Pengaruh Model Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Media Tiga Dimensi Dilengkapi LKPD Kotak Ajaib Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Waingapu

Authors

  • Noce Lawu Loha
  • Yohana Makaborang Universitas Kristen Wirawacana Sumba
  • Riwa Rambu H. Enda Universitas Kristen Wirawacana Sumba

DOI:

https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i2.5831

Keywords:

Kooperatif Tipe Scramble, Tiga Dimensi, LKPD Kotak Ajaib, Hasil Belajar SMP Negeri 3 Waingapu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe scramble berbantuan media tiga dimensi dilengkapi LKPD kotak ajaib terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 3 Waingapu. Jenis penelitian eksperimen deskriptif kuantitatif dengan menggunakan nonequlvalent control group desigen. Sampel dalam penelitian ini kelas VIII yang terdiri berjumlah 60 peserta didik. Terdiri dari 30 orang kelas eksperimen dan 30 orang kelas kontrol. Teknik pengambilan sampling penelitian ini yaitu porposive sampling. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Waingapu pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes tertulis sebanyak 10 butir soal pre-test dan post-test terbentuk pilihan ganda. Dalam penelitian ini analisis data dilakukan dengan menggunakan uji statistik yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas dan homogenitas, serta uji independent sample t-test. Hasil uji independent sample t-test. eksperimen, diperoleh nilai sig (2-tailend) yaitu 0,000 artinya nilai sig tersebut > 0,05. Sebagai indikasi bahwa Hₒ ditolak Hₗ diterima maka dapat dinyatakan bahwa terdapat dampak positif terhadap hasil belajar peserta didik dari penggunaan model kooperatif tipe scramble di SMP Negeri 3 Waingapu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Harapan, I. K. M. P., Asri, I. G. A. A. S., & Kristiantari, M. G. R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan PKN. Media Komunikasi FPIPS, 17(2), 54–64.
Adrami, R., & Yahya, M. (2020). Pengaruh Media Kotak Ajaib Terhadap Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Padang Tiji Kabupaten Pidie JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah. (5),117-130.
Putri, E. D. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 254-260
Astriani, L. W., & Sudarma, I. K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 186.
Fadilawati, N. O. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sarana Dan Prasarana Kelas XI NKPI di SMK Negeri 2 Tuban. 8(2), 252–260.
Putra, I. G. D., Widiana, I. W., & Wibawa, I. M. C. (2020). Peran Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 409-416.
Adnyani, N. K. M., Pudjawan, K., & Japa, I. G. N. (2020). Motivasi dan Hasil Belajar IPA Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Kartu Pertanyaan. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 270-287.
Prabowo, D. M., & Wulandari, D.(2019). Pengembangan Media Diorama 3 Dimensi Dalam Pembelajaran IPA
Materi Ekosistem Kelas V. Joyful Learning Journal, 6(4), 234-242.
Apriyanti, N. E. (2019). Keefektifan Model Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa. Of Educational Research and Review, 2(2), 149–154.
Kurniawan, T.K. (2019:6). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Gasal Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Journal Of Elementary Education,4(1),1-6.
Libriana, N. L., Hidayat, T., & Amin, A. K. (2023). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Higher Order Thingking Skill Siswa. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 5(1), 164-173.
Karlinawati, S., Rosmaiyadi, & Citra, U. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII. Journal of Educational Review and Research, 4(1), 44–51.

Downloads

Published

2025-05-07

How to Cite

Lawu Loha, N. ., Makaborang, Y. ., & Rambu H. Enda, R. . (2025). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Media Tiga Dimensi Dilengkapi LKPD Kotak Ajaib Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Waingapu . Jurnal Biogenerasi, 10(2), 1329–1334. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i2.5831

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>