Efektifitas Model Discovery Learning dan Model Problem Based Learning di Tinjau dari Berfikir Kritis pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas 5 SD Masehi Gugus Kalimbukuni

  • Heldiana Lali Wuda Universitas Kristen Satyawacana
  • Indri Anugraheni Universitas Kristen Satya Wacana
Keywords: Discovery Learning, Problem Based Learning, Hasil Berfikir Kritis IPA

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan efektifitas model pembelajaran discovery learning dan model problem based learning di tinjau dari berfikir kritis pada mata pelajaran IPA kelas 5 SDM Gugus Kalimbukuni Kabupaten Sumba Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu. Persyaratan untuk melakukan Uji T telah dilakukan. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian Uji T diperoleh t hitung – 6.713 > t table 0,000, dengan signifikan sebesar 0,700 < 0,05 maka Hₐ diterima. Artinya terdapat perbedaan efektifitas penggunaan model discovery learning dan problem based learning ditinjau dari hasil berfikir kritis pada mata pelajaran IPA. Sebelumnya dilakukan perlakuan, tidak terdapat perbedaan efektifitas hasil berfikir kritis pada mata pelajaran IPA. Tetapi setelah dilakukan perlakuan, terdapat perbedaan efektifitas hasil berfikir kritis pada mata pelajaran IPA siswa kelas 5 SDM  Gugus Kalimbukuni

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, L. N., Sulistyowati, P., & Ladamay, I. (2020, November). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Wayang Kardus Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Kegiatan Ekonomi Kelas IV SD. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA (Vol. 4, No. 1, pp. 472-480).

Baharuddin, M. R., & Anas, A. (2016). Pengaruh penerapan pendekatan problem solving terhadap kemampuan menyelesaikan soal literasi matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2).

Handayani, D. E., Khuluq, S. K., & Suyitno, S. (2020). Analisis Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Hots Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(4), 699-712.

Permendikubud. 2016. Lampiran Permendikbud No. 22 Standar Proses Pendidikan Dasar. Jakarta: Kementian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rosmawati, R. (2019). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning dan Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V SD Inpres Bontomanai Kota Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan jenis, metode dan prosedur. Jakarta: Kencana.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Cetakan Keenam. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Utama, K. H., & Kristin, F. (2020). Meta-Analysis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 889-898. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.482

Utami, R. A., & Giarti, S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Discovery Learning Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. PeTeKa, 3(1), 1-8. DOI: https://doi.org/10.24235/eduma.v8i1.4423

Widyastuti, D., & Astuti, S. (2020). Efektifitas Model Discovery Learning Dan Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 4 SD Gugus Imam Bonjol. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 7(1), 76-83

Published
07-08-2021
How to Cite
Wuda, H. L., & Anugraheni, I. (2021). Efektifitas Model Discovery Learning dan Model Problem Based Learning di Tinjau dari Berfikir Kritis pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas 5 SD Masehi Gugus Kalimbukuni . Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 482-489. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1327
Section
Regular Articles