EFEKTIVITAS MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA LEAFLET DILENGKAPI LKPD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH WAINGAPU
DOI:
https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i1.4873Keywords:
Make a match, Leaflet, LKPD, Hasil Belajar SMP Muhammadiyah WaingapuAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe make a match berbantuan media leaflet dilengkapi LKPD terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah Waingapu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen akuasi dengan menggunakan nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini kelas VIII yang berjumlah 35 siswa, terdiri dari 17 siswa kelas eksperimen dan 18 siswa kelas kontrol. Teknik pengambilan sampling penelitian ini yaitu porposive sampling. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah Waingapu pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes tertulis sebanayak 10 butir soal pretest dan posttest berbentuk pilihan ganda. Dalam penelitian ini analisis data dilakukan dengan menggunakan uji statistik yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas dan homogenitas, serta uji independent sample t-test. Hasil uji hipotesis menbuktikan signifikansi 0,00 < 0,05 artinya Hₒ ditolak Hₗ diterima. Hasil eksperimen ini menunjukkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe make a match berbantuan media leaflet dilengkapi LKPD berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah Waingapu.
Downloads
References
Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and development, 8(2), 468-468.
Gulo, A. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ekosistem. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1 (1), 307–313. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.54
Laela, K. V., Fatih, M., & Wafa, K. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis Permainan Sudoku Kata Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas III UPT SD Negeri Sawentar 04 Kanigoro Blitar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(4), 1619-1630.
Laili, A. N., Rohana, & Dedy, A. (2023). Pengaruh model pembelajaran make a match berbantuan media diorama terhadap pemahaman materi IPA siswa kelas iv sd negeri 10 muara padang. Pendas: Ilmiah Pendidikan Dasar, 8 (3), 2548–6950.
Rizkiana, Z., Idris, M., & Irawan, D. B. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Dalam Pembelajaran IPS di Kelas IV SD Penerbit: Stahn Mpu Kuturan Singaraja. WIDYACARYA: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 7(2), 162–170. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/widyacarya/index
Sari, E. P., Basri, S., & Kasmawati, K. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Leaflet Terhadap Hasil Belajar Biologi. Jurnal Binomial, 4(1), 1-14.
Sitanggang, Y., Sirait, J., & Sidabutar, Y. A. (2023). Pengaruh Model Pembeajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Sub Tema 2 Manusia dan Lingkungan SD Negeri 124394 Pematang Siantar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 9882-9893.
Susanto, S., & Gusti Mardhika, T. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sdn Karangtengah 4 Ngawi. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 22–29. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.230
Trihandayani, Y. E., Keguruan, F., Ilmu, D., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Makassar, U. M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Materi Bagian Tumbuhan Dan Fungsinya Kelas Iv Mi Al-Abrar Kota Makassar Pendahuluan Pendidikan yang ideal merupakan pendidikan yang tidak hanya berbagi pengetahuan. Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 5–6.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.