PENERAPAN MODEL JIGSAW BERBANTUAN MEDIA LEAFLET DAN PPT INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP N 6 WEWEWA TIMUR

Authors

  • Yunita Murni Ngongo
  • Yohana Makaborang Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Riwa Rambu H. Enda Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

DOI:

https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i2.5442

Keywords:

cooperative, Jigsaw, Interactive Leaflet and Ppt Media, learning outcomes

Abstract

This classroom action research (CAR) was conducted in two cycles at SMP N 6 Wewewa Timur Middle School. The subjects of the study were all students in class VIII, totaling 20 students. The results of the pre-cycle activity analysis showed that the average cognitive learning outcomes were 60.25 with a percentage of 35%; the average value was 64.5, with a percentage of 45%, increasing to 70.25, with a percentage of 75%. The results of the affective student learning analysis in the first cycle showed that students obtained high scores of 66.6% and moderate 33.4%. The results of the second cycle analysis showed an increase in student scores of 83.3% and moderate 16.7%. Based on the results of the analysis of each cycle, it can be concluded that using the Jigsaw cooperative learning model with the help of Interactive Leaflet and Ppt Media can improve student learning outcomes in the cognitive and affective domains.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah. (2017:37). Pendekatan dan Model Pembelajaran yang Mengaktifkan Siswa. Jurnal Edu Religia, 1(1). 37.
Alfonsa, A. (2016:34). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal e-Biomedik (eBm), 4(I), 34.
Anggit, G. (2020:12). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw STAD Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas 2 SDN Morkoting 1. Jurnal Inovasi Imu Pendidikan, 1(4), 300.
Anugraheni, I. (2017). Penggunaan Portofolio dalam Perkuliahan Penilaian Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 3(1), 246-258.
Asda, Y. (2022:163). Efektifitas Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada Siswa Man Model Banda Aceh. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat, 2(3), 163.
Asep. (2012:14). Peningkatan Hasil Belajar IPA Tentang Ekosistem Melalui Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kabupaten Tana Tidung. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 14.
Aulin, Tesa. (2022:385). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di SMP Brawijaya. Jurnal Mitra Pendidikan,6 (6), 376-387.
Bahi, A. M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Sebagai Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada Siswa Model Banda Aceh. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat, 2(3),163.
Bunyamin, H., Amanah. (2015:128). Penggunaan Media Gambar Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Kelas I Madrasah Ibtidaiyah An-Nur Kota Cirebon. Jurnal Pendidikan Guru MI, 2,(2), 128
Dewi, S. K., & Ummah, D. M. (2019). Perbaikan Kualitas Pada Produk Dengan Metode Six Sigma. J@ ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 14(2), 87-92.
Didik, P., & Yuliani, Y. (2013).
Pengembangan Media Komik IPA Terpadu Tema Pencemaran Air. Jurnal Pendidikan Sains, 01(1), 71–76.
Dimiyanti & Mudjiono. (2020:3). Taksonomi Bloom Revisi Ranah Kognitif Serta Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab 11 Malang, 8(2), 3.
Dj Abba, Rasmin (2020:26). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 48 Parepare. Journal of Education, 2(1), 21-26.
Fajri. (2016). Pengaruh Belanja Modal Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Provinsi-Provinsi di Sumatera. Jurnal Perspektif Ekonomi dan Pembangunan Daerah, 5(1), 99.
Farida, F. (2015). Peningkatan Hasil Belajar IPA Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 25.
Hamid. (2020:35-42). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Adobe Flash pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektronik Mekanik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1), 35-42.
Hasanah, N. (2020:37) Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mikrosoft Power Point Sebagai Media Pembelajaran Pada Guru SD Negeri 050763 Gebang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 37
Hertiavi., M. A. Lang., H. & Khanafiah. S. (2010:53:57). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1),53,57.
