Pengaruh Model Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Media Tiga Dimensi Dilengkapi LKPD Kotak Ajaib Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Waingapu
DOI:
https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i2.5831Keywords:
Kooperatif Tipe Scramble, Tiga Dimensi, LKPD Kotak Ajaib, Hasil Belajar SMP Negeri 3 WaingapuAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe scramble berbantuan media tiga dimensi dilengkapi LKPD kotak ajaib terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 3 Waingapu. Jenis penelitian eksperimen deskriptif kuantitatif dengan menggunakan nonequlvalent control group desigen. Sampel dalam penelitian ini kelas VIII yang terdiri berjumlah 60 peserta didik. Terdiri dari 30 orang kelas eksperimen dan 30 orang kelas kontrol. Teknik pengambilan sampling penelitian ini yaitu porposive sampling. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Waingapu pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes tertulis sebanyak 10 butir soal pre-test dan post-test terbentuk pilihan ganda. Dalam penelitian ini analisis data dilakukan dengan menggunakan uji statistik yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas dan homogenitas, serta uji independent sample t-test. Hasil uji independent sample t-test. eksperimen, diperoleh nilai sig (2-tailend) yaitu 0,000 artinya nilai sig tersebut > 0,05. Sebagai indikasi bahwa Hₒ ditolak Hₗ diterima maka dapat dinyatakan bahwa terdapat dampak positif terhadap hasil belajar peserta didik dari penggunaan model kooperatif tipe scramble di SMP Negeri 3 Waingapu.
Downloads
References
Adrami, R., & Yahya, M. (2020). Pengaruh Media Kotak Ajaib Terhadap Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Padang Tiji Kabupaten Pidie JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah. (5),117-130.
Putri, E. D. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 254-260
Astriani, L. W., & Sudarma, I. K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 186.
Fadilawati, N. O. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sarana Dan Prasarana Kelas XI NKPI di SMK Negeri 2 Tuban. 8(2), 252–260.
Putra, I. G. D., Widiana, I. W., & Wibawa, I. M. C. (2020). Peran Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 409-416.
Adnyani, N. K. M., Pudjawan, K., & Japa, I. G. N. (2020). Motivasi dan Hasil Belajar IPA Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Kartu Pertanyaan. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 270-287.
Prabowo, D. M., & Wulandari, D.(2019). Pengembangan Media Diorama 3 Dimensi Dalam Pembelajaran IPA
Materi Ekosistem Kelas V. Joyful Learning Journal, 6(4), 234-242.
Apriyanti, N. E. (2019). Keefektifan Model Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa. Of Educational Research and Review, 2(2), 149–154.
Kurniawan, T.K. (2019:6). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Gasal Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Journal Of Elementary Education,4(1),1-6.
Libriana, N. L., Hidayat, T., & Amin, A. K. (2023). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Higher Order Thingking Skill Siswa. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 5(1), 164-173.
Karlinawati, S., Rosmaiyadi, & Citra, U. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII. Journal of Educational Review and Research, 4(1), 44–51.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.