam pembentukan karakter religius siswa di man Yogyakarta iii tahun pelajaran 2016/2017. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 1(2), 67-87. http://dx.doi.org/10.24014/ijiem.v1i2.6623
Budiyanti, N., Aziz, A. A., & Hasanah, A. (2021). Kompetensi Religuis Berkarakter Religuis ŪLŪL ‘ILMI Bagi Guru Pendidikan Agama Islam. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 131-156. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v6i1.7114
Daniah, D. (2018). Model Pembinaan Karakter Religius Terintegrasi Pada Pembelajaran Sains di Pendidikan Dasar (Studi Deskriptif di Beberapa Sekolah Dasar di Kecamatan Pegaseng Aceh Tengah). PIONIR: Jurnal Pendidikan, 7(1). http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v7i1.3318
Dole, F. E. (2021). Pengaruh pendidikan karakter terhadap kedisiplinan peserta didik di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3675-3688. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1026
Febrianshari, D., & Ekowati, D. W. (2018). Analisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembuatan Dompet Punch Zaman Now. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 6(1), 88-95. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v6i1.5907
Ghoffar, M. A., & Abidin, M. (2023). Implementasi Manajeman Kultur Sekolah Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Religius di Mts Almaarif 01 Malang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3319-3328. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8264
Handayani, F., & Abdullah, G. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Pemalang. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 5(1). https://doi.org/10.26877/jmp.v5i1.1919
Hasanah, M. (2019, November). Implementasi Pendidikan Karakter Menanamkan Nilai-nilai Karakter melalui Kegiatan Keagamaan di TK Muslimat NU 29 Mahkota Gresik. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (Vol. 3, No. 1, pp. 447-455). https://doi.org/10.36835/ancoms.v3i1.259
Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2017). Implementasi pendidikan karakter di sekolah melalui keteladanan dan pembiasaan. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 1(2), 25-29. http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v1i2.262
Hermawan, I. (2020). Konsep Nilai-Nilai Karakter Islami Sebagai Pembentuk Peradaban Manusia. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(2), 200-220. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i2.24
Hidayah, N. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Budaya Religius Di SMKN 1 Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Hidayat, A. S. (2012). Manajemen sekolah berbasis karakter. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship (AJIE), 1(01), 8-22.
Inggaryani, R., & Khoiri, A. (2021). Dampak Penamaan Karakter Religius Terhadap Cara Belajar Siswa Melalui Perilaku Disipplin di MI Maarif Kliwonan Wonosobo Tahun 2020/2021. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kependidikan, 22(1), 38-52. https://doi.org/10.32699/al-qalam.v22i1.2353
Jadidah, A. (2021). Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam: Problematika dan Solusi. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 6(1), 65-82. https://doi.org/10.55187/tarjpi.v6i1.4347
Khotimah, K. (2016). Model manajemen pendidikan karakter religius di SDIT Qurrota A’yun Ponorogo. Muslim Heritage, 1(2), 371-388. https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v1i2.605
Kisbiyanto, K. (2022). Manajemen Pembelajaran Berbasis Tradisi Keislaman: Studi Kelas Agama Islam, Sains, Sosial, dan Bahasa Berwawasan Moderasi Beragama. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(02). http://dx.doi.org/10.30868/ei.v11i02.4416
Lubis, Z., & Anggraeni, D. (2019). Paradigma Pendidikan Agama Islam di Era Globalisasi Menuju Pendidik Profesional. Jurnal Studi Al-Qur'an, 15(1), 133-153. https://doi.org/10.21009/JSQ.015.1.07
Makhful,. 2020. Pendidikan Karakter Religius di SMPN 2 dan 8 Purwokerto, Disertasi, Malang, Universsitas Muhammadiyah Malang.
Malik, S. (2020). Implementasi Manajemen Pendidikan Multikultural di Pondok Pesantren Al Muqoddas Tukmudal Sumber Kabupaten Cirebon. Eduprof: Islamic Education Journal, 2(1), 128-148. https://doi.org/10.47453/eduprof.v2i1.34
Marzuki. 2015. Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Amzah.