Idrus. (2015:78). Implikasi Iklim Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja dan Kualitas Kehidupan Kerja Karyawan”.Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, 3(1), 78.
Induf, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Pencernaan pada Manusia Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri 1 Kilmuri. 3 (Urusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Istitut Agama Islam Negeri (Iain) Ambon), 6.
Isman, A. (2011:136). Desain Instruksional dalam Pendidikan: Model Baru. TOJET: Jurnal Teknologi Pendidikan Online Turki, 10(1), 136.
Jongu, A., & Bano, V. O. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Katolik Anda Luri Waingapu. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya (JB&P), 10(1), 25-36.
Kadir. (2015:75). Validitas Instrumen Tes Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) pada Materi Sistem Respirasi di Kelas XI SMA. Jurnal Mangifera Edu, 4(2), 75.
Kasman & Persada. (2017:37). Efektivitas Konseling Gizi 87 Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Menggunakan dengan Media Leaflet Terhadap Kualitas Diet Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 Di Puskesmas Gamping II. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia, 4(2), 37.
Kusmiyati., Hikmawati., Sutrio., Kurniawan, E. & Halimatus. (2018:185-191). Implementasi Metode Real Ekperiments dan Virtual Eksperiments pada Pembelajaran Fisika di SMAN 1 Kediri. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(2), 185-191.
Lestari, I. (2015:48). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 48.
Majid. (2013:177-178). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Leafleat untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(4), 262-269.
Masyirah. (2013:60-62). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan Guru Sekolah, 1(2), 60-62.
Mirza, M., Kamaruddin, T., & Abdi, A. W. (2017). Penerapan model pembelajaran picture and picture menggunakan media komik-strip untuk meningkatkan hasil belajar IPS-terpadu siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi, 2(3).
Muhanif. (2017:251-555.). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik Kelas X Tpm SMKN 5 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin UNESA, 6(02), 251-555.
Nuria., Edy, T. & Hamandani. (2017:60-62). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan Guru Sekolah 1(2),60-62.
Purnama, A. P. (2013:37). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Media Leaflet Terhadap Perubahan Pengetahuan dan Sikap Siswa Tentang Bahaya Napza di SMP 3 Mojosongo Boyolali. Jurnal Pendidikan Nasional, 2(3), 23-37.
Setiawan, F. A. (2020:12) Media Powerpoint Berbasis Model Contextual Teaching and Learning di SDN 68 Palembang. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 9(1),12
Simbolon. (2021:40-50). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Prakarya untuk Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(1), 40-50.
Suartini. (2020:358). Faktor yang Berhubungan dengan Ulkus Kaki pada Pasien Diabetes. Jurnal Internasional Pelayanan Keperawatan dan Kesehatan, 3(3), 358.
Sukma. E, & Elvira, S. O. (2017:8). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick di Kelas III. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 8.
Suparman, W. & Jamrud, S. (2014:295-297) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA pada Konsep Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 3(1), 295-297.
Susanto. (2013:73). Meningkatkan Hasil Belajar Al Qur’an Hadits Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw Materi Al Qur’an dan Hadits Sebagai Pedoman Hidup Bagi Siswa Kelas VII A Mts Nurul Hidayah Kecamatan Amuntai.
Winarso, W & Yuliyanti, D. D. (2017:37). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbentuk Leaflet Berbasis Kemampuan Kognitif Siswa Berdasarkan Teori Bruner. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6 (1), 11-24.
Yuristia, A. (2018:2). Pendidikan Sebagai Transformasi Kebudayaan. Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya, 2(1), 2

Downloads

Published

2025-02-12

How to Cite

Murni Ngongo, Y. ., Makaborang, Y. ., & Rambu H. Enda, R. . (2025). PENERAPAN MODEL JIGSAW BERBANTUAN MEDIA LEAFLET DAN PPT INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP N 6 WEWEWA TIMUR. Jurnal Biogenerasi, 10(2), 913–920. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i2.5442

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>