Maskur, I., Fakhruddin, F., & Ifnaldi, I. (2023). Pembinaan Sikap Religius Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 27 Lubuklinggau (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup).
Moloeng. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, PT Remaja Rosda Karya
Mumu, M., & Danial, A. (2021). Implementasi Kurikulum Tersembunyi (Hidden Curicculum) dalam Pembentukan Karakter Melalui Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19.. Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 6(2), 109-121. https://doi.org/10.37058/jpls.v6i2.4236
Murtadha, M. (2022). Integrasi Pendidikan Karakter:(Studi Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam). Al-Madaris Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 3(2), 12-20. https://doi.org/10.47887/amd.v3i2.90
NAFA, Y., Sutomo, M., & Mashudi, M. (2022). Wawasan Moderasi Beragama Dalam Pengembangan Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam, 7(1), 69-82. https://doi.org/10.35316/edupedia.v7i1.1942
Nuraini, K. F. (2021). Penanaman Karakter Religius dan Disiplin Melalui Program Membaca al-Qur'an dan Sholat Dhuha pada Siswa Kelas X MAN 3 Madiun (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Rohmah, N. (2019). Integrasi Kurikulum dan Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Membentuk Sikap Religius Siswa. El-Banat: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 9(2), 197-218. https://doi.org/10.54180/elbanat.2019.9.2.197-218
Rony, R. (2021). Urgensi Manajemen Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik: The Urgency of School Organizational Culture Management Against Character Building Students. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 98-121. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1.26
Sandika, E., Sarbini, M., & Maulida, A. (2019). Implementasi pendidikan karakter religius dan jujur di sdit suis (sekolah unggulan islami) kelas v kabupaten bogor tahun ajaran 2018/2019. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(1), 1-10. http://dx.doi.org/10.30868/ppai.v2i1.517
Saputra, R., Anwar, C., & Syafe’i, I. (2023). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religius di SMP Insan Mandiri Bandar Lampung. Attractive: Innovative Education Journal, 5(2), 247-263. http://dx.doi.org/10.51278/aj.v5i2.602
Sartika, R., Rahman, A., & Wanto, D. (2021). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Karakter Tanggung Jawab Pada Siswa di SMP Tamansiswa Kecamatan Curup Tengah (Doctoral dissertation, IAIN CURUP).
Sriwijayanti, R. P., & Anjarwati, A. (2021). Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Membangun Budaya Sekolah. Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 66-79. https://doi.org/10.51747/jp.v8i1.707
Sunarso, A. (2020). Revitalisasi Pendidikan Karakter melalui Internalisasi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budaya Religius. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2), 155-169. https://doi.org/10.15294/kreatif.v10i2.23609
Suwandi, S., & Widodo, H. (2021). Penerapan Kurikulum PAI terhadap Pembentukan Karakter Islami Siswa MTs Al-Khairiyah Pulokencana. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(3), 127-134.
Tang, M. (2023). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Multikultural. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman, 18(2), 62-68. https://doi.org/10.56338/iqra.v18i2.3533
Yahya, S. (2020). Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Modern Al-Syaikh Abdul Wahid Kota Baubau Sulawesi Tenggara. Jurnal Akademik FKIP Unidayan, 32-41. https://doi.org/10.55340/fkip.v8i1.293
Yuliandari, N. P. S., Gunawan, I. G. D., Jatiyasa, I. W., Binawati, N. W. S., & Diatmika, I. D. G. N. (2023). Pendidikan Karakter dan Moralitas Dalam Ajaran Catur Guru. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 3(1), 84-96. https://doi.org/10.37329/metta.v3i1.1783
Yunus, M. (2017). Implementasi nilai-nilai toleransi beragama pada pembelajaran pendidikan agama islam. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 166-187. https://doi.org/10.35905/alishlah.v15i2.566
Zalsabella, D. (2023). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Nilai Karakter dan Moral Anak di Masa Pandemi. Journal of Islamic Education, 9(1), 43-63. https://doi.org/10.18860/jie.v9i1.22808
Copyright (c) 2023 Helly Kusdhania, Murtadlo Murtadlo, A. A Ketut Budiastra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.